Kuliah di Finlandia? Pahami Sistem Pendidikannya

Finlandia telah menjadi negara yang secara tidak resmi selalu memegang gelar sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik setiap tahunnya. Pada tahun 2020, Finlandia termasuk salah satu dari 20 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia menurut majalah CEOWORLD.  Tak ayal banyak pelajar yang bermimpi untuk menempuh atau melanjutkan kuliah di Finlandia. 

Bukan tanpa alasan sistem pendidikan Finlandia menjadi salah satu yang terbaik karena pemerintahnya sangat sadar pentingnya pendidikan yang merata. Pemerintah Finlandia memberikan kepercayaan kepada pengajar untuk merancang kurikulum, menentukan metode belajar, dan memilih materi pembelajaran mereka. Kali ini, MySkill.id akan memberikan gambaran sistem pendidikan kuliah di Finlandia untuk kamu yang berniat menempuh studi di sana. Simak selengkapnya!

1. Jenis-Jenis Perguruan Tinggi di Finlandia

kuliah di finlandia terdapat beberapa jenis perguruan tinggi
Terdiri dari universitas dan politeknik

Finlandia memiliki sistem pendidikan tinggi biner sehingga terdiri dari universitas dan politeknik (ammattikorkeakoulu). Universitas berada di bawah kepemilikan negara, sementara politeknik di bawah otoritas nasional dan lokal. Universitas menawarkan pendidikan ilmiah dan seni dengan program sarjana, magister, dan doktoral. Politeknik menyediakan pendidikan vokasi untuk gelar sarjana dan magister.

Baca juga: 6 Strategi Meraih Beasiswa S2 Luar Negeri 

2. Universitas di Finlandia

kuliah di finlandia
Universitas menawarkan banyak program

Finlandia memiliki 16 universitas, terdiri dari 10 universitas multidisiplin dan 6 sisanya adalah lembaga spesialis (ekonomi, seni, serta ilmu teknik dan arsitektur). Semua universitas berhubungan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk mendapatkan gelar sarjana butuh waktu 3 tahun. Gelar sarjana biasanya disebut kandidaatti, tetapi untuk jurusan hukum adalah oikeusnotaari/r├Ąttsnotarie dan farmaseut untuk jurusan farmasi.  

Sementara itu, gelar magister atau maisteri membutuhkan waktu 2 tahun untuk mendapatkannya. Gelar magister memiliki beberapa kualifikasi profesional, seperti kedokteran, militer, farmasi, hukum, dan lainnya. Untuk mendapatkan gelar doktor membutuhkan waktu 4 tahun untuk menyelesaikan, tetapi kamu bisa mengambil lisensi pra-doktoral dengan durasi 2 tahun studi penuh. 

3. Politeknik di Finlandia

kuliah di finlandia
Politeknik di Finlandia setara dengan Universitas Terapan

Finlandia memiliki 25 politeknik. Politeknik memberikan pendidikan yang lebih praktis yang bertujuan untuk menjawab kebutuhan pasar tenaga kerja. Untuk mendapat gelar sarjana butuh 3-4 tahun dengan program magang dan tugas akhir sarjana. Akan ada seleksi tambahan untuk sarjana politeknik yang ingin melanjutkan ke program magister.

Sementara itu, butuh 1┬Ż tahun untuk meraih gelar magister dengan syarat masuk yang setidaknya tiga tahun pengalaman kerja atau artistik yang relevan. Politeknik menawarkan program dari berbagai bidang, seperti ilmu sosial, administrasi bisnis, seni, komunikasi dan masih banyak lagi. Untuk menyelesaikan program magister harus mengerjakan tesis atau tugas akhir.

Baca juga: Ambil Kesempatan, Ketahui 3 Jenis Scholarship Ini!

4. Mahasiswa Internasional di Finlandia

student exchange finlandia
Finlandia ramah dengan mahasiswa internasional

Kamu tidak perlu khawatir karena sistem perkuliahan dan pendidikan tinggi di Finlandia menawarkan lebih dari 500 program sarjana dan magister dengan program pengajaran berbahasa inggris. Semua universitas dan politeknik juga menawarkan pilihan program doktoral dengan pengajaran berbahasa inggris bagi mahasiswa internasional. Universitas dan politeknik menyediakan peluang beasiswa untuk mahasiswa internasional, kamu bisa mengunjungi halaman study in finland untuk melihat peluang beasiswa dan menelisik lebih dalam kehidupan mahasiswanya. 

Nah, itu dia sistem pendidikan kuliah di Finlandia yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk kamu yang ingin melanjutkan studi di luar negeri. Tapi ingat! Mau ke mana pun kamu melanjutkan studi, selalu ada kelebihan dan kekurangannya. Jadi, kamu perlu menggali dan menimbang matang-matang informasi tentang beasiswa atau pendidikan dari negara yang ingin kamu tuju. Jangan lupa untuk menulis tanggapan melalui kolom komentar, ya!