Pasang Iklan Anti Ribet? Simak 6 Langkah Membuat Google Ads!

Buat kalian pengusaha yang mau ngiklan tapi males ribet, kini kalian tidak perlu khawatir! Segala aktivitas konvensional kini semakin bergeser ke ranah digital, termasuk kegiatan memasang iklan. Masyarakat saat ini menilai bahwasanya kegiatan ngiklan secara digital lebih menguntungkan daripada ngiklan secara konvensional, loh! Kalian bisa ngiklan online secara mudah dengan memakai Google Ads.

Google Ads merupakan platform ngiklan digital yang berada di bawah naungan Google. Dengan ini, kalian bisa ngiklan tanpa ribet! Selain lebih mudah dan lebih murah, ngiklan digital di sini juga memiliki sistem serta algoritma khusus yang memungkinkan iklan kalian bisa lebih tepat sasaran. 

Dengan target yang tepat sasaran, maka produk atau jasa yang kalian tawarkan akan lebih cepat terjual dan kalian bisa mendapatkan untung yang lebih banyak. Buat kalian yang penasaran gimana sih cara ngiklan anti ribet, simak 6 langkah mudah untuk membuat Google Ads berikut!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Daftarkan Akun Kalian

Pasang Iklan Anti Ribet? Simak 6 Langkah Membuat Google Ads!
Siap memulai iklan tanpa ribet

Untuk membuat akun Google Ads, langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah mengunjungi situs resmi dari Google Ads. Setelah berhasil mengakses situs resmi dari Google Ads, kalian bisa langsung mendaftar memakai akun Google yang telah kalian buat. Kalian bisa menekan tombol ‘Get Started’ untuk memulai, kemudian kalian bisa mengikuti tahapan selanjutnya sesuai arahan yang telah tersedia.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Masukkan Target yang Ingin Kalian Capai

Pasang Iklan Anti Ribet? Simak 6 Langkah Membuat Google Ads!
Apa sih tujuan kalian ngiklan

Pada tahapan selanjutnya, Google Ads akan meminta kalian untuk mengisi tujuan atau capaian yang ingin kalian targetkan. Terdapat beberapa pilihan yang tersedia yaitu get more calls, get more website sales or sign-ups, get more visits to your physical location, dan get more brand awareness with videos views.

Dari beberapa pilihan di atas, kalian bisa menentukannya sesuai capaian yang ingin kalian targetkan. Dengan spesifikasi dan algoritma khusus, kalian akan dibantu dan dimudahkan untuk mencapai target. Setelah menentukan target yang ingin kalian capai, Google Ads akan terus memandu kalian untuk memberikan informasi yang lebih mendetail mengenai bisnis kalian.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Tentukan Tempat Ngiklan Kalian

Pasang Iklan Anti Ribet? Simak 6 Langkah Membuat Google Ads!
Ngiklan di luar negeri gak jadi masalah

Setelah menyelesaikan beberapa langkah, Google Ads akan meminta kalian untuk menentukan lokasi iklan. Lokasi ini tentunya harus kalian sesuaikan sendiri dengan target pasar. 

Pada tahapan ini kalian bisa menentukan dan menyesuaikan target pasar. Jika pasar lokal menjadi target kalian, maka kalian bisa mengisinya dengan lokasi-lokasi di sekitar kalian. Namun jika ingin menjangkau pasar internasional, kalian juga bisa menyesuaikan negara mana saja yang menjadi target pasar untuk bisnis kalian, loh.

4. Bikin Iklan Kalian

Pasang Iklan Anti Ribet? Simak 6 Langkah Membuat Google Ads!
Bikin iklan kalian semenarik mungkin

Yang namanya ngiklan baik secara konvensional maupun digital, pasti membutuhkan informasi mengenai produk atau jasa yang kalian jual untuk menarik minat customer. Pada tahapan ini, kalian akan diminta untuk mengisi berbagai informasi mengenai produk atau jasa yang kalian jual.

Tahapan ini merupakan tahapan yang krusial. Sebaik dan secakap apapun algoritma dan kemampuan Google Ads dalam menjangkau target pasar, jika kalian tidak bisa memberikan informasi yang menarik, iklan kalian akan menjadi sia-sia belaka. Jadi siapin kata-kata yang informatif dan menarik, yah!

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

5. Tentukan Budget Kalian

Pasang Iklan Anti Ribet? Simak 6 Langkah Membuat Google Ads!
Siapin budget sesuai kantong yah

Sebelum iklan kalian siap beredar di internet, kalian harus mengisi budget terlebih dahulu. Beberapa opsi budget akan disediakan, tapi kalian juga bisa mengisinya sesuai dengan jumlah uang di kantong. Kurs apapun bisa kalian gunakan, baik kurs asing maupun lokal. 

Perlu kalian perhatikan bahwasanya jumlah budget sangat menentukan jangkauan target pasar. Semakin tinggi budget kalian maka semakin tinggi pula jangkaunnya, begitu pula sebaliknya.

6. Iklan Kalian Udah Siap Nih

Pasang Iklan Anti Ribet? Simak 6 Langkah Membuat Google Ads!
Tinggal nunggu jumlah customer naik nih

Dengan selesainya beberapa tahapan di atas, maka iklan kalian sudah siap edar. Kalian bisa duduk santai sambil nyemil dan mantengin kenaikan jumlah customer. Pundi-pundi rupiah akan terus masuk ke rekening kalian, nih!

Bagaimana? Menarik bukan untuk mencoba ngiklan digital sebagai alternatif ngiklan konvensional? Bisnis kalian tentunya akan meroket dengan jangkauan yang lebih banyak berkat ngiklan daring dari Google Ads, nih!

Itu dia artikel mengenai 6 langkah mudah untuk membuat Google Ads. Kalian bisa menemukan lebih banyak artikel-artikel informatif seperti ini di MySkill.id, loh! Kalian juga dapat mengikuti berbagai kelas dan boot camp mengenai Pemasaran Digital di situs kami! Mungkin kelas Merancang Strategi Brand Marketing juga cocok bagi kalian yang ingin mengetahui berbagai tips memasarkan produk! Jadi tunggu apa lagi, nih?

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill