5 Kampus Indonesia Menerapkan Kuliah Online Sebelum Pandemi

Sejak awal pandemi Covid-19 menerjang Indonesia, sekolah-sekolah dan perkuliahan harus berjalan secara daring (online) demi mengurangi atau menekan persebaran Covid-19. Namun, sebelum pandemi datang ternyata ada beberapa kampus dalam negeri yang telah menerapkan kuliah online, lho. Yuk, simak rangkuman Myskill.id di bawah ini!

1. Universitas Indonesia (UI)

Kuliah online dalam negeri https://www.ui.ac.id/
Si Kampus Kuning Dambaan Banyak Orang

Kampus ternama yang terletak di daerah Depok, Jawa Barat ini adalah salah satu kampus dalam negeri yang telah menerapkan kuliah online sebelum pandemi. Universitas Indonesia (UI) memiliki program studi atau jurusan dengan kelas remote.

Metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang diterapkan oleh UI dimulai sejak tahun 2002. Dengan konsep Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), mahasiswa dapat melaksanakan kuliah secara online dengan peralatan yang telah disediakan.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di UI juga tetap menggabungkan kuliah secara hybrid. Jadi, mahasiswa tetap harus masuk tatap muka di kelas dalam rentang waktu tertentu.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Kuliah online dalam negeri https://www.itb.ac.id/
Ini Dia Kampus Kotanya Dilan

Menjadi salah satu institut ternama di Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki beberapa program studi atau jurusan yang dapat berjalan secara online. Dengan Studio E-Learning yang dimiliki ITB, mahasiswa dapat belajar dengan model pembelajaran berkonsep digital learning.

Hal ini memudahkan para mahasiswa karena aktivitas belajar mengajar seperti perkuliahan, tugas-tugas, dan ujian secara terpusat menggunakan Studio E-Learning tersebut. Namun, mahasiswa tetap harus masuk secara tatap muka di kelas pada saat-saat tertentu.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

3. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

5 Kampus Indonesia Menerapkan Kuliah Online Sebelum Pandemi
Binus si perguruan tinggi berkelas dunia

Kampus swasta terkenal di Indonesia ini juga memiliki konsep perkuliahan online, bahkan sebelum pandemi Covid-19 melanda. Universitas Bina Nusantara (BINUS) menyediakan program kuliah online sejak tahun 2008, yaitu Binus Online Learning.

Beberapa program studi yang menggunakan sistem online di BINUS adalah S1 Akuntansi, S1 Teknik Informatika, S1 Sistem Informasi, S2 Teknik Informatika, S2 Sistem Informasi, dan S2 Teknik Industri.

4. Universitas Mercu Buana

5 Kampus Indonesia Menerapkan Kuliah Online Sebelum Pandemi
Universitas Mercu Buana Kampus Unggulan Nasional

Kampus swasta yang satu ini menawarkan kelas online untuk para pekerja yang ingin melanjutkan pendidikan. Kelas-kelas perkuliahan yang ditawarkan oleh universitas ini memiliki jam yang fleksibel bagi para pekerja. Selain itu, mahasiswa juga diberikan jadwal untuk masuk kelas secara tatap muka di akhir pekan.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

5. Universitas Al-Azhar Indonesia

Kuliah online dalam negeri https://uai.ac.id/

Kampus swasta yang memadukan kurikulum reguler dan keagamaan ini juga memiliki program studi yang dapat berjalan secara online. Jurusan tersebut antara lain adalah S1 Akuntansi dan S1 Manajemen.

Saat ini banyak perguruan tinggi di Indonesia yang mengharuskan mengubah sistem pembelajaran mereka menjadi online karena pandemi Covid-19. Namun kampus-kampus dalam negeri yang telah kita bahas di atas ternyata sudah lebih dulu menerapkan perkuliahan secara online.

Nah, untuk kamu yang sedang bekerja, tapi tetap ingin melanjutkan pendidikan, kampus-kampus ini bisa menjadi pilihan.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Jika kamu yang ingin mencari info-info lebih lanjut seputar perkuliahan dan mencoba mendapat pengetahuan baru terkait pendidikan, bisa kunjungi bootcamp dari Myskill.id, ya! Di sana kamu dapat memperoleh berbagai jenis pelatihan dan ilmu-ilmu baru seputar perkuliahan serta skill lainnya.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill