SKY University: 3 Universitas Paling Bergengsi di Korea Selatan

Perkembangan pendidikan dan kesenian di Korea Selatan (Korsel) sangat pesat. Kamu yang mengikuti perkembangan K-Wave tentu sudah tidak asing dengan istilah SKY University di Korea Selatan atau kamu pernah dengar dari drama Sky Castle. Yap, Sky Castle memang menceritakan ketatnya persaingan pelajar Korea Selatan untuk dapat melanjutkan studi di 3 Universitas terbaik di Korea Selatan itu.

Nah, kali ini MySkill.id akan beri tau informasi terkait tiga kampus terpopuler di Korea Selatan. Yuk, simak selengkapnya!

SKY University

SKY University Korea Selatan
Kampus paling bergengsi di Korea Selatan

SKY University adalah julukan buat 3 universitas terbaik dan paling bergengsi di Korea Selatan, yakni Seoul National University (SNU), Korea University (KU), dan Yonsei University. Kenapa hanya mereka bertiga saja? Karena, menurut K-net kualitas dan peringkat universitas-universitas ini selalu tinggi dan konsisten tiap tahunnya. Bahkan, penilaian dan peringkat Internasional dari ketiga kampus tersebut sangat baik setiap tahun. 

Tidak heran, 3 universitas ini idaman pelajar dan orang tua. Masyarakat juga sangat memuji dan segan dengan mahasiswa dan alumninya, karena proses seleksinya sangat ketat. Lalu, seperti apa profil dari 3 universitas SKY? Nah, kami akan mengulanya lebih lanjut!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Seoul National University (SNU)
Seoul National University (SNU) Korea Selatan
Seoul National University (SNU), kampus idaman pelajar Korea Selatan

Berdiri sejak tahun 1946 dan berlokasi di Gwanak-gu. Pada tahun 2014, SNU masuk jajaran Ivy League Asia versi Forbes. Peringkat SNU secara Internasional juga sangat baik. Kini menduduki peringkat 37 dalam QS World University. Tidak heran, persaingan akademik mahasiswa Seoul National University juga lebih ketat dari universitas lain di SKY. 

SNU memiliki 15 departemen untuk program sarjana dan magister. Berkat proses seleksi ketat, lulusan SNU banyak yang menjadi politisi dan orang-orang ternama, loh. Salah satu alumni terkenanya, ialah Produser Bang Si Hyuk. 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Korea University (KU)
Korea University
Museum milik Korea University (KU) yang sangat terkenal

Universitas Korea (KU) termasuk salah satu universitas swasta tertua di Korea Selatan, bediri sejak 1905. Menteri Pendidikan Korea Selatan memilih KU sebagai universitas dengan progam MBA terbaik. Tahun ini, KU berada di peringkat 69 QS World University. Universitas ini menyediakan program pertukaran pelajar yang bisa kamu ikuti. Universitas Korea juga bergabung dengan organisasi Internasional seperti APRU, loh!

3. Yonsei University 
Yonsei University
Kalau kamu penggemer drakor, kamu pasti tidak asing dengan lokasi ini

Universitas Yonsei juga termasuk universitas tertua di Korea Selatan. Berdiri sejak 1885, awalnya adalah rumah sakit bernama Gwanghyewon yang beralih menjadi sekolah kedokteran, dan resmi menjadi universitas pada 1957. Universitas Yonsei ramah dengan pelajar Internasional, ada banyak program bahasa inggris yang tersedia.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

Persaingan Kampus di Korea Selatan

Persaingan SKY University yang ketat
Pelajar Korea harus bersaing ketat untuk masuk ke Univesitas idaman

Karena reputasi SKY University yang baik, secara Domestik maupun Internasional, persaingan untuk lolos ujian masuk sebagai mahasiswanya juga sangat ketat. Korea Selatan memiliki program ujian masuk universitas atau CSAT, dengan adanya SKY persaingan ujian semakin ketat, sedangkan daya tampung tidak banyak. Contohnya, SNU hanya menampung 2,5% dari seluruh pelajar yang mendaftar. 

Tapi, SKY tetap incaran utama pelajar, alasannya karena jaringan alumni dan reputasi universitas akan membuka jalan kesuksesan mereka. Padahal, palajar Korsel harus belajar dengan sangat tekun untuk mempersiapkan diri agar lolos ujian. Tak jarang, pelajar di Korea Selatan menjadi stress dan depresi berat jika gagal lolos ujian. Jadi, tetap semangat ya!

Rivalitas Kampus di Korea Selatan

Rivalitas di SKY University
Rivalitas universitas Yonsei dan universitas Korea yang melegenda

Bukan rahasia lagi jika adanya rivalitas yang kuat antara universitas Yonsei dan universitas Korea. Rivalitas dua universitas ini terbentuk sejak lama melalui kompetisi olahraga bernama Ko Yon Jeon atau YonKo, yang ada sejak tahun 1956. Kompetisi terdiri dari lima cabang olahraga, antara lain Rugby, Sepak bola, Bola Basket, bisbol dan hoki es. 

Uniknya, suporter akan berlomba membuat sorakan paling keras selama kompetisi berlangsung. Ciri khas dari rivalitas Yonsei dan KU adalah pengaturan posisi duduk dan warna merah (KU) dan biru (Yonsei) yang kontras. Kompetisi ini menandai rivalitas kedua universitas dan memberikan hiburan, karena penayangannya di Televisi Nasional.

Itulah ulasan tentang SKY University agar kamu lebih mengenalnya. Apakah kamu tertarik untuk kuliah di SKY? Kamu bisa mengunjungi website masing-masing universitas tersebut untuk mendapat informasi terkait pendaftaran kuliah. Jangan lupa berikan tanggapan melalui kolom komentar, ya.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kemampuan untuk mempersiapkan beasiswa atau karier, yuk gabung di MySkill.id. Banyak tersedia pelatihan via bootcamp dan e-learning yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan metode yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill