Ragam Manfaat Assessment Badge di LinkedIn Buat Kamu!

Sebagai jaringan sosial yang berorientasi pada karier, LinkedIn sudah memiliki banyak pengguna. Biasanya pengguna membuat akun LinkedIn dengan tujuan benchmark dan personal branding sebagai portofolio singkat untuk mencari kerja.

Salah satu fitur yang menarik dari LinkedIn, yaitu skills & endorsements. Fitur ini berguna untuk menjelaskan apa saja kemampuan yang pengguna miliki serta menunjukkan apakah kemampuan itu memang kapabel atau tidak. Dalam membantu pengguna mengukur persentase skills mereka, LinkedIn juga menyediakan fitur Assessment Badge. Kira-kira apa saja ya manfaat yang akan kamu dapatkan dari Assessment Badge ini?

Mau jadi Akuntan, Pajak atau Auditor? Baca panduan lengkap Akuntansi, Pajak dan Audit di sini

1. Menguji Pemahaman dan Kemampuan

Ragam Manfaat Assessment Badge di LinkedIn Buat Kamu!
Pemahaman dan kemampuan terhadap skills sangat diperlukan sebagai refleksi.

Sebelum mendapatkan Badge dari LinkedIn, kamu wajib mengikuti serangkaian tes pilihan ganda untuk melihat persentase penguasaan kamu terhadap kemampuan yang dimiliki. Setelahnya, kamu akan mendapatkan nilai akhir dan pemberitahuan apakah kamu dapat memasang Badge yang tersedia atau tidak. Dengan mengambil tes Assessment Badge, kamu dapat mengetahui seberapa jauh penguasaan kamu terhadap skills yang kamu cantumkan. Dengan demikian, kamu juga dapat mengukur, apakah kamu masih perlu mengikuti serangkaian kelas yang direkomendasikan guna meningkatkan penguasaanmu atau tidak.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

2. Mendapatkan Saran Pekerjaan yang Cocok dengan Skills

Ragam Manfaat Assessment Badge di LinkedIn Buat Kamu!
Kecocokan pekerjaan dengan skills yang dimiliki akan memengaruhi performa.

Setelah menyelesaikan Assessment Badge, LinkedIn akan merekomendasikan kamu ke beberapa perusahaan yang sedang membuka lowongan dan tentunya cocok dengan skills yang kamu miliki. Misalnya, kamu mengambil tes Assessment Badge sebagai SEO Writing. Selanjutnya, setelah menyelesaikan tes dan mendapatkan nilai, LinkedIn akan menyarankan beberapa perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan yang sesuai dengan skills kamu tadi. Tentunya, dengan begitu kamu akan semakin terbantu dalam mencari perusahaan atau pekerjaan impianmu.

3. Menambahkan Kredibilitas Profil LinkedIn

Ragam Manfaat Assessment Badge di LinkedIn Buat Kamu!
Kredibilitas diperlukan untuk mengukur tolak ukur kemampuan.

Assessment Badge akan membuat profil LinkedIn yang kamu miliki semakin kredibel. Hal ini di karena kan kamu memiliki tolak ukur kuantitatif terhadap skills yang kamu cantumkan dalam profil. Assessment Badge akan membantu koneksi atau calon employer-mu dalam mempertimbangkan kemampuan yang kamu miliki.

Selain itu, kamu juga bisa membandingkan penguasaan yang kamu miliki dengan pelamar lain. Sehingga kamu pun memiliki perkiraan atau tolak ukur seberapa mungkin skills yang kamu miliki dapat membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan yang tepat.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

4. Memperindah Profil LinkedIn

Ragam Manfaat Assessment Badge di LinkedIn Buat Kamu!
Semakin lengkap profil LinkedIn-mu, semakin menarik profil LinkedIn-mu.

 

Terakhir tetapi tidak kalah penting, Assessment Badge akan membuat tampilan profil  LinkedIn kamu semakin menarik. Pastinya ini akan sangat menguntungkan kamu ketika ada koneksi atau calon employer yang sedang berkunjung ke profilmu. 

Bagaimana? Apakah kamu sudah siap untuk melengkapi profil LinkedIn-mu? Atau mungkin masih ada yang bingung? Nah agar lebih mudah, Sobat MySkill dapat mengikuti pelatihan Membangun Profil LinkedIn yang Baik di MySkill.id ya. Dengan profil LinkedIn yang baik, kamu akan memiliki peluang membangun karier dengan lebih mudah!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill