Manfaat LinkedIn untuk Membangun Bisnis agar Makin Dikenal!

Manfaat media sosial sebagai sarana penyebaran informasi patut diacungi jempol. Setiap platform media sosial memiliki manfaatnya masing-masing. Tidak terkecuali dengan LinkedIn, rasanya sudah tidak asing lagi mendengar media sosial yang satu ini. Berbeda dengan media sosial lain seperti Facebook atau Instagram, LinkedIn dikenal sebagai jejaring sosial yang menghubungkan para profesional di dunia maya. Ternyata, manfaat LinkedIn tidak berhenti sampai situ saja, lho!

Biasanya, para pengguna menggunakan LinkedIn untuk berjejaring, bertukar informasi, mencari dan memberikan peluang pekerjaan. LinkedIn sendiri tidak hanya bermanfaat untuk perorangan saja, tapi juga perusahaan dan bisnis. Untuk itu, MySkill.id akan membahasnya secara khusus untukmu, penasaran? Let’s dig in!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Manfaat LinkedIn untuk Bisnis

Manfaat LinkedIn untuk Membangun Bisnis agar Makin Dikenal!
Penggunaan LinkedIn secara optimal untuk membangun bisnis

Berikut beberapa manfaat LinkedIn untuk bisnismu! 

1. Sarana Membagikan Lowongan Pekerjaan

Perusahaan bisa menggunakan LinkedIn untuk membagikan lowongan pekerjaan dan mencari pekerja profesional yang tepat agar bisa bergabung dengan perusahaan. Dengan LinkedIn, perusahaan bisa menemukan karyawan dan rekan kerja yang dapat membantu bisnis mencapai target yang ditetapkan.  

2. Employer Branding Perusahaan

Employer branding merupakan istilah yang merujuk pada brand suatu perusahaan atau bisnis sebagai tempat bekerja. Komponen penting terkait employer branding meliputi budaya perusahaan, visi dan misi, serta seluruh pekerjanya. LinkedIn menjadi penghubung bagi perusahaan dalam mengomunikasikan nilai-nilai perusahaan kepada para pencari kerja.

Jika perusahaan melakukannya dengan konsisten, brand perusahaan akan terbentuk secara positif. Perusahaan juga bisa memanfaatkan iklan LinkedIn demi memperoleh tenaga profesional terbaik selama masa perekrutan.

3. Menjadi Talent Pool Perusahaan 

Kebutuhan perusahaan untuk memperoleh tenaga kerja yang profesional dan bertalenta memang sudah tak terelakkan lagi. Sebab, saat ini persaingan bisnis semakin ketat dan membuat sumber daya manusia di perusahaan menjadi aset yang berharga. Oleh karena itu, adanya LinkedIn bisa memudahkan perusahaan dalam menyeleksi para calon pekerja melalui berbagai fitur pendukung yang telah tersedia di LinkedIn.

4. Media Marketing B2B

Marketing B2B merupakan istilah yang merujuk pada praktik pemasaran suatu bisnis, di mana perusahaan menjual produk atau jasa ke perusahaan lain. Dengan banyaknya pengguna aktif LinkedIn yang merupakan para profesional, banyak perusahaan menyadari potensi marketing B2B di platform ini. Beberapa di antaranya mulai memanfaatkan layanan iklan LinkedIn untuk menjangkau target pasar yang sesuai dengan produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Selain lewat iklan, perusahaan yang melakukan praktik marketing B2B di LinkedIn juga mempromosikan produk dan jasa mereka lewat unggahan status. Bahkan, tidak sedikit yang langsung mengirimkan pesan pribadi kepada pengguna aktif LinkedIn. 

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Penggunaan LinkedIn untuk Membangun Bisnis

Manfaat LinkedIn untuk Membangun Bisnis agar Makin Dikenal!
Penggunaan LinkedIn secara optimal untuk membangun bisnis

Sebagai media sosial untuk profesional, LinkedIn dapat menciptakan peluang bagi perusahaan untuk bisa saling terhubung dengan perusahaan lainnya di seluruh dunia. Sebagai pemula yang masih dalam tahap awal membangun bisnis, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan jika ingin mengembangkan bisnismu di LinkedIn. 

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengatur beberapa informasi awal mengenai bisnis kamu di LinkedIn, seperti profil, kualifikasi, riwayat pendidikan, serta pengalaman. Algoritma LinkedIn akan secara otomatis menyuguhkan daftar orang-orang atau bisnis yang serupa dengan bisnis kamu agar bisa saling terhubung. 

Setelah melakukan pengaturan profil pribadi, selanjutnya kamu perlu mengatur profil perusahaan atau bisnis kamu. Kamu bisa membuat halaman bisnis atau perusahaan dan memastikan bahwa seluruh data sudah terisi secara lengkap dan benar. Selain perusahaan atau bisnismu akan terlihat lebih meyakinkan, calon konsumen yang membutuhkan produk atau jasa kamu juga dapat langsung menghubungi kontak yang kamu sediakan. 

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Membangun Profil LinkedIn yang Baik

Manfaat LinkedIn untuk Membangun Bisnis agar Makin Dikenal!
Membangun profil LinkedIn yang baik ala MySkill.id

Supaya penggunaan LinkedIn untuk perusahaan atau bisnismu lebih optimal, kamu perlu mengetahui bagaimana membangun profil LinkedIn yang baik. Sebagai platform yang banyak digunakan oleh profesional untuk mencari pekerjaan dan merekrut pekerja, membangun profil LinkedIn yang baik menjadi krusial. 

Ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan dalam membangun profil LinkedIn. Untuk itu, MySkill.id menyediakan kelas Membangun Profil Linkedin yang Baik untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam dan terstruktur. Dalam kelas ini, kamu akan belajar mengenal LinkedIn, bagaimana profil LinkedIn yang baik, dan cara menggunakan LinkedIn secara profesional. 

Itulah beberapa hal terkait manfaat dan penggunaan LinkedIn untuk bisnis yang perlu kamu ketahui. Sudah siap untuk membangun profil bisnismu secara maksimal? Jangan lupa untuk mengikuti kelas di MySkill.id, ya! 

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill