4 Hal Tentang Marketplace Ini, Para Pebisnis Wajib Tahu!

Kamu pasti sudah tidak asing dengan yang namanya transaksi perdagangan online. Mengingat bahwa sekarang teknologi semakin maju membuat kita harus terbiasa dengan berbagai macam kegiatan berbasis online. Adanya sistem online tersebut juga mempermudah para produsen dalam menjual produk mereka. Selain cara mempromosikan produk menjadi lebih mudah, jangkauan yang dicapai melalui perdagangan online lebih luas sehingga mampu mencapai target pelanggan dari semua kalangan. Begitu praktis bukan! Nah, dalam dunia perdagangan online terdapat berbagai macam bentuk, salah satunya adalah marketplace.

Tidak hanya itu, para pelanggan pun menjadi lebih mudah dalam mencari produk yang mereka inginkan. Mereka tidak perlu kesusahan dalam mencari suatu produk, mereka hanya perlu mengetik barang yang mereka inginkan lalu membayarnya secara online.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Kamu ingin masuk ke dalam dunia perdagangan online, tetapi masih bingung harus memakai yang mana? Nah, kamu bisa mencoba marketplace ini! Melalui artikel ini kami akan mengajak kamu untuk berkenalan dengan marketplace secara lebih mendalam agar nantinya kamu tidak ragu untuk mencoba. Tunggu apa lagi? Yuk kita mulai!

Marketplace? Apa Itu?

4 Hal Tentang Marketplace Ini, Para Pebisnis Wajib Tahu!
Marketplace

Marketplace merupakan sebuah platform perdagangan online yang menghubungkan antara penjual dengan pembeli atau sebagai perantara mereka agar mampu terhubung dan akhirnya terjadi transaksi jual beli secara online.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Kenapa Banyak Yang Menyukainya?

4 Hal Tentang Marketplace Ini, Para Pebisnis Wajib Tahu!
Menyukai marketplace

Kenapa ya, banyak penjual yang menyukai marketplace ? Kenapa harus menggunakan platform tersebut? Berbagai pertanyaan tersebut pasti sedang ramai dalam pikiranmu. Kamu tidak perlu bingung karena artikel ini akan menjawab  semua pertanyaan kamu.

Alasan dari banyaknya penjual yang menyukai marketplace karena promosi dan penjualan yang para penjual lakukan menjadi lebih efektif dan efisien. Selain itu, lalu lintas perdagangan di platform tersebut sangat luas sehingga para penjual dapat memanfaatkannya dengan mudah. Para pelanggan pun juga semakin mudah dalam mencari produk yang mereka inginkan dan transaksi jual beli tersebut dilakukan secara langsung oleh penjual dan pembeli sehingga mempermudah mereka dalam berinteraksi di dunia maya.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Apa Sih Kelebihan Dan Kekurangannya?

Seperti yang kita ketahui sebagus apapun platform pasti ada kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Nah, sama seperti platform online lainnya marketplace juga mempunyai kelebihan serta kekurangannya. Mari kita simak bersama!

Kelebihan MarketPlace

4 Hal Tentang Marketplace Ini, Para Pebisnis Wajib Tahu!
Kelebihan marketplace

Marketplace adalah platform media online yang digunakan penjual untuk mempromosikan produknya. Karena para penjual hanya perlu menentukan harga, nama, serta produk yang akan ia jual. Penjual juga hanya perlu menyiapkan foto produk yang terbaik agar para target pembeli menyukai produk mereka. Tentu hal ini sangat mudah bukan daripada membuat website sendiri.

Selain itu, target penjualan pun dapat meningkat karena para pembeli akan lebih mudah mencari produk mereka. Bahkan produk mereka dapat muncul apabila pelanggan mengetik nama benda yang ingin mereka cari sehingga membuat produk kamu muncul sesuai dengan kata pencarian tersebut.

Kekurangan MarketPlace

4 Hal Tentang Marketplace Ini, Para Pebisnis Wajib Tahu!
Kekurangan marketplace

Kekurangannya adalah para penjual tidak mempunyai kuasa penuh atas toko online mereka. Kuasa penuh berada pada pihak marketplace sehingga tentunya agak menyulitkan para penjual. Selain itu, kekurangan lainnya adalah tingkat persaingan yang begitu tinggi.

Hal ini karena produk yang kita jual juga dijual oleh berbagai penjual lain sehingga secara tidak langsung akan terjadi suatu persaingan yang mana pelanggan akan memilih yang mana produk terbaik. Maka dari itu penjual harus mampu mengembangkan produk dan cara promosi mereka agar tidak kalah saing dengan produk lain.

Itulah beberapa perkenalan dari marketplace. Dengan adanya pengenalan tersebut aku jadi lebih paham bukan? Kamu jadi tidak perlu lagi untuk ragu dalam menggunakan platform tersebut. Jadi tetaplah semangat! Jika kamu ingin belajar lebih banyak mengenai artikel tadi, kamu bisa mempelajarinya lebih lanjut melalui kelas yang ada di MySkill.id. Kamu bisa mengakses kelas “Mengenal Manajemen Produk Digital”.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Di kelas ini kamu akan memperoleh modul lengkap dan mempelajari berbagai macam hal mengenai memahami mengenali konsep manajemen produk, proses manajemen produk umum, ragam metode yang digunakan, tools untuk manajemen produk, dan sebagainya. Menarik bukan! Jadi jangan lupa ya!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill