Pencari Kerja Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat LinkedIn untuk Karir

Menggapai karir impian tidaklah semudah yang ada di dalam benakmu. Kamu membutuhkan berbagai pengorbanan untuk mewujudkannya, salah satunya adalah melamar pekerjaan. Melamar pekerjaan akan banyak menguras waktu, energi, dan biaya. Maka dari itu, MySkill.id mengajakmu untuk mengenal lebih dalam mengenai 5 manfaat LinkedIn agar kamu dapat mengatasi berbagai permasalahan diatas!

LinkedIn sendiri merupakan media sosial yang berfungsi sebagai wadah bagi para profesional agar dapat saling terhubung dan menambah koneksi. Media sosial ini juga memiliki berbagai manfaat untuk memulai dan mengembangkan karir impianmu! Penasaran dengan berbagai manfaatnya? Yuk, langsung aja kita masuk ke topik pembahasan!

1. Membangun Profil Profesional

Pencari Kerja Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat LinkedIn untuk Karir
Kesan pertama itu penting

Kesan pertama sangatlah penting, baik saat ngedate bareng gebetan untuk pertama kalinya maupun saat melamar pekerjaan. Hal inilah yang akan melekat pada dirimu dan akan membawa pengaruh besar ke depannya. Oleh karena itu, kamu tidak boleh menyepelekan hal tersebut.

LinkedIn hadir dengan berbagai fitur yang dapat membantumu dalam membangun kesan pertama yang baik serta membuat profil profesional untuk menggapai karir impianmu. Layaknya berkas lamaran pekerjaan pada umumnya, kamu juga bisa mengunggah foto, curriculum vitae, dan resume di akun pribadimu.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

2. Menunjukkan Kemampuan

Pencari Kerja Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat LinkedIn untuk Karir
Jangan ragu buat nunjukin kemampuanmu

Setiap perusahaan pasti memiliki berbagai kriteria bagi calon karyawan mereka. Kriteria-kriteria tersebut berbeda tergantung posisinya. Dengan menggunakan LinkedIn, kamu bisa menampilkan berbagai kemampuanmu sehingga perusahaan dapat melihat dengan lebih mudah apakah dirimu sudah sesuai dengan kriteria yang mereka miliki.

Bukan hanya sekadar menampilkan kemampuan, LinkedIn juga menyediakan berbagai tes kecakapan sesuai dengan kemampuan yang kamu cantumkan sebagai acuan kesahihan bagi perusahaan dalam menilaimu.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

3. Menambah Koneksi

Pencari Kerja Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat LinkedIn untuk Karir
Koneksi luas, jalan menjadi mulus

Manfaat LinkedIn yang ketiga adalah menambah koneksi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa memiliki koneksi yang luas akan memudahkanmu saat mencari pekerjaan dan menggapai karir impianmu.

Selain itu, pengguna LinkedIn berasal dari berbagai penjuru dunia. Dengan menggunakan LinkedIn, kamu dapat menambah koneksi dengan orang-orang dari seluruh dunia yang memiliki interest atau bekerja di bidang yang sama sepertimu. Hal tersebut tentu saja dapat membuka peluang yang sangat besar bagimu untuk dapat mengembangkan karir dan bekerja di luar negeri. Keren banget gak, sih?

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

4. Menjaga Koneksi

Pencari Kerja Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat LinkedIn untuk Karir
Koneksi bagaikan permata

Seperti yang telah kita ketahui pada poin sebelumnya, koneksi sangatlah penting. Mereka bagaikan aset berharga yang tidak boleh kita sia-siakan. Menyia-nyiakan koneksi akan membawa dampak buruk ke depannya.

Layaknya media sosial lainnya, LinkedIn juga dapat membantumu dalam mencari dan menemukan teman lama serta menjaga koneksi dengan mereka. Setelah itu, kamu bisa memulai obrolan dan mengajaknya untuk bekerja sama. 

Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan karena tidak semua orang mau bekerja sama dengan orang yang tidak mereka kenal. Selain itu, teman lama biasanya telah menaruh rasa percaya kepadamu. Kerja sama yang berlandaskan rasa percaya yang tinggi dapat membuahkan hasil yang maksimal. Tapi ingat, yah! Jangan sampai kamu mengkhianatinya!

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

5. Mempermudah Kamu dalam Mencari dan Mendapat Pekerjaan

Pencari Kerja Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat LinkedIn untuk Karir
Mudah mencari kerja dengan LinkedIn

LinkedIn memiliki berbagai fitur yang dapat memudahkanmu dalam mencari dan mendapat pekerjaan. Saking mudahnya, hanya dalam sekali klik kamu bisa menemukan sederet lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan besar di seluruh dunia. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan posisi pekerjaan sesuai yang kamu inginkan.

Dengan memanfaatkan fitur-fitur di atas, para pencari kerja gak perlu lagi membuang-buang waktu, biaya, dan energi mereka saat melamar pekerjaan. Perusahaan juga bisa meminimalisir limbah kertas yang berasal dari berkas lamaran.

Jadi, gimana? Setelah mengenal lebih dalam mengenai 5 manfaat LinkedIn, apakah kamu tertarik untuk membuat akun profesionalmu disana? Buat kamu yang udah bikin akun tapi gak tau harus ngapain, mending kamu ikutan kelas Membangun Profil LinkedIn yang Baik bersama MySkill.id! Selain itu, kamu juga bisa mengikuti berbagai kelas Persiapan Karir bersama tutor berpengalaman, loh! Jadi, tunggu apa lagi?

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill