4 Kesalahan Instagram Marketing Yang Wajib Marketer Ketahui!

Banyak cara yang dilakukan oleh para marketer dalam meningkatkan branding produk mereka. mereka menggunakan berbagai macam platform sosial media untuk mendukung kegiatan tersebut, salah satunya Instagram. Kamu pasti sudah tidak asing dengan aplikasi ini. Aplikasi yang begitu populer dan semua orang menggunakannya untuk membagikan berbagai momen yang ada di hidup mereka. Instagram juga merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan oleh para marketer yang disebut dengan instagram marketing.

Selain jangkauannya yang lebih luas, target market menjadi lebih mudah. Namun, kamu perlu memperhatikan kembali bahwa terdapat banyak kesalahan yang terjadi oleh para marketer baru. Jika kamu memang tertarik untuk terjun ke dalam dunia marketing melalui instagram ads, kamu tidak perlu risau. Melalui artikel ini, MySkill.id akan membantu kamu untuk mengenali dan mempelajari tips menghindari kesalahan marketing pada instagram ads. Stay tune!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Membeli Followers !

4 Kesalahan Instagram Marketing Yang Wajib Marketer Ketahui!
Jangan membeli followers

Untuk menjangkau dan meningkatkan branding produk kamu, kamu pasti ingin segera memperoleh banyak followers Instagram. Eits, tetapi jangan salah! Kamu tidak perlu membeli followers untuk meningkatkan branding produk kamu. Ini merupakan salah satu kesalahan yang sering kita temukan, banyak para marketer yang sengaja membeli followers untuk meningkatkan branding.

Strategi ini tidak dibenarkan ya! Apabila kamu membeli followers untuk meningkatkan branding produk kamu, kamu hanya akan membuat produk kamu nampak terkenal tetapi tidak mempengaruhi tingkat penjualan. Tentu sangat disayangkan bukan, maka jangan lakukan ya!

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Kurang Menariknya Gambar Atau Video Produk Di Instagram

4 Kesalahan Instagram Marketing Yang Wajib Marketer Ketahui!
Ayo tingkatkan produk melalui kreativitas

Para marketer dalam memasarkan produk harus pandai dan kreatif. Karena seperti yang kita ketahui, memasarkan produk melalui media sosial terlebih lagi Instagram akan sangat sulit karena banyak kompetitor yang menjual produk yang sama. Terlebih lagi apabila gambar dan video yang kamu bagikan terkesan membosankan dan flat. Tentu hal itu tidak akan mampu menarik pelanggan untuk menyukai produk kamu.

Itu kesalahan yang sering terjadi oleh para marketer baru. Untuk mengatasinya, hal yang perlu kamu ingat adalah pelanggan akan menyukai produk kamu apabila ia tertarik. Maka kamu harus menangkap dan memahami hal tersebut. bagaimana caranya? Tentu saja dengan membuat produk kamu menarik!

Tunjukkan dan tuangkan kreativitas kamu melalui gambar dan video produk yang akan kamu bagikan. Tunjukkan pada para pelanggan bahwa produk yang kamu jual berbeda dengan para marketer lainnya. Jangan takut untuk berbeda! Karena berbeda akan menumbuhkan keistimewaan. Jadi, jangan lupa ya untuk membuat gambar dan video yang menarik!

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Tidak Fokus Pada Kualitas Konten Instagram Berakibat Fatal

4 Kesalahan Instagram Marketing Yang Wajib Marketer Ketahui!
Konsisten dan fokus

Setelah kamu mampu untuk menuangkan kreativitas dalam produk, kesalahan yang sering terjadi adalah kamu mulai tidak fokus pada kualitas konten. Ini tentu akan berakibat fatal apabila tidak segera kamu tangani loh! Konsistensi kamu diuji dalam hal ini. Kamu harus mampu untuk memberikan konten yang baik, segar, dan sesuai dengan produk kamu.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

4. Kurang Optimal Memasarkan Pada Instagram Stories

4 Kesalahan Instagram Marketing Yang Wajib Marketer Ketahui!
Optimalkan kembali instagram stories kamu

Ini merupakan kesalahan terakhir yang sering sekali terjadi. Para marketer lebih memaksimalkan pemasaran pada Instagram feed tanpa memperhatikan kembali pemasaran pada Instagram stories. Padahal kebanyakan para pengguna Instagram lebih tertarik melihat stories daripada feed. Maka dari itu, jangan lupa untuk memaksimalkan konten produk kamu pada Instagram stories.

Itulah 4 tips menghindari kesalahan yang sering terjadi oleh para marketer di Instagram.  Dengan kamu mengenali kesalahan tersebut, kamu tentu akan belajar menjadi marketer yang lebih baik untuk ke depan. Jika kamu ingin belajar lebih banyak mengenai konten strategi, kamu bisa mempelajarinya lebih lanjut melalui kelas yang ditawarkan oleh MySkill.id. Kamu bisa mengakses kelas “Membuat Strategi Konten Untuk Pemasaran”.

Di kelas ini kamu akan memperoleh modul lengkap dan mempelajari berbagai macam hal mengenai memahami insight dan merancang strategi, memetakan tahap interaksi audiens, merancang konten di setiap tahap, mengenali media distribusi konten, menentukan format konten, mengevaluasi keberhasilan, dan sebagainya. Menarik bukan! Jadi jangan lupa ya!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill