Marketing Mix, Wajib Diketahui Calon Pebisnis

Marketing mix atau strategi pemasaran 4P merupakan unsur esensial dalam penjualan produk atau jasa. Ini merupakan matriks pemasaran yang paling sering pengusaha gunakan sejak tahun 1960-an karena isinya sangat fundamental, sehingga tidak mungkin seorang pengusaha melewatkan hal tersebut.

Unsur yang termasuk ke dalam 4P tersebut adalah product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi). Melalui gabungan dari beberapa faktor ini, pemilik bisnis dapat menentukan apa yang konsumen butuhkan atau berfungsi untuk mengevaluasi produk yang telah beredar. 

Kamu yang memiliki usaha kecil atau pemula juga tentunya perlu menerapkan 4P ini demi mencari keuntungan dan bersaing dengan kompetitor lain. Jadi biar nggak kelamaan, yuk kita bahas lebih lanjut mengenai strategi pemasaran ini bersama MySkill.id. Simak baik-baik ya!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Product, Unsur Pertama Marketing Mix

Marketing Mix, Wajib Diketahui Calon Pebisnis
Sampaikan keunggulan dari produk yang kamu miliki

Produk merupakan barang atau jasa yang pebisnis tawarkan atau jual kepada konsumen. Umumnya produk berfungsi untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Lalu, apakah barang dan jasa tersebut dapat memecahkan masalah yang pelanggan alami atau tidak.

Sebaiknya, kamu memasarkan produk yang memiliki keunggulan lebih banyak dan pastinya berbeda dari kebanyakan pesaing lain. Ketika telah memiliki satu produk yang sangat laris, kamu juga dapat melakukan inovasi lainnya dengan mempertahankan nilai utama yang produk tersebut miliki.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

2. Price

Marketing Mix, Wajib Diketahui Calon Pebisnis
Buat produk kamu worth to buy

Unsur ini merupakan biaya yang konsumen keluarkan saat membeli suatu produk. Harga harus sesuai dengan nilai dalam produk dan turut serta mempertimbangkan faktor lain seperti harga diskon berkala, harga kompetitor, serta keuntungan yang pebisnis inginkan. Jangan pasang harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Pikirkan dengan matang mengenai harga dari produk atau jasa tersebut, karena biaya merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan. Terkadang, jika harga yang kamu tetapkan terlalu tinggi, konsumen dapat beralih ke pesaing dengan harga lebih rendah.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

3. Place

Marketing Mix, Wajib Diketahui Calon Pebisnis
Pilih tempat yang sesuai untuk memasarkan produk

Tempat merupakan lokasi yang pebisnis pilih untuk melakukan pemasaran, di mana konsumen dapat membeli, menggunakan, atau mengakses produk.  Tempat ini dapat bersifat milik pribadi atau toko ritel guna menempatkan produk pada berbagai lokasi. 

Selain bersifat fisik, tempat juga dapat merujuk pada pengiklanan produk melalui televisi, film, atau halaman website. Maka dari itu, pasti akan lebih baik memilih lokasi yang strategis agar konsumen juga lebih gampang untuk mencarinya.

4. Promotion, Last But Not Least dalam Marketing Mix

Marketing Mix, Wajib Diketahui Calon Pebisnis
Lakukan promosi semaksimal mungkin

Sebenarnya unsur tempat dan promosi cukup sering bersatu atau mirip-mirip gitu deh. Tujuan dari promosi adalah untuk memberitahu konsumen mengenai produk yang kamu tawarkan. Lakukan secara maksimal, banggakan keunggulan yang ada, sampaikan juga kalau itu juga worth to buy ya!

Di mana dan apa media yang akan kamu gunakan untuk melakukan promosi itu contohnya iklan internet, sosial media, televisi, atau website. Poin penting lainnya adalah kapan kamu mulai melakukan promosi dan berapa lama waktu yang dibutuhkan sebelum produk tersebut kamu luncurkan. 

Saat ini, ada banyak bauran pemasaran yang dapat kamu manfaatkan seperti digital marketing, social media marketing, email marketing, dan lainnya. Misalnya dengan cara menggaet influencer yang sekiranya dapat merepresentasikan nilai dari produk yang kamu tawarkan. Hal ini karena orang-orang tersebut memiliki kekuatan untuk meningkatkan penjualan karena memiliki pengikut yang banyak.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Nah, itu tadi penjelasan yang dapat MySkill.id berikan terkait memahami unsur marketing mix. Karena keempat unsur ini berawalan huruf P, kita akan lebih mudah ya mengingatnya. Semua faktor ini merupakan pokok dasar yang harus kamu ketahui dalam berbisnis, apa pun itu jenisnya. 

Setelah mengetahui dasarnya, tentu kamu sebagai pebisnis harus naik tingkat nih. Hmm, karena saat ini peran sosial media cukup besar dalam pemasaran digital, ada kelas menarik yang dapat kamu ikuti untuk meningkatkan wawasan berbisnis. Nama kelasnya yaitu  Social Media Marketing. Di sini kita akan belajar mengenai bagaimana cara memahami audiens, merancang konten, dan eksperimentasi. Keren banget nggak sih?

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill