5 Cara Ampuh Cegah Kantuk Ala Mahasiswa agar Semangat Kuliah

Perubahan sistem pembelajaran online saat ini membuat pelajar merasakan dampaknya terutama pola belajar. Sebagian besar dari mereka sering merasakan kantuk dan menguap terus menerus hingga menyebabkan kesulitan untuk berkonsentrasi saat belajar. Lalu, bagaimana cara mengatasi kantuk tersebut pada saat belajar? simak 5 cara ampuh cegah kantuk ala mahasiswa berikut ini!

1. Mendengarkan Musik yang Bikin Enjoy

mendengarkan musik bisa buat kamu enjoy dan terhindari dari kantuk
mendengarkan musik bisa buat kamu enjoy dan terhindari dari kantuk

Mungkin cara ini cukup simple dan juga familiar di beberapa pelajar. Mendengarkan musik dapat merangsang sel saraf di otak menjadi lebih aktif dan juga mengatur transmisi saraf. Hal ini menyebabkan otak menerima sinyal untuk terjaga dan menyerap pembelajaran dengan sangat cepat. Tak lupa juga dengan memberikan respon untuk tetap terjaga pada saat belajar.

Belajar akan lebih efisien dan masuk ke otak, para mahasiswa merekomendasikan untuk lebih mendengarkan musik instrumen tanpa lirik. Musik yang membuat kamu lebih enjoy saat belajar tidak akan mengganggu hafalan dan proses penyampaian materi ke otak. Berikut ada beberapa rekomendasi musik yang dapat kamu dengar di spotify maupun di platform lainnya untk cegah kantuk!

  • A Town with an Ocean View (From Kiki’s Delivery Service)
  • Always With Me (From Spirited Away)
  • The Merry-Go-Round of Life (From Howl’s Moving Castle)

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Teman Belajar, Ramai! Byebye Kantuk

belajar bersama lebih menyenangkan, byebye kantuk.
belajar bersama lebih menyenangkan, byebye kantuk.

Tidak dipungkiri bahwa belajar akan lebih menyenangkan apabila ditemani oleh teman terdekat. Tidak hanya mengubah suasana belajar menjadi lebih berwarna namun juga dapat saling bertukar pikiran saat salah satu dari kalian tidak paham dengan materi. Kalian juga dapat saling membantu dalam memecahkan soal maupun tugas sehingga membuat rasa bosan dan tentu saja cegah kantuk datang.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Siapkan Camilan, Mood Bagus Kantuk Hilang

camilan manis buat kamu good mood

Berikan jeda untuk diri kalian beristirahat, mungkin dengan memberikan reward dengan memakan beberapa camilan ringan seperti permen ataupun snack. Camilan ini membuat kalian tidak merasa bosan di waktu belajar kamu. Bisa juga sebagai pengganti teman pendamping saat merasa kantuk datang, dan usahakan jauhi makan makanan berat saat akan memulai belajar, karena dapat memicu kantuk.

Berikut rekomendasi snack yang cocok untuk menemani waktu belajar kamu:

  • Pocky chocolate stick biscuit
  • Soyjoy Banana Ice cream
  • Chewy mintz rasa mints duo mints

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

4. Suasana Tenang

suasana yang tentram dan nyaman
suasana yang tentram dan nyaman

 Untuk sebagian orang mungkin tidak dapat belajar di tempat yang terlalu ramai, karena suasana yang cukup ramai akan mengganggu proses belajar dan membuat sulit untuk konsentrasi dan fokus ke materi. Suasana yang tenang dan nyaman dapat memengaruhi kinerja otak menjadi lebih tenang dan juga mudah untuk memahami materi yang sedang dibaca. 

Tips jika kamu ingin belajar di tempat yang tenang, yaitu dengan belajar di kamar tidur yang jauh dari keramaian, juga ditemani aromatherapy yang akan membuat kamu menjadi rileks. Namun, jika kamu menyukai sedikit keramaian, kamu bisa mencoba untuk pergi ke cafe dengan nuansa yang lebih tenang dengan alunan instrumen musik ala cafe yang akan membuat kamu lebih fresh.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

5. Sediakan Minuman 

tetap terhidrasi supaya tidak terhindar dari kantuk
tetap terhidrasi supaya tidak terhindar dari kantuk

Saat belajar, seringkali kita lupa akan hal-hal kecil seperti minum air. Justru jika kita terlalu sering duduk untuk belajar akan mengakibatkan dehidrasi dan membuat fungsi otak menurun dan sulit untuk konsentrasi. Tidak hanya itu, kurang minum selain menyebabkan dehidrasi juga dapat menyebabkan timbulnya rasa cepat lelah, sering menguap dan kantuk. Hal sepele tersebut yang menyebabkan rasa kantuk datang saat belajar.

Jika belajar pada saat malam hari, secangkir kopi atau teh dapat disarankan untuk teman belajar kamu. Untuk mencegah kantuk datang, coba untuk minum secangkir kopi karena kandungan kafein pada kopi cukup bisa buat kamu tetap terjaga saat mengerjakan tugas ataupun belajar.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Disini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Penulis: Yusnia Anggrenena

Editor: Dinan Fuzianti