7 Aplikasi Mind Mapping Gratis untuk Tugas Kuliah

Mind mapping atau pemetaan pikiran adalah salah satu metode brainstorming dan penuangan ide-ide kreatif tentang suatu hal. Konsep ini pertama kali dicetuskan oleh seorang ahli bernama Tony Buzzer pada tahun 1974.

Di samping memudahkan seseorang untuk memahami informasi, mind map yang disajikan dalam bentuk grafis dapat meningkatkan kreativitas serta membantu proses berpikir otak secara optimal.

Pada awalnya, masyarakat menyusun mind mapping dengan media kertas dan kombinasi krayon, pensil warna, atau spidol. Namun, seiring berkembangnya teknologi, kini kamu bisa membuat peta konsep yang menarik hanya dengan satu aplikasi.

Nah, berikut adalah 7 rekomendasi aplikasi pembuat mind mapping gratis yang cocok untuk tugas kuliah!

1. Aplikasi Mind Mapping Mindomo

7 Aplikasi Mind Mapping Gratis untuk Tugas Kuliah
Aplikasi pembuat mind map Mindomo (Gambar: Dokumentasi Pribadi)

Rekomendasi pembuat mind mapping yang pertama adalah Mindomo. Aplikasi ini menyediakan beragam template yang dapat kamu akses secara gratis. Secara umum, Mindomo memang terkenal user friendly, terlebih bagi para pengguna smartphone Android.

Nah, untuk menggunakan fasilitas Mindomo, kamu bisa mengunduhnya langsung lewat Playstore atau mengakses secara online melalui situs Mindomo.com.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. MindMeister

7 Aplikasi Mind Mapping Gratis untuk Tugas Kuliah
Aplikasi pembuat mind map MindMeister (Gambar: Dokumentasi Pribadi)

Rekomendasi aplikasi mind mapping selanjutnya adalah MindMeister. Secara grafis, aplikasi ini terkenal cukup mengesankan dan memiliki banyak template untuk berbagai keperluan.

Di samping itu, kamu juga bisa berbagi ide dengan cara menambahkan anggota pada mind map yang telah kamu buat. Setelah itu, mereka bisa memberikan komentar, kritik, dan saran pada pekerjaanmu.

Kemudahan dan fitur-fitur unggulan dalam MindMeister tentu membuat siapa saja tertarik untuk menggunakannya. Tak heran, hingga saat ini, lebih dari 13 juta pengguna telah memanfaatkan MindMeister untuk keperluan pendidikan, kantor, brainstorming, dan pembuatan karya kreatif lainnya.

Adapun untuk cara akses, kamu bisa mengunduh aplikasi MindMeister melalui Playstore atau dengan mengunjungi situs MindMister.com.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Aplikasi Mind Mapping Ayoa

7 Aplikasi Mind Mapping Gratis untuk Tugas Kuliah
Aplikasi pembuat mind map Ayoa (Gambar: Dokumentasi Pribadi)

Ayoa merupakan salah satu pembuat mind mapping bergaya modern yang dilengkapi dengan berbagai desain dan elemen menarik. Dalam aplikasi ini, terdapat beberapa menu yang bisa kamu pilih, yakni mind map, radial view, white board, organic maps, dan masih banyak lagi.

Sebelum menggunakan Ayoa, kamu perlu log in terlebih dahulu menggunakan e-mail pribadi. Setelah itu, lakukan konfirmasi dan masuk melalui situs Ayoa.com. Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, yakni gratis dan berbayar.

Untuk versi gratis, kamu bisa membuat 5 desain board dengan maksimal 500 elemen di setiap board. Selain itu, kamu juga bisa mengakses fitur real time collaboration dan whiteboard. Adapun untuk akses tak terbatas, kamu bisa berlangganan dengan membayar $10 per bulan.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

4. MindMup

7 Aplikasi Mind Mapping Gratis untuk Tugas Kuliah
Aplikasi pembuat mind map MindMup (Gambar: Dokumentasi Pribadi)

MindMup merupakan salah satu aplikasi yang bisa kamu andalkan saat mendapat tugas berupa mind mapping. Selain mudah digunakan, kamu tidak perlu bergabung menjadi member untuk bisa mengakses MindMup.

Tidak hanya itu, ketika aplikasi lain memberi batasan dalam versi gratis, MindMup memberi kebebasan pada penggunanya untuk membuat peta konsep berapa pun banyaknya. Namun, dokumen tersebut memiliki batas kedaluwarsa dan akan hilang setelah 6 bulan.

Adapun untuk cara penggunaan, kamu harus mengunjungi situs MindMup.com lalu pilih menu “Create a Free Map”. Selanjutnya, kamu bisa mulai berkreasi dengan template yang telah tersedia.

5. Aplikasi Mind Mapping Coggle

7 Aplikasi Mind Mapping Gratis untuk Tugas Kuliah
Aplikasi mind mapping Coggle (Gambar: Dokumentasi Pribadi)

Pembuat mind mapping gratis yang kelima yaitu Coggle. Aplikasi ini sangat recommended khususnya bagi para pemula dan penyuka desain minimalis. Melalui platform tersebut, kamu bisa membuat mind mapping dengan konsep flowchart atau diagram alir.

Adapun untuk dapat menggunakan aplikasi Coggle, kamu bisa mengunduhnya melalui Play Store atau mengaksesnya secara online pada situs Coggle.it. Selanjutnya, sign up dengan e-mail pribadi kamu dan nikmati berbagai layanan di dalamnya.

Meski dapat digunakan secara gratis, kamu tetap bisa memanfaatkan berbagai fitur menarik, seperti membuat cabang mind map yang tak terbatas, menyisipkan tautan, memasukkan gambar, dan mengunduh dokumen yang telah kamu buat dalam format TXT, PDF, dan JPEG.

6. SimpleMind

7 Aplikasi Mind Mapping Gratis untuk Tugas Kuliah
Aplikasi mind mapping SimpleMind

Rekomendasi pembuat mind mapping berikutnya yakni aplikasi SimpleMind. Melalui platform ini, kamu bisa membuat peta konsep secara gratis hanya dengan menggunakan smartphone.

Selain mudah diakses, SimpleMind tidak memunculkan iklan meskipun pada versi gratis, sehingga kamu bisa leluasa menuangkan ide-ide kreatif melalui mind map. Untuk dapat menggunakan aplikasi SimpleMind, kamu perlu mengunduhnya lewat Play Store atau mengunjungi situs SimpleMind.eu (khusus layanan berbayar).

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

7. Canva

7 Aplikasi Mind Mapping Gratis untuk Tugas Kuliah
Aplikasi mind mapping Canva (Gambar: Dokumentasi Pribadi)

Aplikasi yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu yang berkecimpung dalam dunia desain. Namun, Canva ternyata tidak hanya berguna untuk membuat poster dan presentasi saja, lo!

Melalui aplikasi ini, kamu bisa membuat mind mapping atau peta konsep menarik dengan berbagai template yang tersedia. Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup ketikkan keyword mind mapping” pada pencarian dan tunggu beberapa saat. Setelah itu, Canva akan memunculkan berbagai template relevan yang bisa kamu desain ulang sesuka hati.

Itulah 7 rekomendasi aplikasi pembuat mind map gratis untuk menyelesaikan tugas kuliah. Nah, selain bersungguh-sungguh dalam belajar di pendidikan formal, yuk, persiapkan diri kamu menghadapi karier masa depan dengan mengikuti E-Learning dan Bootcamp bersama MySkill!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill