Beasiswa Tanoto Foundation: Cek Persyaratannya Dulu, Yuk!

Halo, Sobat MySkill! Sebentar lagi, Sobat akan memasuki masa-masa masuk ke jenjang perkuliahan, nih! Selain sibuk mempelajari materi ujian, kamu mungkin juga mulai kepikiran hal-hal seputar dunia kuliah, seperti mau masuk organisasi apa, gimana rasanya ngatur biaya hidup sehari-hari, sampai membayar uang kuliah. Kalau iya, kamu wajib kenalan sama Beasiswa Tanoto Foundation, nih!

Hah? Apa, tuh, Tanoto Foundation? Sebagai bocoran, beasiswa ini menjadi incaran banyak mahasiswa baru dan menjadi salah satu yang paling populer, lo! Wah, kenapa, ya? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini!

1. Sekilas seputar Beasiswa Tanoto Foundation

Sekilas seputar Beasiswa Tanoto Foundation.
Beasiswa Tanoto Foundation menekankan pada pentingnya kepemimpinan.

Tanoto Foundation adalah sebuah lembaga filantropi independen yang memiliki cita-cita untuk memberikan kesetaraan peluang bagi semua orang lewat pemberian akses pendidikan yang berkualitas. Dalam rangka meraih cita-citanya itu, Tanoto Foundation menyelenggarakan beasiswa yang terkenal dengan sebutan beasiswa TELADAN alias ‘Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan’. Namun, ia lebih sering mendapat sebutan Beasiswa Tanoto Foundation.

Apabila berkesempatan menjadi salah satu penerimanya, Sobat akan mendapatkan pelatihan tentang bagaimana menjadi pemimpin yang baik. Dari situ, kamu akan menjadi harapan perubahan tercapainya tujuan Tanoto Foundation, yaitu pemerataan kesempatan untuk hidup yang lebih baik lagi.

Apakah itu berarti beasiswa ini memiliki ikatan dinas? Jawabannya tidak. Beasiswa ini tidak memiliki ikatan dinas sehingga setelah lulus, kamu tetap mendapatkan kebebasan membawa perubahan di bidang yang kamu sukai.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Benefit Beasiswa yang Didapatkan

Beasiswa Tanoto Foundation: Cek Persyaratannya Dulu, Yuk!
Awardee akan mendapatkan relasi baru dari berbagai perguruan tinggi.

Sebelumnya, sudah dijelaskan bahwa kita akan mendapatkan pelatihan tentang kepemimpinan. Apakah cuma itu? Tentu saja tidak! Daripada jelasin panjang lebar, mending kita lihat daftar benefit-nya di bawah ini!

a. Pengembangan kepemimpinan

Penerima Beasiswa Tanoto Foundation akan mendapatkan pengajaran mengenai kepemimpinan secara terstruktur, baik melalui pemberian ilmu baru maupun pembelajaran berbasis proyek. Dari situ, awardee juga berkesempatan mengabdi di masyarakat.

b. Dukungan Lingkaran Pengembangan Tanoto

Kapan lagi kamu daftar beasiswa, tetapi juga mendapat keluarga? Yap, melalui beasiswa ini, kamu akan berkenalan, membuat proyek, hingga magang bersama awardee-awardee lain, lo! Asyik, ‘kan?

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

c. Dukungan biaya kuliah dan tunjangan hidup

Awardee Beasiswa Tanoto Foundation akan mendapatkan dukungan biaya kuliah secara penuh dari Tanoto dan itu belum termasuk tunjangan hidup selama 8 semester.

d. Sponsorship dan Tanoto Student Research Award

Bagi awardee yang ingin melakukan penelitian, kompetisi, dan kegiatan pengembangan diri lainnya, Sobat dapat mengajukan permintaan dukungan dana kepada Tanoto Foundation.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Persyaratan yang Wajib Kamu Penuhi

Beasiswa Tanoto Foundation: Cek Persyaratannya Dulu, Yuk!
Tanoto Foundation bekerja sama dengan 9 mitra perguruan tinggi.

Sudah merasa tertarik? Tunggu dulu! Kamu masih harus melihat ketentuan-ketentuannya untuk berkesempatan menerima beasiswa TELADAN ini. Salah satunya adalah calon awardee harus berasal dari 9 perguruan mitra Tanoto Foundation. Kesembilan perguruan tinggi itu adalah

  • IPB University;
  • ITB (Institut Teknologi Bandung);
  • UI (Universitas Indonesia);
  • UGM (Universitas Gadjah Mada);
  • UNDIP (Universitas Diponegoro);
  • UB (Universitas Brawijaya);
  • UNAND (Universitas Andalas);
  • USU (Universitas Sumatera Utara); dan
  • UNRI (Universitas Riau).

Jika tidak berasal dari kesembilan perguruan tinggi tersebut, bagaimana? Sayang sekali, kamu masih belum berkesempatan untuk mengikuti seleksi beasiswa TELADAN ini. Namun, bagi yang memenuhi persyaratan tersebut, ada beberapa kriteria tambahan yang perlu kamu perhatikan.

Kriteria tersebut dapat kamu lihat pada website Tanoto Foundation di www.tanotofoundation.org. Inti utama kriteria tambahannya adalah

  • haruslah seorang WNI;
  • merupakan mahasiswa reguler semester pertama di perguruan tinggi mitra;
  • memiliki nilai rapor yang baik semasa kelas 12 SMA/MA/SMK;
  • memiliki pengalaman organisasi, prestasi, atau komunitas sosial; serta
  • tidak sedang berada dalam beasiswa dukungan finansial lainnya.

4. Gambaran Umum Seleksi Beasiswa Tanoto Foundation

Beasiswa Tanoto Foundation: Cek Persyaratannya Dulu, Yuk!
Terdapat sesi wawancara sebagai tahap terakhir seleksi.

Apakah memenuhi kriteria saja sudah cukup untuk menjadi penerima Beasiswa Tanoto Foundation? Eits, masih ada tahap seleksi, ya. Mengacu pada seleksi beasiswa Tanoto Foundation untuk tahun 2022, terdapat 4 tahap seleksi yang terdiri dari 1 seleksi administrasi dan 3 seleksi asesmen daring.

Pada seleksi administrasi, tentu kamu hanya perlu melengkapi segala persyaratan sesuai dengan yang ada pada laman website. Jika sudah menggugah dokumen yang sesuai dan memenuhi syarat, kamu akan berpeluang besar untuk lolos pada tahap ini.

Tahap selanjutnya adalah dua kali tahap asesmen daring nonwawancara. Pada tahap ini, kamu akan melakukan banyak tes, mulai dari tes psikologi, bermain gim yang mengasah pikiran, hingga tes logika. Tes ini bersifat rahasia. Jadi, jika penasaran, yuk, coba sendiri!

Tahap terakhir adalah tahap wawancara. Pada tahap ini, para pewawancara akan mencoba mengulik kepribadian dan pandanganmu terhadap isu-isu dunia dan kepemimpinan. Jadi, selalu coba untuk up-to-date dan lebih mengenal diri sendiri lagi, ya! Selain itu, sikap kamu selama wawancara juga akan mendapat penilaian sehingga alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu etika-etika dalam menghadiri wawancara.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

5. Jadi, Apakah Beasiswa Tanoto Foundation Worth It?

Beasiswa Tanoto Foundation: Cek Persyaratannya Dulu, Yuk!
Beasiswa Tanoto Foundation menawarkan banyak keuntungan.

Dengan sebegitu banyaknya tahapan dan dokumen yang harus disiapkan, apakah Beasiswa Tanoto Foundation worth it? Jawabannya kembali lagi ke kebutuhanmu. Jika kamu mencari tempat untuk mengasah kemampuan soft skill dan menambah relasi, beasiswa ini cocok untukmu.

Di samping itu, jumlah dukungan finansial yang Tanoto Foundation tawarkan juga dapat sangat membantu kamu dalam memperlancar usaha mencari ilmunya. Jadi, tengok kembali apakah usaha yang kamu lakukan akan sebanding dengan peluang berhasil dan benefit yang akan didapatkan.

Gimana, nih? Makin ngiler, gak, liat benefit yang tersedia? Bagi yang berminat mendapatkan Beasiswa Tanoto Foundation, persiapkan diri dari sekarang untuk memasuki salah satu dari 9 perguruan tinggi mitranya, ya! Caranya? Tentu dengan belajar sebaik-baiknya.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Oh ya, kamu juga bisa mengasah skill kepemimpinan untuk persiapan pada jenjang karir setelah lulus kuliah nanti, lo! Jangan lupa untuk belajar melalui kelas kepemimpinan bersertifikat ya! Daripada penasaran, kepoin website-nya sekarang juga, kuy!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan