Simak Biaya Kuliah Fakultas Kedokteran di Universitas Diponegoro!

1 min read

Biaya Kuliah Kedokteran Undip https://fk.undip.ac.id/en/home/

Kamu ada rencana untuk masuk Fakultas Kedokteran? Apakah kamu tertarik untuk masuk ke Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro? Nah, kamu perlu tahu dulu nih tentang biaya kuliah Fakultas Kedokteran di Undip!

Universitas Diponegoro atau Undip berdiri pada 9 januari 1957 dan merupakan salah satu perguruan tinggi terbesar serta bergengsi di Indonesia. Dengan simbol atau maskot Pangeran Diponegoro, kampus ini memiliki 11 fakultas dan 2 sekolah yang berlokasi di kampus utama Tembalang dan Pleburan, Semarang.

Sebelum masuk ke jenjang pendidikan lebih tinggi yakni universitas, kamu harus mempersiapkan banyak hal. Mulai dari dokumen, transkrip nilai, hingga biaya perkuliahan.

Undip memiliki beberapa perbedaan biaya perkuliahan berdasarkan dari jalur masuk. Beberapa jalur masuk di Undip antara lain SNMPTN, SBMPTN, SBUB, Ujian Mandiri, Jalur PSSB, dan PSDKU.

Mari kita simak rinciannya!

1. Uang Kuliah Tunggal (UKT)

Biaya Kuliah Kedokteran Undip https://www.undip.ac.id/
Uang Kuliah Tunggal berbeda-beda tiap golongan maupun program studi

Yang pertama, kamu perlu tahu dulu tentang UKT. UKT adalah Uang Kuliah Tunggal di mana besar biayanya menyesuaikan dengan kemampuan ekonomi atau penghasilan orang tua.

Undip sendiri memiliki 8 golongan UKT di mana setiap golongan memiliki besaran nilai yang berbeda-beda pada tiap jurusan atau program studi. Berikut rinciannya!

Total Golongan : 8

UKT Terendah : 500.000

UKT Tertinggi : 22.000.000

2. Biaya Kuliah Jalur Mandiri

Biaya Kuliah Kedokteran Undip https://www.undip.ac.id/
Jalur Mandiri Undip bagi kamu yang belum lolos jalur lain

Sedangkan jika kamu masuk melalui jalur mandiri di Undip, ada sedikit perbedaan tentang biaya kuliahnya.

Jika masuk lewat jalur mandiri, maka mahasiswa harus membayar UKT golongan tertinggi serta SPI sesuai golongan yang terpilih. SPI adalah Sumbangan Pengembangan Institusi yang harus mahasiswa bayar sekali saat pertama kali masuk perkuliahan saja.

Berikut rinciannya!

Jalur Mandiri

Uang Pangkal : Ada

Biaya Terendah : 12.500.000

Biaya Tertinggi : 250.000.000

Prodi Biaya Terendah : Sejarah

Prodi Biaya Tertinggi : Kedokteran

Khusus mahasiswa yang masuk Fakultas Kedokteran melalui Jalur Mandiri, ada biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang harus kamu bayar, nih. Yuk, simak tabel di bawah!

Biaya Kuliah Kedokteran Undip https://pmb.undip.ac.id/wp-content/uploads/2021/04/2021-Biaya-Studi-S1-dan-Diploma-Rev.pdf
Sumbangan Biaya Institusi terbayarkan satu kali dalam satu waktu masa studi setiap mahasiswa

Baca juga: Kenali Dunia Kedokteran Dengan 4 Film Ini! Mana Favorit Kamu?

3. Biaya Kuliah atau UKT di Fakultas Kedokteran Undip

Biaya Kuliah Kedokteran Undip https://fk.undip.ac.id/en/home/
Fakultas Kedokteran Undip salah satu yang terbaik di Indonesia

Berikut ini adalah beberapa golongan untuk UKT di Fakultas Kedokteran. Meskipun terdiri dari 5 program studi, biaya UKT Fakultas Kedokteran Undip berbeda-beda, loh.

Simak tabel ini untuk tahu rincian lebih lengkapnya!

Biaya Kuliah Kedokteran Undip https://pmb.undip.ac.id/wp-content/uploads/2021/04/2021-Biaya-Studi-S1-dan-Diploma-Rev.pdf
Rincian UKT di Fakultas Kedokteran Undip

Itulah tadi informasi mengenai biaya kuliah khususnya Fakultas Kedokteran di Undip. Bagi kamu yang berminat masuk Fakultas Kedokteran di universitas yang bergengsi di Indonesia ini, wajib sekali untuk belajar dan bertekad dengan sungguh-sungguh!

Sumber-sumber yang tercantum di atas menggunakan referensi dari SK UKT Undip Tahun 2021.

Bagi kamu yang sedang mempersiapkan untuk masuk pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, kamu bisa cek bootcamp MySkill.id mengenai persiapan masuk kampus. Yuk, segera cek!

Editor: Putrika Annaya Salsabila

Baca juga: Calon Mahasiswa? Simak Biaya Kuliah Fakultas Teknik Universitas Diponegoro