5 Tips ini Bantu Kamu Menemukan Judul Skripsi yang Menarik!

1 min read

skripsi https://www.pexels.com/photo/dreamy-ethnic-businessman-thinking-about-project-7129700/

Dalam menulis skripsi, ada banyak tahapan yang harus dilalui. Mulai dari menentukan judul, menyusun proposal, melakukan penelitian, mengerjakan bab demi bab, hingga pada bagian kesimpulan dan saran. Terkadang, mahasiswa sering tersandung bahkan pada bagian paling awal, yaitu menentukan judul. Tahap ini menjadi part penting yang akan menentukan keberlangsungan pengerjaan skripsi ke depannya.

Sekali saja sobat MySkill salah judul, mungkin kamu harus mengulanginya lagi dari awal. Karena sifatnya yang krusial ini, banyak mahasiswa tertekan dan kebingungan untuk menentukan judul skripsinya. Jika kamu masih mengalami ini, yuk simak 5 tips berikut untuk membantu sobat MySkill menemukan judul menarik untuk skripsimu!

1. Cari Topik Skripsi Favorit

skripsi https://www.pexels.com/photo/man-in-beige-blazer-holding-tablet-computer-3184328/
Tentukan minat dan topik favoritmu

Mengerjakan skripsi dengan topik yang disukai bisa sedikit meringankan beban kamu. Coba kamu ingat lagi, selama 6-7 semester kuliah, kelas mana yang paling kamu sukai? Atau dosen mana yang paling membuatmu mudah paham dengan mata kuliahnya? Kamu bisa membuka kembali catatanmu untuk menyegarkan ingatanmu. Sobat MySkill juga bisa menentukan topik berdasarkan dosen yang kamu favoritkan. Misal saja kamu memilih dosen A, biasanya dosen tersebut akan menangani topik-topik tertentu saja, sehingga kita bisa mengambil satu fokus studi tersebut.

Baca juga: Bimbingan Skripsi Kamu Lama? Perhatikan Tips Ini Agar Cepat Selesai!

2. Cari Banyak Referensi

skripsi judul https://www.pexels.com/photo/photo-of-woman-reading-books-3059654/
Cari referensi biar dapat inspirasi

Kamu perlu punya banyak referensi agar mendapat gambaran mengenai judul yang biasanya ada pada skripsi atau jurnal ilmiah. Cobalah untuk mencarinya dari jurnal dan skripsi milik senior terdahulu kita di perpustakaan atau digital library. Siapa tahu, selain mendapatkan informasi yang berguna, sekaligus bisa merasakan vibes seminar yang nantinya juga akan kita lalui.

3. Jangan Terlalu Idealis

laptop https://www.pexels.com/photo/man-person-people-woman-6893944/
Jangan terlalu idealis

Selama mengerjakan skripsi, bersikap idealis bisa jadi hal baik, tetapi juga berpotensi menyulitkan prosesmu. Jika sudah ada di penghujung masa kuliahmu, sebaiknya pilih topik ringan yang sobat MySkill sukai agar pelaksanaan penelitianmu juga tidak menghabiskan banyak waktu. Pada intinya, setiap tulisan pasti ada kekurangannya, tapi kamu harus ingat bahwa skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai.

Baca juga: Ngantuk di Pagi Hari? Simak 5 Cara Ampuh Cegah Kantuk Ala Mahasiswa!

4. Pemilihan Diksi untuk Judul Skripsi

topik https://www.pexels.com/photo/photo-of-man-holding-black-eyeglasses-3760137/

Setelah kamu menentukan topik skripsimu, mulailah menyusun judul dan outline penelitianmu. Dalam membuat judul, kita perlu memilih diksi yang menarik dan sesuai sehingga tidak menimbulkan penafsiran ganda. Selain itu, buatlah judul yang informatif sehingga bisa menjadi gambaran isi skripsimu secara keseluruhan. Judul yang kita pilih juga sebaiknya tidak terlaku panjang dengan format isi maksimal sebanyak 15 kata.

5. Cheating Code

dokumen skripsi https://www.pexels.com/photo/job-applicant-passing-her-documents-3760072/

Ada satu cheating code yang bisa membuat kamu melewati tahapan penentuan judul ini, yaitu dengan mengikuti proyek dosen. Beberapa dosen biasanya membuka proyek penelitian untuk mahasiswa. Dengan mengikuti kegiatan ini, kamu biasanya akan sudah mendapatkan judul, rancangan penelitian, hingga pendanaan untuk pelaksanaan penelitianmu. Meskipun demikian, ingatlah untuk tetap memperhatikan kecocokanmu dengan topik yang ditawarkan dosen agar kamu juga bisa enjoy mengerjakannya.

Baca juga: Mahasiswa Tingkat Akhir Belum Punya Kemampuan Dasar? Pelajari 5 Skill Ini Sebelum Kamu Lulus!

Judul merupakan bagian inti sebuah karya tulis sehingga penentuannya harus diperhatikan dengan baik. Saat penyusunan skripsi, penentuan topik, dan judul merupakan bagian yang dirasa sulit oleh mahasiswa karena menjadi hal pertama yang akan menentukan keberlangsungan pengerjaan skripsi mereka. 5 tips di atas bisa menjadi solusi jika kamu sedang kebingungan menemukan judul skripsi yang menarik. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya seputar dunia kampus hanya di MySkill.id!

Penulis: Salsabila Dwi Andani

Editor: Alifa Justisia