Serba-Serbi Djarum Beasiswa Plus yang Wajib Kamu Ketahui!

Serba-Serbi Djarum Beasiswa Plus yang Wajib Kamu Ketahui!

Kamu pasti pernah mendengar mengenai beasiswa dari Djarum, bukan? Sejak tahun 1984, Djarum Foundation sudah memberikan kontribusi terhadap dunia pendidikan Indonesia melalui program beasiswa prestasi (merit based scholarship) yang biasa dikenal dengan Djarum Beasiswa Plus. 

Program ini diperuntukan untuk para mahasiswa berprestasi di Indonesia. Djarum Foundation menyadari bahwa pendidikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga mereka membuka kesempatan bagi putra-putri bangsa untuk berjuang menjadi individu yang lebih baik. 

Sudah ada lebih dari 11.840 Beswan Djarum (sebutan bagi penerima program Djarum Beasiswa Plus) yang menerima kesempatan ini. Mereka berasal dari berbagai latar belakang pendidikan dengan lebih dari 123 perguruan tinggi di seluruh Indonesia. 

Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak ulasan seputar Djarum Beasiswa Plus berikut ini!

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

1. Program Djarum Beasiswa Plus

Serba-Serbi Djarum Beasiswa Plus yang Wajib Kamu Ketahui!
Beswan Djarum akan mendapatkan pelatihan soft skills yang keren

Selain mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun, Beswan Djarum juga mendapat pelatihan soft skills yang meliputi Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, International Exposure, Community Empowerment, dan Nation Building. 

  1. Character Building memproses para Beswan Djarum untuk menjadi pemimpin Indonesia yang berkarakter luhur dan mandiri. Dalam pelatihannya, peserta akan mendapatkan 6 kualitas dasar yaitu keingintahuan, inisiatif, kegigihan, adaptabilitas, kepemimpinan, kesadaran mengenai isu sosial dan budaya.

2. Leadership Development merupakan serangkaian pelatihan yang melatih para Beswan Djarum menjadi pemimpin yang visioner, komunikatif, dan mampu memotivasi pengikutnya menuju perubahan yang lebih baik. 

3. Competition Challenges merupakan kegiatan kompetisi bagi sesama Beswan Djarum untuk mengasah kemampuan, berani menerima tantangan, dan memiliki jiwa kompetitif yang sehat. Terdapat beberapa kompetisi yang ada di rangkaian kegiatan ini seperti writing competition dan vlog competition.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

4. International Exposure merupakan program dari Djarum dalam memfasilitasi Beswan Djarum dalam kegiatan kompetisi berskala internasional. Program International Exposure ini sudah berjalan sejak tahun 2013. 

5. Community empowerment merupakan program Beswan Djarum dengan melibatkan diri secara langsung dalam memberikan jalan keluar terhadap masalah sosial, ekonomi, atau lingkungan tempat mereka berada. Program ini melatih para Beswan Djarum untuk merumuskan dan melaksanakan solusi berbasis komunitas secara berkelanjutan.

6. Yang terakhir adalah program pembekalan Nation Building. Peserta akan mendapatkan pembekalan mengenai wawasan kebangsaan. Wawasan kebangsaan ini sangat penting untuk membentuk kepercayaan diri dan rasa hormat diri sebagai bagian dari bangsa yang mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia. 

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

2. Persyaratan Djarum Beasiswa Plus

Serba-Serbi Djarum Beasiswa Plus yang Wajib Kamu Ketahui!
Laman persyaratan Djarum Beasiswa Plus yang terbaru

Djarum Beasiswa Plus berlaku untuk mahasiswa yang sedang menempuh program S1/D4 di perguruan tinggi negeri maupun swasta yang bekerjasama dengan Djarum Foundation. Untuk kamu yang berminat mengikuti program Djarum Beasiswa Plus, berikut syarat pendaftaran Djarum Beasiswa Plus:

  1. Sedang menempuh pendidikan S1/D4 di semester IV, dari semua disiplin ilmu
  2. IPK minimum 3.20 pada semester III, serta dapat mempertahankan IPK minimum 3.20 hingga akhir semester IV
  3. Aktif mengikuti kegiatan organisasi di dalam maupun luar kampus
  4. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain

Jika kamu ingin mendaftar Djarum Beasiswa Plus, kamu bisa melihat informasi pendaftarannya di situs resminya www.djarumbeasiswaplus.org. Pendaftaran Beswan Djarum dibuka 1 kali dalam 1 tahun untuk mahasiswa yang tengah menempuh semester IV. 

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Untuk melihat daftar perguruan tinggi mitra Djarum Foundation, kamu bisa melihatnya di https://djarumbeasiswaplus.org/tentang_kami/daftar-perguruan-tinggi-program-djarum-beasiswa-plus.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan