5 Kampus Unggulan di Inggris, Bisa Menjadi Pilihan Studimu

Negara Inggris memiliki sistem pendidikan yang tergolong mumpuni dan berkualitas di dunia. Oleh karena itu, berbagai kampus di Inggris menjadi destinasi favorit bagi mahasiswa internasional untuk melanjutkan pendidikan mereka.

Selain tempatnya yang indah, kampus-kampus di negara dengan sebutan Britania Raya atau United Kingdom ini juga menghasilkan banyak penelitian-penelitian yang diakui oleh dunia. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa banyak mahasiswa internasional yang mengejar gelar sarjana di perguruan tinggi Inggris.

Myskill.id telah merangkum 5 kampus unggulan di Inggris yang dilansir dari Time Higher Education World University Rankings periode tahun 2022 untuk kamu. Yuk, kita simak bersama!

1. University of Oxford

Kampus di Inggris https://www.pexels.com/id-id/foto/5624130/
Oxford University Sebagai Kampus Tertua di Dunia

Selain menjadi salah satu kampus tertua, University of Oxford juga termasuk dalam deretan kampus bergengsi di dunia. Banyak publikasi, penelitian, dan lulusan kompeten maupun terkenal lahir di universitas ini. Beberapa notable alumni dari Oxford antara lain Stephen Hawking, Kate Beckinsale, Dr. Seuss, dan Theresa May.

Selain itu, universitas ini terkenal karena menggabungkan pembelajaran dalam bidang filsafat, ekonomi, dan juga politik.

Oxford bisa menjadi pilihan buatmu yang ingin melanjutkan pendidikan di Inggris. Meskipun saingan untuk masuk kampus ini sangatlah ketat, kamu bisa mempersiapkan diri dari sekarang agar dapat belajar di kampus yang terkenal dengan arsitektur bangunannya ini.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. University of Cambridge

Kampus di Inggris https://www.cam.ac.uk/
Cambridge University Kampus Bergengsi Idaman

Runner-up dalam deretan kampus terbaik di Inggris, University of Cambridge, juga menawarkan berbagai program studi unggulan dan berkualitas. Selain University of Oxford, kampus ini juga menjadi pilihan favorit alternatif mahasiswa internasional di seluruh dunia untuk melanjutkan pendidikan.

Sama seperti Oxford, Cambridge juga menjadi salah satu perguruan tinggi tertua dan paling bergengsi di dunia. Tak heran jika banyak mahasiswa internasional yang berbondong-bondong ingin berkuliah di kampus ini.

Kampus ini juga terkenal dengan sistem belajar-mengajarnya di bidang matematika. Oleh karena itu, University of Cambridge berhasil mencetak lulusan-lulusan ilmuwan berkualitas. Beberapa notable alumni dari universitas ini adalah Alan Turing dan Sir David Attenborough.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Imperial College London

Kampus di Inggris https://www.imperial.ac.uk/
Imperial College London Kampus Mewah di Inggris

Mungkin beberapa dari kalian masih asing dengan kampus ini. Namun, Imperial College London adalah salah satu kampus terbaik di Inggris. Kampus ini konsisten dalam mempertahankan peringkat kualitas pendidikan di bidang sains, teknologi, teknik, kedokteran, dan bisnis.

Kampus ini memiliki lebih dari 16 ribu mahasiswa yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Alumni terkenal dari Imperial College salah satunya adalah Sir Alexander Fleming, seorang biologis dan farmakologis.

4. UCL (University College London)

Kampus di Inggris https://www.ucl.ac.uk/
UCL Sebagai Kampus Toleransi Terbaik

University College London telah menetapkan nama resminya menjadi UCL sejak tahun 2005. Mungkin beberapa dari kalian belum pernah mendengar nama kampus ini. Namun, UCL menjadi kampus peringkat empat terbaik di Inggris.

Kampus ini berdiri sejak tahun 1826 dan menjadi kampus pertama di Inggris yang memperbolehkan seluruh mahasiswanya untuk menuntut ilmu tanpa memandang ras, kelas, dan agama. UCL juga menjadi kampus dengan toleransi kesetaraan gender paling bagus di Inggris.

Setengah dari keseluruhan mahasiswa di UCL berasal dari luar Inggris, seperti dari negara-negara bagian di Benua Eropa dan Benua Asia. Beberapa notable alumni dari UCL antara lain Mahatma Gandhi, Alexander Graham Bell, hingga Chris Martin dan teman-temannya yang tergabung dalam band Coldplay.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

5. London School of Economics and Political Science (LSE)

Kampus di Inggris https://www.lse.ac.uk/
LSE Kampus Unggulan Ekonomi dan Politik

Berkat keunggulan kampus ini dalam pendidikan di bidang hukum, ekonomi, sejarah, filsafat, dan politik, LSE menjadi salah satu kampus terbaik di Inggris.

Kampus ini juga menjadi incaran mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi di Inggris. Sekitar lebih dari 50% mahasiswanya didominasi oleh negara di luar Inggris. Notable Alumni dari kampus ini adalah mantan Perdana Menteri Inggris Clement Richard Attlee.

Itulah lima kampus top di Inggris. Kampus-kampus yang telah disebutkan tadi dapat menjadi referensi buatmu yang ingin mendapatkan gelar sarjana di salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia, yaitu Inggris.

Menjadi sebuah kebanggaan untuk bisa menjadi bagian dari almamater kampus bergengsi di dunia. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan dirimu untuk menjadi salah satu mahasiswa di kampus tersebut, ya!

Mau jadi Akuntan, Pajak atau Auditor? Baca panduan lengkap Akuntansi, Pajak dan Audit di sini

Buat kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk masuk kampus impian di luar negeri dan bingung untuk memulai belajar dari mana, kamu dapat mengunjungi bootcamp Myskill.id. Di sana kamu akan mendapatkan pembelajaran dan informasi-informasi seputar persiapan masuk kampus.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill