Ini Dia 5 Pekerjaan yang Cocok Buat Kamu yang Mahir Menulis!

Dewasa ini, pekerjaan yang memanfaatkan keahlian dalam menulis semakin banyak bermunculan. Hampir semua bidang pekerjaan memerlukan orang yang mahir menulis.

Jika kamu memiliki kemahiran atau ketertarikan dalam hal tulis-menulis, mungkin beberapa pekerjaan berikut ini bisa jadi pertimbangan. Mulai dari content writer hingga UX writer, mari kita lihat pekerjaan apa yang sekiranya akan cocok buat kamu!

1. Content Writer

Ini Dia 5 Pekerjaan yang Cocok Buat Kamu yang Mahir Menulis!
Banyak bidang pekerjaan yang membutuhkan content writer.

Semua bidang pekerjaan, baik di instansi pemerintah, corporate dan startup pasti membutuhkan konten untuk memasarkan produknya. Content writer merupakan jawabannya, sebab ia yang bertanggung jawab membuat konten-konten yang relevan untuk produk tersebut.

Dalam bekerja, seorang content writer menggabungkan keahlian menulis dan analisis pasarnya agar mampu membantu perusahaan menggapai target. Di era digitalisasi ini, seorang content writer biasanya juga memanfaatkan prinsip-prinsip Search Engine Optimization (SEO) agar konten yang dimuat dapat dengan mudah ditemukan di mesin pencarian.

Tahukah kamu, bahwa saat ini kamu juga sedang membaca contoh produk tulisan dari seorang content writer? Lalu, apakah sekarang kamu juga tertarik menjadi seorang content writer?

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Copywriter

Ini Dia 5 Pekerjaan yang Cocok Buat Kamu yang Mahir Menulis!
Seorang copywriter harus memiliki kemampuan menulis dan marketing.

Kamu pasti pernah melihat atau mendengar jargon yang sangat catchy dan membuatmu susah lupa? Kalimat-kalimat seperti “Indomie seleraku” atau “Life is never flat” mungkin sudah melekat dan identik dengan sebuah produk. Membuat jargon seperti itu merupakan tanggung jawab seorang copywriter.

Copywriter bertugas dan bertanggung jawab untuk melakukan riset hingga menulis copy untuk mengiklankan barang atau jasa dari klien. Tulisan yang dibuat oleh copywriter kemudian digunakan untuk iklan. Dengan catatan tulisan yang dibuat harus clear (jelas) dan concise (ringkas).

Setelah melihat sekilas seputar copywriter tadi, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang copywriter?

3. UX Writer

Ini Dia 5 Pekerjaan yang Cocok Buat Kamu yang Mahir Menulis!
UX writer menjadi solusi bagi kamu yang suka menulis dan mengikuti perkembangan teknologi.

Kamu pasti sering membuka website, aplikasi atau bermain game untuk mengisi hari-harimu. Saat kamu membuka salah satunya, pasti kamu akan menemukan tulisan-tulisan yang berupa petunjuk penggunaan. Orang yang bertanggung jawab menulis tulisan tersebut adalah seorang UX writer.

UX merupakan kependekan dari user experience. Seorang UX writer bertugas menulis copy yang berguna untuk memandu dan memudahkan interaksi pengguna dengan produk yang dibuat. Tujuannya agar pengguna merasa nyaman menggunakan produk tersebut.

Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan riset dan menulis yang baik. Lalu, apakah kamu siap untuk menjadi UX writer selanjutnya?

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. Editor

Ini Dia 5 Pekerjaan yang Cocok Buat Kamu yang Mahir Menulis!
Sebelum tebit tulisan membutuhkan peran seorang editor.

Semua jenis tulisan umumnya membutuhkan seorang editor untuk menjaga kualitas tulisan agar tetap baik. Seorang editor bertugas memperbaiki kesalahan berbahasa penulis dari segi ejaan dan tata bahasa, sehingga pembaca dapat membaca tulisan dengan nyaman.

Dalam mengedit tulisan seorang editor membutuhkan pemahaman linguistik dan ketelitian yang baik. Tahukah kamu, tulisan yang saat ini sedang kamu baca juga tidak terlepas dari peran seorang editor. Sobat MySkill, apakah kamu juga tertarik menjadi seorang editor?

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

5. Translator

Ini Dia 5 Pekerjaan yang Cocok Buat Kamu yang Mahir Menulis!
Menguasai bahasa dan menulis menjadi modal awal seorang translator.

Apabila kamu menguasai lebih dari satu bahasa dan kebetulan juga mahir menulis, translator bisa menjadi pilihan pekerjaan. Sama seperti seorang editor, seorang translator wajib teliti dan berorientasi pada detail. Bedanya, seorang translator tidak bertanggung jawab untuk memperbaiki tulisan yang diterjemahkan.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Dari lima bidang tadi, apakah kamu berminat meneruskan karier di bidang kepenulisan? Sambil menimang-nimang, kamu bisa mencoba kelas copywriting dan UX writing di Myskill.id.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill