5 Hal Ini Memberi Dampak Positif untuk Dirimu Semasa Kuliah!

Masa kuliah merupakan masa di mana kamu berkembang serta mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Selain belajar, banyak sekali kegiatan yang dapat kamu ikuti. Tentunya yang akan memberikan dampak positif dan pengalaman berharga.

Di bawah ini, mari kita lihat kegiatan apa saja yang dapat memberikan dampak positif dan pengalaman berharga untukmu. Kegiatan ini bisa kamu lakukan saat kuliah dan berguna untuk mengembangkan potensimu!

1. Mengikuti Organisasi Kampus

Mengikuti organisasi akan menambah pengalaman dan koneksimu. https://www.pexels.com/photo/three-people-sitting-beside-table-416405/
Mengikuti organisasi akan menambah pengalaman dan koneksimu.

Berbagai organisasi tersedia di kampus. Kamu hanya perlu memilih mana yang paling sesuai dengan minat dan bakatmu. Organisasi seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa (Hima), hingga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bisa kamu ikuti.

Apabila kamu suka berkegiatan layaknya kepemimpinan, kamu dapat memilih BEM atau Hima, baik di tingkat universitas maupun prodi. BEM dan Hima akan membekali kamu dengan serangkaian pengalaman yang sifatnya kepemimpinan berdasarkan departemen atau divisi yang menjadi tanggung jawabmu nanti.

Lain halnya, jika kamu ingin fokus meningkatkan minat dan bakat. Maka, tepatnya yang perlu kamu pilih adalah UKM. UKM biasanya ada dari jenjang universitas hingga prodi. Jenis kegiatan minat bakatnya pun beragam. Misalnya, ada UKM sepak bola, bulu tangkis, catur, tari, klub-klub bahasa dan masih banyak lagi tergantung universitas masing-masing.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Mengikuti Lomba Sesuai Minat dan Bakat

5 Hal Ini Memberi Dampak Positif untuk Dirimu Semasa Kuliah!
Mengikuti lomba dapat memberikanmu pengalaman yang berharga.

Berbagai macam lomba dapat kamu ikuti sesuai minat dan bakatmu. Mulai dari lomba olahraga, lomba akademik, dan/atau lomba seni. Mulai dari tingkat daerah sampai dengan internasional, semuanya dapat kamu ikuti. Perlombaan itu pasti akan menjadi pengalaman dan kebanggaan berharga untukmu.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Berpartisipasi dalam Riset Ilmiah

5 Hal Ini Memberi Dampak Positif untuk Dirimu Semasa Kuliah!
Riset ilmiah membuatmu mengetahui rasanya menjadi peneliti yang sesungguhnya.

Dosenmu biasanya akan mengadakan riset ilmiah sebagai bentuk darmanya kepada perguruan tinggi dan ilmu yang mereka miliki. Faktanya, jika dosen kamu mengizinkan, kamu juga bisa berpartisipasi membantu riset yang akan dilakukan. Jika berhasil bergabung tentunya akan menambah pengalamanmu dalam hal riset ilmiah.

Keuntungan lain yang akan kamu dapat, antara lain uang saku serta nama kamu bisa dicantumkan dalam artikel penelitiannya kelak. Hal ini merupakan bentuk apresiasi untukmu, sebab telah berkontribusi dalam menyelesaikan penelitian. Pasti keren banget kan!

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. Mengikuti Student Exchange

5 Hal Ini Memberi Dampak Positif untuk Dirimu Semasa Kuliah!
Student Exchange memberikanmu pengalaman dan etos belajar di luar negeri.

Semasa  kuliah, kamu dapat mengikuti student exchange atau pertukaran pelajar. Dengan student exchange kamu akan mendapatkan pengalaman belajar di kampus lain. Pertukaran pelajar dapat dilakukan di kampus dalam negeri maupun luar negeri.

Sebagai tambahan informasi, saat ini pemerintah memiliki program Indonesian International Student Mobility Award. Program ini memberikan kesempatan untuk kamu yang ingin merasakan belajar di kampus luar negeri secara gratis.

5. Mengambil Upskilling Classes

5 Hal Ini Memberi Dampak Positif untuk Dirimu Semasa Kuliah!
Mengikuti upskilling classes akan menajamkan minat dan bakatmu.

Upskilling classes atau kelas pengembangan diri saat ini sudah banyak tersedia, luring maupun daring. Dengan mengikuti kelas pengembangan diri, minat dan bakatmu akan semakin terasah. Beragam kelas dapat kamu ikuti, mulai dari yang hard skills maupun soft skills.

Nah! Salah satunya, kamu bisa mengikuti kelas-kelas pengembangan diri yang disediakan oleh MySkill.id! Misalnya, kamu bisa mengikuti Kelas Persiapan Karier atau Kelas Membangun Startup di MySkill.id.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Tambahan informasi, kelas-kelas pengembangan diri di Myskill.id ini mudah diakses dan harganya juga terjangkau. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengembangkan potensi bersama MySkill?

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill