7 Prospek Kerja yang Cocok untuk Lulusan Manajemen Pajak!

Jurusan manajemen pajak merupakan jurusan yang dapat dipilih untuk memperdalam tentang ilmu perpajakan, biasanya lulusan ini kedepannya mempunyai tujuan untuk menjadi ahli pajak, maka manajemen pajak lebih mempelajari tentang tata kelola perpajakan. Dengan kata lain, ilmu yang mempelajari penatausahaan serta pelayanan terhadap semua kewajiban dan hak wajib pajak. 

Manajemen pajak akan sangat berguna dalam membantu wajib pajak membayarkan setiap kewajiban pajaknya sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia agar tidak terjadi kurang bayar maupun lebih bayar. Ilmu dalam jurusan manajemen pajak ini cukup berguna dalam penerapannya pada dunia kerja, yuk cari tahu mana saja pekerjaan yang cocok untuk jurusan ini! 

1. Konsultan Pajak

Pekerjaan jasa untuk membantu mengurus pajak
Pekerjaan jasa untuk membantu mengurus pajak

Pekerjaan yang bergerak di bidang jasa untuk konsultasi mengenai pajak. Konsultan pajak biasa ditawarkan kepada wajib pajak pribadi maupun badan yang mengalami kesulitan dalam membayar pembayaran pajak atau bisa juga karena wajib pajak memiliki kesibukan dan tidak mengerti mengenai prosedur tata cara pembayaran pajak. 

Seorang konsultan pajak memiliki kewajiban untuk selalu hadir mendampingi klien dan bertanggung jawab penuh untuk memberikan bantuan seperti, persiapan data, penyampaian restitusi, pemeriksaan hingga proses pengembalian kelebihan pajak selesai.

Mau jadi Akuntan, Pajak atau Auditor? Baca panduan lengkap Akuntansi, Pajak dan Audit di sini

2. Staf Administrasi Pajak

Perhitungan dan pengurusan pajak dilakukan oleh staf pajak
Perhitungan dan pengurusan pajak dilakukan oleh staf pajak

Pekerjaan yang mengurus seluruh hal yang berkaitan dengan administrasi perpajakan mulai dari mempersiapkan dokumen, pengarsipan catatan, pencatatan, perhitungan, pembayaran, pelaporan, dan pengawasan. 

Staf administrasi pajak harus bisa menghitung pembayaran jumlah pajak pada periode tertentu, membayar pajak tepat waktu dan membuat laporan keuangan komersial dan fiskal untuk mencatat transaksi bisnis suatu perusahaan.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

3. Staf Administrasi Keuangan

Pekerjaan mengatur keuangan dan laporan
Pekerjaan mengatur keuangan dan laporan

Jika kamu tidak ingin berkaitan dengan pajak, maka kamu bisa menjadi staf administrasi keuangan. Pekerjaan ini memiliki tugas yang tak kalah penting dari pekerjaan sebelumnya, yaitu menyusun kebijakan anggaran suatu perusahaan. Mulai dari membuat rencana keuangan, mengatur arus uang, membayarkan hutang, dan menyusun anggaran keuangan.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

4. Pegawai Pajak

Pegawai pajak bisa menjadi PNS
Pegawai pajak bisa menjadi PNS

Pekerjaan yang dapat kamu lakukan sebagai pegawai di kantor pelayanan pajak. Kantor pelayanan pajak membagi pegawai pajak menjadi 9 seksi yaitu, Subbagian Umum, Seksi Tata Usaha Perpajakan, Seksi Pengolahan Data dan Informasi, Seksi Pajak Penghasilan Orang Pribadi, Seksi Pajak Penghasilan Badan, Seksi Pemotongan dan Pemungutan Pajak Penghasilan, Seksi Pajak Pertambahan Nilai, dan Seksi Penagihan.

5. Lembaga Keuangan dan Perbankan

Rekening bank juga bisa dikenakan pajak
Rekening bank juga bisa dikenakan pajak

Lembaga keuangan dan perbankan juga tentunya memerlukan seseorang yang dapat mengerti dan paham di bidang manajemen pajak, karena pajak yang dibayarkan oleh bank kepada pemerintah tidak terlalu tinggi tanpa harus melanggar undang-undang perpajakan.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

6. Kantor Audit Publik (KAP)

Kantor Audit juga menawarkan jasa perpajakan
Kantor Audit juga menawarkan jasa perpajakan

KAP juga menerima lulusan manajemen pajak untuk bekerja, selain membantu untuk memeriksa laporan keuangan dan melakukan konsultasi terkait dengan keuangan, perhitungan dan pelaporan menjadi kebutuhan untuk pembayaran pajak. 

7. Wirausahawan

Bisnis usaha sendiri juga dapat dikenakan pajak
Bisnis usaha sendiri juga dapat dikenakan pajak

Jika kamu tidak berniat untuk bekerja di perusahaan atau instansi pemerintah, kamu dapat menjadi seorang wirausahawan dengan membuka suatu usaha. Selain dari penerapan ilmu selama berkuliah, kamu juga memiliki relasi pertemanan untuk mengembangkan bisnis usaha. 

Nah, itu dia 7 prospek kerja yang cocok untuk lulusan manajemen pajak. Bidang pekerjaan mana yang kamu minati? tulis di kolom komentar  ya!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill