Desainer Grafis Wajib Memiliki 10 Skill Ini Agar Sukses!

Tahukah kamu? Ternyata ada beberapa jenis pekerjaan yang sangat dibutuhkan di dunia kerja seiring berkembangnya industri media digital, lo! Salah satu contohnya adalah desainer grafis. Jika kamu adalah orang yang menyukai seni dan komunikasi dalam bentuk visual, profesi ini adalah pilihan yang tepat.  

Desainer grafis adalah seseorang yang melakukan kegiatan kreatif untuk menciptakan karya yang fungsional dan estetik untuk berbagai jenis media yang proses komunikasinya tidak hanya mengandalkan tulisan, tetapi juga unsur visual.

Seperti profesi lainnya, profesi ini juga memerlukan berbagai macam skill wajib agar menjadi desainer grafis yang baik. Nah, MySkill sudah membuat daftar skill yang harus dimiliki seorang desainer grafis. Simak selengkapnya, ya!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Prinsip Desain

Desainer Grafis Wajib Memiliki 10 Skill Ini Agar Sukses!
Prinsip desain menjadi hal yang mesti dikuasai setiap desainer

Sebagai suatu hukum kombinasi, prinsip desain mengatur penyusunan unsur–unsur desain dan memasukan atau mengombinasikannya untuk menghasilkan suatu efek tertentu. Menurut Shillington Education, ada lima kemampuan yang harus ada pada semua desainer, termasuk desainer grafis. Lima prinsip desain itu adalah hierarchy, contrast, repetition, alignment, dan balance.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

2. Tipografi

Desainer Grafis Wajib Memiliki 10 Skill Ini Agar Sukses!
Tipografi juga memengaruhi audiens

Unsur yang satu ini juga menjadi unsur yang penting dalam desain grafis. Pemilihan gaya tulisan dapat memengaruhi suatu karya visual. Desainer grafis yang baik harus memilih gaya tulisan yang memudahkan audiens dalam membacanya, menciptakan hierarki, menjadi sarana branding, dan sesuai dengan prinsip-prinsip desain.

3. Tools Desain

Desainer Grafis Wajib Memiliki 10 Skill Ini Agar Sukses!
Desainer grafis harus menguasai aplikasi pembuat desain grafis

Sebagai seseorang yang bekerja dalam bidang desain digital, menguasai tool/software desain menjadi begitu esensial. Contohnya: Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, GIMP, dan Vectr.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

4. Ideation

Desainer Grafis Wajib Memiliki 10 Skill Ini Agar Sukses!
Ideation merupakan salah satu hal penting bagi desainer

Ini merupakan proses untuk menghasilkan, mengembangkan, dan mengomunikasikan ide-ide baru. Orang yang menggeluti profesi ini harus bisa menginterpretasikan ide-idenya menjadi sebuah tampilan visual yang enak untuk dilihat.

5. Prinsip Desain UX

Desainer Grafis Wajib Memiliki 10 Skill Ini Agar Sukses!
UX desainer harus bisa memberikan pengalaman baik bagi pengguna

Sesuai dengan namanya, desain UX (user experience), maka seorang desainer wajib untuk memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna. Walaupun kebanyakan fokus utama profesi ini adalah membuat iklan di sosial media dan bukan mendesain sebuah web/aplikasi, tetapi juga tetap mempunyai kewajiban untuk memberikan user experience yang baik.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

6. Kreativitas

Desainer Grafis Wajib Memiliki 10 Skill Ini Agar Sukses!
Kreativitas perlu ditumbuhkan seorang desainer

Pekerjaan ini menuntut memiliki daya kreativitas yang tinggi. Kreativitas dapat membuat seorang desainer grafis membuat karya visual yang menarik. Bentuk kreativitas kamu ini bisa menjadi keunikan karya desain grafismu, lo!

7. Komunikasi

Desainer Grafis Wajib Memiliki 10 Skill Ini Agar Sukses!
Komunikasi interpersonal penting bagi setiap pekerjaan

Skill ini merupakan salah satu skill utama seorang desainer grafis. Kemampuannya untuk menyampaikan pesan dalam sebuah karya visual dapat menentukan seseorang adalah desainer grafis yang baik atau bukan. Kemampuan ini juga penting pada saat presentasi ide kepada klien atau atasan.

8. Pendengar yang Baik

Desainer Grafis Wajib Memiliki 10 Skill Ini Agar Sukses!
Komunikasi bukan hanya menyampaikan, tetapi juga menerima pesan melalui pendengaran

Profesi ini memungkinkan seseorang untuk bertemu dengan banyak orang. Bertemu dengan berbagai macam orang dengan karakter yang tentu saja berbeda-beda. Kamu harus mampu menjadi pendengar yang baik saat bertemu dengan klien dan saat klien memberikan ide atau kritik. Dengan demikian, kamu dapat menyamakan persepsimu dengan klien.

9. Problem Solving

Desainer Grafis Wajib Memiliki 10 Skill Ini Agar Sukses!
Setiap pekerjaan memiliki masalah, maka setiap orang perlu punya kemampuan ini

Pekerjaan ini menuntut untuk memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan baik. Misalnya, ketika klien selalu meminta revisi desain maka desainer grafis perlu memecahkan masalah agar karya visualnya memuaskan klien dan tidak mendapat revisi lagi. Oleh karena itu, kemampuan problem solving sangat diperlukan untuk membantu kamu untuk menyelesaikan persoalan yang kamu temui.

10. Manajemen Waktu

Desainer Grafis Wajib Memiliki 10 Skill Ini Agar Sukses!
Perlu manajemen waktu yang baik agar pekerjaan selesai dengan baik

Dengan jam kerja yang sangat fleksibel memungkinkan seorang desainer grafis untuk mengambil beberapa pekerjaan dalam waktu yang bersamaan. Memiliki manajemen waktu yang baik dapat membantu kamu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan efektif dan efisien.

Itu adalah 10 skill wajib desainer grafis yang telah dirangkum oleh MySkill. Profesi desainer grafis merupakan salah satu profesi yang digandrungi saat ini. Jika kamu ingin menjadi desainer grafis tentu saja perlu belajar dulu, bukan? Nah, MySkill punya jawabannya untuk kamu yang ingin belajar desain grafis. Ada kelas Fondasi Dasar Desain Grafis yang bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau, lo! Jadi, tunggu apa lagi?

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill