5 Sifat Wajib Seorang Pemimpin! Kamu Punya Salah Satunya?

Seorang pemimpin yang hebat dan terkenal menunjukkan kualias kepemimpinan yang baik. Lantas, apa saja kira-kira kriteria yang menyatakan bahwa seorang pemimpin itu baik? Setidaknya, untuk menunjukkan apakah kepemimpinan seseorang itu baik atau tidak dapat dinilai dari terpenuhi atau tidaknya lima sifat wajib seorang pemimpin.

Lima sifat wajib seorang pemimpin ini harus tercermin baik dalam kehidupan pribadi maupun profesionalnya. Kelima sifat ini akan memberikan makna bagaimana seorang pemimpin selayaknya bertindak atau mengambil langkah.

Selanjutnya, apa saja kelima sifat wajib seorang pemimpin itu? Mari simak berikut ini!

1. Peka Terhadap Perkembangan

5 Sifat Wajib Seorang Pemimpin! Kamu Punya Salah Satunya?
Pemimpin selalu berorientasi pada pengembangan diri dan lingkungan sekitar.

Seorang pemimpin yang hebat akan memiliki fokus pada pengembangan diri dan lingkungan sekitarnya. Pemimpin yang baik akan berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik dan memerhatikan kesejahteraan lingkungan sekitar. Mereka memiliki kemampuan untuk beradaptasi, tahan akan tekanan, dan menerima masukan dari orang lain. Mereka juga adalah seorang pendegar yang baik dan terbuka atas perubahan.

Sifat yang seperti ini sebenarnya dapat kamu latih dalam kehidupan sehari-hari, lo! Misalnya, cobalah untuk melihat kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki, lalu tingkatkan kelebihan yang kamu miliki dan kurangi yang salah. Dengan ini kamu akan belajar dan mengerti bagaimana cara mengembangkan diri.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Ringan Tangan Dalam Hal Menolong Orang Lain

5 Sifat Wajib Seorang Pemimpin! Kamu Punya Salah Satunya?
Pemimpin akan selalu siap dalam hal menolong orang lain.

Sebagai seorang pemimpin, kamu harus bisa membantu dan menolong orang lain. Seorang pemimpin tidak boleh pelit ilmu, Sejatinya harus mau membantu, memberikan sesuatu, atau mengajarkan hal-hal penting demi terwujudnya lingkungan sekitar yang lebih sejahtera.

Hal-hal kecil seperti membantu teman yang sedang berada dalam kesulitan dapat kamu jadikan latihan untuk menanamkan sifat baik ini. Latihlah kepekaanmu dalam mengayomi teman dan lingkungan sekitar.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Berpikir Strategis dan Inovatif

5 Sifat Wajib Seorang Pemimpin! Kamu Punya Salah Satunya?
Pemimpin dituntut untuk memiliki pemikiran yang strategis dan inovatif.

Sebagai seorang pemimpin, kamu harus berpikir ke depan. Seorang pemimpin akan dituntutan untuk bisa berpikir kritis, aktif, dan inovatif terlebih dalam situasi sempit dan genting sekalipun. Memikirkan berbagai faktor baik internal maupun eksternal tidak boleh luput dalam hal mengambil keputusan. Segala risiko yang akan terjadi harus menjadi pertimbangan. Latihlah sifat ini dengan terus meningkatkan kreativitas, lalu uji segala ide tersebut dengan pemikiran yang objektif.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. Memiliki Etika dan Pemikiran Beradab

5 Sifat Wajib Seorang Pemimpin! Kamu Punya Salah Satunya?
Pemimpin perlu etika dan wawasan yang luas.

Pemimpin yang hebat akan menimbang konsekuensi dari segala keputusan yang telah diambil. Setiap keputusan tidak boleh hanya menguntungkan beberapa pihak atau bahkan hanya menguntungkan dirinya sendiri. Oleh karena itu, pemimpin harus memikirkannya secara objektif dan tidak boleh subjektif.

Selain itu, pemimpin juga harus bisa mempertanggungjawabkan segala konsekuensi dari keputusannya. Jangan pernah berani untuk lari dari tanggung jawab. Karena hall itu melanggar etika seorang pemimpin. Gunakan kekuatan dan otoritasmu sesuai dengan apa yang telah diamanahkan.

5. Melatih Komunikasi dengan Baik

5 Sifat Wajib Seorang Pemimpin! Kamu Punya Salah Satunya?
Seorang pemimpin akan selalu membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik.

Setiap pemimpin harus bisa berkomunikasi dengan jelas dan baik kepada setiap konstituen yang ia layani. Kamu dapat memanfaatkan berbagai macam komunikasi dan bahasa untuk mempermudah komunikasi.

Dalam meningkatkan kemampuan ini, kamu membutuhkan interaksi dengan banyak orang. Kamu dapat mencari dan membaca sifat dan perilaku orang lain untuk kamu sesuaikan bagaimana teknik komunikasi yang terbaik bagi masing-masing individu.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

Nah, itu tadi lima sifat wajib seorang pemimpin yang baik! Apakah kamu siap menjadi seorang pemimpin yang hebat?

Sebagai tambahan, sebenarnya tidak hanya sifat-sifat di atas yang dapat kamu latih dan miliki. Kamu juga dapat mempelajari sifat-sifat lainnya melalui rangkaian kelas persiapan karier di MySkil.id dan wujudkan jiwa kepemimpinanmu bersama MySkill!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill