7 Rekomendasi Jurnal Internasional yang Gratis dan Tepercaya

Dalam pembuatan karya tulis ilmiah, mahasiswa perlu menggunakan berbagai sumber yang tepercaya, salah satunya dengan merujuk pendapat ahli yang terdapat dalam jurnal internasional.

Beruntung, saat ini telah banyak website yang menyediakan referensi berkualitas dan mudah untuk diakses. Namun, terkadang beberapa situs mengharuskan kamu untuk membayar terlebih dahulu sebelum membuka jurnal di dalamnya.

Nah, agar kamu bisa menemukan situs yang open access dan terhindar dari website yang tidak kredibel, yuk, simak 7 rekomendasi situs jurnal internasional yang gratis dan tepercaya berikut ini!

1. Situs Jurnal Internasional JSTOR

7 Rekomendasi Jurnal Internasional yang Gratis dan Tepercaya
Journal Storage (JSTOR) (Gambar: Dokumentasi Pribadi)

Situs jurnal internasional yang pertama adalah Journal Storage (JSTOR) yang didirikan pada tahun 1995 oleh William G. Bowen, seorang pimpinan Princeton University, New Jersey.

Platform ini merupakan perpustakaan digital yang menyediakan lebih dari 12 juta artikel jurnal, buku, gambar, dan berbagai primary source dalam 75 disiplin ilmu.

Adapun untuk mengakses jurnal atau buku dari situs ini, kamu hanya perlu mengunjungi situs JSTOR dan masukkan tema referensi yang sedang kamu cari. Sebagai contoh, kamu bisa menuliskan kata health untuk menemukan jurnal kesehatan atau kata art untuk jurnal kesenian.

Selain itu, terdapat metode pencarian lain yang bisa kamu terapkan, yakni dengan masuk pada menu “Search” di pojok kanan atas. Selanjutnya, terdapat beberapa data yang harus kamu isi untuk memudahkan pencarian. Adapun data-data tersebut meliputi:

  • Keyword yang relevan dengan tema jurnal yang sedang kamu cari.
  • Tipe referensi (artikel, buku, research reports, atau lainnya).
  • Bahasa.
  • Publication date.
  • Judul buku atau jurnal.
  • ISBN.
  • Journal filter (ceklis tema-tema jurnal yang kamu pilih).

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. ProQuest

7 Rekomendasi Jurnal Internasional yang Gratis dan Tepercaya
Jurnal Internasional ProQuest (Gambar: Dokumentasi Pribadi)

Rekomendasi situs jurnal internasional berikutnya adalah ProQuest. Sebuah platform digital yang berpusat di Ann Arbor, USA dan berdiri pada tahun 1938 oleh Andy Snyder serta beberapa rekan kerjanya.

Melalui situs ProQuest, kamu bisa mengakses berbagai jenis referensi, seperti jurnal internasional, buku, audio & video, tesis, disertasi, ensiklopedia, majalah, dan masih banyak lagi.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Situs Jurnal Internasional IJER

7 Rekomendasi Jurnal Internasional yang Gratis dan Tepercaya
International Journal of Education and Research (IJER) (Gambar: Dokumentasi Pribadi)

International Journal of Education and Research (IJER) merupakan salah satu website penyedia jurnal internasional yang didirikan oleh Contemporary Research Center (CRC Publications) pada tahun 1977.

Melalui situs ini, kamu bisa mengakses berbagai jurnal dari 3 bidang penelitian, yakni:

  • Social Science and Humanities (Ilmu Sosial dan Humaniora), meliputi Sosiologi, Kesejahteraan Sosial, Antropologi, Studi Keagamaan, Seni Visual, Politik, Aspek Pembangunan Budaya, Manajemen Pariwisata, Administrasi Publik, Psikologi, Filsafat, Ilmu Politik, Sejarah, Pendidikan, dan masih banyak lagi.
  • Science and Engineering (Sains dan Teknik), meliputi Technology and Innovation, Environmental Studies, Climate Change, Agricultural, Rural Development, Urban Studies, dan lain-lain.
  • Business and Economics (Bisnis dan Ekonomi), meliputi Business and Marketing, Economics, Financial Development, Accounting, Banking, Management, Human Resources, dan lain sebagainya.

4. Oxford Academic: Journal

7 Rekomendasi Jurnal Internasional yang Gratis dan Tepercaya
Oxford Academic Journal (Gambar: Dokumentasi Pribadi)

Salah satu situs yang memiliki open access terhadap koleksi jurnal internasional ialah Oxford Academic. Melalui website tersebut, kamu bisa mencari beragam referensi mulai dari seni, hukum, kesehatan, sains, matematika, ilmu sosial, dan lain-lain.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

5. Cambridge Core

7 Rekomendasi Jurnal Internasional yang Gratis dan Tepercaya
Situs Cambridge Core (Gambar: Dokumentasi Pribadi)

Di samping Oxford University, kampus yang menduduki ranking 8 Best Global Universities ini juga memiliki koleksi jurnal internasional yang rutin diterbitkan dalam website Cambridge Core.

Melalui situs tersebut, kamu bisa mengakses berbagai jenis referensi, mulai dari film, musik, bahasa dan linguistik, drama, teater, pengetahuan umum, astronomi, hukum, pendidikan, ekonomi, serta masih banyak lagi.

6. Situs Jurnal Internasional IOSR

7 Rekomendasi Jurnal Internasional yang Gratis dan Tepercaya
IOSR (International Scientific Research Organization) (Gambar: Dokumentasi Pribadi)

International Scientific Research Organization (IOSR) merupakan situs penyedia jurnal internasional yang bisa kamu akses dengan mudah dan tanpa biaya. Pada website ini, kamu bisa menemukan beragam referensi yang bersumber dari 26.000 penulis yang memiliki latar belakang budaya dan negara yang berbeda.

7. EBSCO Journal

7 Rekomendasi Jurnal Internasional yang Gratis dan Tepercaya
Elton B Stephens Company (EBSCO) Journal (Gambar: Dokumentasi Pribadi)

Situs berikutnya yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari jurnal internasional ialah Elton B Stephens Company (EBSCO). Website yang berdiri pada tahun 1944 ini menyediakan berbagai referensi mulai dari kesehatan, ekonomi, politik, militer, dan masih banyak lagi.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Itulah 7 rekomendasi situs pencari jurnal internasional yang gratis dan tepercaya. Nah, selain menyelesaikan tugas-tugas dari dosen, yuk, persiapkan juga karier kamu pascakuliah dengan mengikuti E-Learning dan Bootcamp dari MySkill!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill