3 Tips Menulis Surat Rekomendasi Bahasa Inggris, Wajib Tahu

Banyak dari kita yang membutuhkan surat rekomendasi, baik itu untuk kepentingan melamar organisasi, beasiswa, hingga pekerjaan. Surat rekomendasi merupakan surat referensi untuk merekomendasi seseorang. Biasanya seorang pimpinan yang membuatnya, sebagai bukti atas kerja keras dan kinerja yang telah kamu lakukan.

Menulis surat rekomendasi memang susah-susah gampang dari yang versi Bahasa Indonesia. Terutama, kamu perlu memperhatikan grammar atau tata bahasanya. Oh, iya, ketika menulis surat ini dalam Bahasa Inggris, jangan lupa untuk menggunakan bahasa yang formal, ya!

Nah, untuk kamu yang ingin atau sedang menulis surat rekomendasi untuk seseorang dalam Bahasa Inggris, kali ini MySkill.id telah merangkum tipsnya hanya untuk kamu, nih. Yuk, simak artikel berikut ini!

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

1. Tulis Semua Secara Detail dalam Surat Rekomendasi

Harus lebih teliti agar semua tertulis mendetail, ya!

Gunakan bahasa yang sebaiknya tidak bertele-tele. Singkat, padat, dan jelas, itulah idealnya surat rekomendasi. Tujuannya agar pembaca mengerti apa yang kamu tulis. 

Kamu bisa menulis secara detail, namun singkat tentang pekerjaan yang dilakukan oleh mantan anggota tim kamu. Mulai dari periode kerja, apa yang sudah kamu lakukan, kemampuan dan keahlian yang kamu miliki, hingga prestasi yang mereka raih. Kamu juga bisa menanyakan hal penting apa saja yang harus ada dalam surat rekomendasi.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

2. Gunakanlah Format Yang Benar dan Sesuai

surat rekomendasi
Perhatikan format yang sesuai standar

Hal kedua yang perlu kamu perhatikan, yaitu gunakan format yang benar. Jika ingin membuat surat rekomendasi, baik itu dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris, pastikan formatnya sudah benar, ya.

Misal, di bagian pembuka, pastikan kamu sudah menulis informasi penting, seperti kontak perusahaan, tanggal, serta nama HRD perusahaan yang ingin kamu tuju. Di bagian isi surat, kamu dapat menjelaskan hal secara detail, namun singkat terkait hal-hal yang sudah mantan anggota tim kamu lakukan. Kamu bisa highlight hal-hal yang menonjol dari dirinya. Misal, kemampuan dan keahlian khusus yang dimilikinya.

Terakhir, bagian penutup, yakinkan pihak yang kamu tuju bahwa orang yang kamu rekomendasikan adalah orang yang benar-benar qualified. Jangan lupa untuk ucapkan terima kasih atas waktunya, ya.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

3. Fokus dengan Grammar

surat rekomendasi

Last but not least, hal ini sangatlah penting ketika kamu menulis sesuatu yang formal dalam Bahasa Inggris. Tak terkecuali, surat rekomendasi ini. Yap, grammar atau tata bahasanya. Selain itu, tentunya kamu harus fokus juga dengan hal-hal seperti, tenses, vocabulary, tone, serta punctuation. 

Hal tersebut memang terlihat sepele. Namun, jika kamu salah dalam penulisannya, maka akan berakibat fatal, lho. Jadi, kamu harus pastikan semua kalimatnya sudah benar. Jika kamu mengalami kesulitan dalam penulisannya, kamu bisa menggunakan Grammarly untuk memudahkanmu dalam pengecekan grammar. 

Nah, bagaimana? Sudah tidak kebingungan lagi, ‘kan? Sekarang kamu dapat mengikuti tips tadi untuk menulis surat rekomendasi dalam Bahasa Inggris yang baik dan benar. Selamat mencoba!

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Disini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Nining Sakinah

Tinggalkan Balasan