8 Bocoran Pertanyaan Interview ini Bantu Hadapi Jebakan HRD

Hari interview bukan hanya mengantarmu berhadapan dengan para recruiter, melainkan juga sederet pertanyaan pamungkas yang telah menanti. Jika ini adalah wawancara kerja pertamamu, MySkill.id tak akan membiarkannya berlalu tanpa persiapan yang matang! Inilah dia delapan referensi pertanyaan interview agar kamu bisa berlatih mempersiapkan diri sebelum hari pertarungan tiba. Jangan sampai terlewat, jangan sampai kakimu melangkah tanpa bekal yang cukup! 

1. Profil Diri dan Latar Belakang Milikmu sebagai Pembuka Pertanyaan Interview

8 Bocoran Pertanyaan Interview ini Bantu Hadapi Jebakan HRD
Menjelaskan profil diri dengan singkat, padat, dan jelas

Sesi interview kerja biasanya akan mulai dengan pertanyaan mengenai profil singkat juga latar belakang yang kamu miliki. Tidak perlu jauh merunutnya ke belakang, cukup pakai trik past, present, dan future dalam menjelaskan siapa sih sebenarnya kamu. Trik ini akan sangat membantu dan membuat jawabanmu lebih tertata, loh. Ingat untuk tidak terlampau berlebihan apalagi sampai menjabarkan hal-hal yang tidak relevan.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Research Dahulu Soal Perusahaan, Siapa Tahu Ini Masuk dalam Daftar Pertanyaan Interview!

8 Bocoran Pertanyaan Interview ini Bantu Hadapi Jebakan HRD
Persiapkan diri bila ditanya soal perusahaan tempatmu melamar kerja

Beberapa interviewer juga seringkali mempertanyakan sejauh mana pengetahuanmu tentang perusahan milik mereka. Untuk itu, ada baiknya kamu melakukan research terlebih dahulu. Selain akan mempermudah saat menjawab pertanyaan tersebut, kamu jadi punya gambaran soal bagaimana budaya kerja di sana. 

3. Pertanyaan Seputar Motivasi Kerja saat Interview juga Acap Kali Muncul, Nih

8 Bocoran Pertanyaan Interview ini Bantu Hadapi Jebakan HRD
Motivasi itu penting, setidaknya bagi dirimu

Sebelum memutuskan untuk bergabung dalam sebuah company, tentu kamu harus bersandar pada sebuah motivasi juga tujuan. Ini pulalah yang menjadi harapan para recruiter. Mereka ingin mengetahui, alasan semacam apa yang pada akhirnya mengantarkanmu pada perusahaan tersebut. Jangan sampai terlewat memikirkannya!

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

4. “Bisa jelaskan kelebihan serta kekurangan Anda?” Ada dalam List Pertanyaan Interview yang Perlu Kamu Persiapkan

8 Bocoran Pertanyaan Interview ini Bantu Hadapi Jebakan HRD
Buatlah journal list dalam menemukan strength dan weakness dalam dirimu

Pertanyaan tersebut termasuk dalam daftar pertanyaan yang tidak akan tertinggal saat interview berlangsung! Tujuan dari recruiter menanyakan hal ini adalah untuk menilai sejauh mana kamu mengenal dirimu dengan baik dan mampu menemukan solusi-solusi terkait kendala yang kamu miliki. Saat mengungkapkan kekurangan, jangan lupa sertakan bagaimana nantinya langkahmu ke depan untuk menghadapinya ya!

5. Menjawab Rasa Penasaran Recruiter soal Alasanmu Apply di Posisi Tersebut

8 Bocoran Pertanyaan Interview ini Bantu Hadapi Jebakan HRD
Sertakan alasan dengan percaya diri saat menjawab ini

Lowongan kerja yang tersedia tentu membuka beberapa posisi yang akhirnya menjadi salah satu pilihanmu. Bersiaplah memikirkan jawaban bila kelak recruiter menanyai soal mengapa kamu lebih memilih posisi tersebut ketimbang yang lain. Untuk menjawab hal ini, kamu dapat menyatakan ketertarikanmu dengan bidang tersebut serta menjabarkan beberapa jobdesc-nya yang sesuai dengan keahlianmu.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

6. Punya Visi dan Misi dalam Kurun Waktu Tertentu? Jawab saja!

8 Bocoran Pertanyaan Interview ini Bantu Hadapi Jebakan HRD
Kontribusi apa yang bisa kamu berikan pada company di masa depan

Pada proses wawancara kerja, recruiter kerap kali akan menghidupkan sebuah penggambaran di masa depan. Mereka akan mulai melontarkan pertanyaan terkait visi dan misimu, baik jangka pendek maupun panjang yang memiliki impact menjanjikan bagi perusahaan. Persiapkan jawaban ini dengan maksimal, dan buat mereka terkesan! Namun, jangan hanya mengumbar janji palsu ya! Usahakan untuk bisa mencapainya.

7. Bagaimana Kamu Menangani sebuah Kendala juga Menjadi Penilaian dalam Sesi Wawancara Ini

8 Bocoran Pertanyaan Interview ini Bantu Hadapi Jebakan HRD
Berhadapan dengan situasi yang sulit tentu akan memaksamu mencari jalan keluar terbaik

Pada beberapa kesempatan, para recruiter juga ingin mengetahui bagaimana kamu mampu berpikir jernih dalam menghadapi suatu kondisi yang sulit. Di sinilah cara pandang dan kemampuanmu menghadapi permasalahan diuji. Mereka tentu akan mencari pekerja yang mampu terus berjalan walau ada atau tidaknya pressure. Kamu harus tenang dalam menjawab pertanyaan ini untuk meyakinkan perusahaan, ya. 

8. Sudah Punya Jawaban bila Ditanya Seputar Gaji oleh Recruiter?

8 Bocoran Pertanyaan Interview ini Bantu Hadapi Jebakan HRD
Berapa kisaran gaji yang kamu harapkan?

Di sela-sela perbincangan, pertanyaan soal besaran gaji yang kamu harapkan seringkali muncul. Pastikan kamu sudah memikirkan hal ini ya. Lakukanlah research terlebih dahulu tentang kisaran gaji untuk posisi yang kamu apply. Jangan sampai kamu hanya mengangguk-angguk saja saat mereka menawarkan sejumlah angka. Ingat, keuntungan harus ada di kedua belah pihak!

Sudah bisa membayangkan jalannya proses interview kerja setelah mengetahui daftar pertanyaan di atas? Bila merasa belum puas, kamu dapat mengulik lebih jauh tentang pertanyaan tersebut agar semakin matang dalam persiapan! Practice make perfect, jadi jangan sepelekan hal ini saat kamu akan menghadapi moment yang besar.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Supaya semakin ahli dalam persiapan interview kerja, kamu dapat menjelajahi laman MySkill.id dan bergabung dalam kategori persiapan karir pada online class milik kami. Tunggu apalagi, reach your dream work with MySkill.id.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill