Kenali Interview User dan Ketahui Tips Menghadapinya!

Apakah saat ini kamu sedang melakukan persiapan dalam menghadapi interview user? Namun, kamu masih bingung apa saja yang perlu dipersiapkan? Jika benar demikian maka kamu berada pada artikel yang tepat!

Interview user memang kerap menjadi hal yang menakutkan bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan. Ini karena pelamar akan berinteraksi secara langsung dengan calon atasan di tempat kerja yang baru sehingga tidak heran jika banyak dari mereka yang gugup.

Oleh sebab itu, MySkill akan mengupas tuntas topik ini, mulai dari pengertian, perbedaannya dengan interview HRD, serta tips saat interview dengan harapan dapat membantu kamu saat melamar pekerjaan. Simak sampai habis artikelnya, ya!

1. Apa Itu Interview User?

Interview user dilaksanakan setelah wawancara dengan HRD
Interview user dipandu langsung oleh calon atasan

Interview user merupakan tahap lanjutan dalam proses sebuah rekrutmen dan calon atasan secara langsung meng-interview kandidat. Ini adalah proses seleksi yang dilakukan setelah penyaringan melalui wawancara dengan HRD.

Calon kandidat harus melalui tahapan ini ketika melamar pekerjaan untuk posisi tertentu dalam sebuah perusahaan. Tujuannya adalah untuk menemukan kecocokan antara user dengan kandidat. Misalnya, saat kamu melamar sebagai content writer, kamu akan diwawancarai oleh content writer yang sudah lebih dahulu bekerja di perusahaan tersebut yang nantinya akan menjadi atasan kamu.

Oleh karena itu, jenis pertanyaan dalam tahap ini akan berkaitan dengan kemampuan teknis pada bidang yang kamu lamar. Dengan melalui tahap ini, user akan mengetahui bahwa calon kandidat yang di-interview merupakan orang yang tepat atau tidak untuk menempati posisi yang dibuka.

Tidak hanya pewawancara yang akan mendapatkan manfaat dari tahapan ini. Calon kandidat juga berkesempatan untuk memahami jobdesk pekerjaan terkait dan memiliki peluang untuk menunjukkan kemampuan yang ia miliki.

2. Perbedaan Interview User dengan Interview HRD

Interview user dilakukan untuk mengetahui kemampuan teknis
Interview HRD dilakukan terlebih dahulu

Keduanya merupakan tahap ketika kandidat berinteraksi langsung dengan perusahaan, yang membedakannya adalah pewawancaranya. Interview user akan dipandu langsung oleh calon atasan untuk mengenal kepribadian dan kapabilitas yang kamu miliki, sedangkan interview HRD dipimpin oleh salah seorang staf dari departemen human resources perusahaan untuk mengenal karakter kamu.

Dari segi tahap pelaksanaannya, kamu akan melalui interview HRD terlebih dahulu. Setelah memasukkan lamaran, HRD akan menyeleksi berkas dan menjadwalkan wawancara. Sementara itu, interview user biasanya merupakan tahapan akhir proses rekrutmen dan menjadi penentu keberhasilan lamaran kerja yang kamu lakukan.

Baca juga: Gak Nganggur Lagi! Intip 5 Kiat Sukses Interview Kerja Ini

3. Tips Menghadapi Interview User

Perlu riset dan memahami jobdesk saat wawancara dengan user
Interview user perlu dipersiapkan dengan baik

Sesi interview user seringkali dianggap sebagai penentu keberhasilan pelamar kerja. Jika tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan user dengan baik, maka besar kemungkinan perusahaan tidak menerima kamu sebagai pegawai barunya. Akan tetapi, tenang saja! MySkill memiliki beberapa tips untuk kamu!

a. Memahami Pekerjaan

Karena interview user akan sangat berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan teknis, sebaiknya kamu benar-benar memahami pekerjaan yang kamu lamar. Biasanya, dalam iklan lowongan kerja terdapat deskripsi jobdesk, kan? Nah, kamu perlu mempelajari itu untuk memahami segala hal yang berkaitan dengan pekerjaan.

b. Lakukan Riset tentang Perusahaan

Dalam wawancara biasanya akan muncul pertanyaan mengenai apa yang kamu ketahui tentang perusahaan. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu agar dapat menjawab dengan lancar. Carilah informasi seputar profil perusahaan, visi dan misi, serta budaya bekerja dalam perusahaan tersebut.

c. Kenali User

Tips ketiga adalah mengenali user. Ketika kamu mengetahui latar belakang user, kamu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk membangun interaksi saat sesi wawancara sehingga bisa menciptakan impresi yang baik. Bahkan, poin ini dapat meningkatkan peluang kamu untuk diterima, lo! Hal ini bisa terjadi karena orang akan cenderung memilih untuk bekerja dengan seseorang yang mereka sukai dan memiliki hubungan yang baik.

d. Datang Tepat Waktu

Kamu pasti kesal dengan orang suka terlambat, bukan? Karena itu, buatlah kesan pertama yang baik di mata user dengan datang tepat waktu. Apalagi jika kedisiplinan adalah budaya yang melekat pada perusahaan, datang tepat waktu menjadi suatu kewajiban.

e. Tunjukkan Keunggulan

Proses mendapatkan pekerjaan merupakan persaingan yang sangat ketat. Oleh karena itu, manfaatkanlah sesi wawancara untuk menunjukkan keunggulan-keunggulan yang kamu miliki. Pastikan keunggulan tersebut sesuai dengan jobdesk dan budaya perusahaan, ya!

f. Jangan Ragu untuk Bertanya

Bagian ini biasanya menjadi hal yang luput dari kandidat ketika sedang wawancara. Saat interviewer memberikan kesempatan untuk bertanya maka gunakanlah dengan baik. Pertanyaan yang kamu ajukan juga bisa menggambarkan antusiasme mengenai pekerjaan yang kamu lamar.

Kamu juga bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk lebih mengenal tentang jobdesk, visi misi, dan budaya perusahaan. Karena itu, sebelum melakukan interview, siapkanlah pertanyaan-pertanyaan untuk user.

g. Berlatih di Depan Cermin atau Bersama Seseorang

The last but not least adalah latihan. Latihan menjawab pertanyaan sangat penting dilakukan karena kamu perlu menyusun kata-kata yang tepat, melatih artikulasi, dan menaikkan rasa percaya diri. Kamu bisa melakukannya di depan cermin atau berlatih bersama orang terdekat.

Itu dia pembahasan mengenai interview user dari MySkill. Setiap orang mungkin saja menghadapi pertanyaan yang berbeda-beda. Namun, yang terpenting dari menghadapi tahap wawancara adalah mempersiapkan diri sebaik mungkin. Dengan persiapan yang baik, kamu akan lebih percaya diri dan dapat memikat calon atasanmu nanti. Nah, MySkill juga memiliki kelas Mempersiapkan Karier Profesional dengan harga yang terjangkau, lo! Ayo, buruan beli kelasnya!

Baca juga: Cara Jitu Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview

Editor: Wahda Nur Lestari