Ditanya Kelebihan Dan Kekurangan Sama HRD? Jangan Khawatir!

Pada saat sesi interview, kamu pasti sudah tidak asing dengan berbagai pertanyaan yang nantinya akan diajukan oleh HRD. Kamu sudah mempersiapkan semuanya dengan sangat baik sehingga membuat kepercayaan diri menjadi meningkat saat menjawab pertanyaan tersebut. Eits, tetapi jangan salah, terkadang HRD pun suka memberikan pertanyaan yang berada di luar dugaan kamu. Salah satunya pertanyaan berupa kelebihan dan kekurangan yang kamu punya loh!

Pertanyaan sederhana tetapi membuat kesulitan para pekerja yang tengah diwawancarai. Bahkan terkadang pertanyaan tersebut terasa begitu canggung untuk para calon pekerja. Nah, jangan takut dan jangan risau, melalui artikel ini, sobat MySkill.id akan mengajak kamu untuk mempelajari tips dalam menjawab pertanyaan seperti ini agar nantinya kamu mampu untuk mempersiapkan jawaban yang benar dan tepat sehingga mendorong performa kamu menjadi meningkat:

1.     Jawablah Pertanyaan Tersebut Dengan Percaya Diri!

menjawab pertanyaan dengan percaya diri
Percaya diri jangan lupa

Terkadang para HRD menanyakan pertanyaan tersebut karena mereka ingin mengetahui tentang diri kamu dengan lebih mendalam dan ingin mengevaluasi bagaimana kamu nantinya saat bekerja. Karena pertanyaan ini menyangkut diri kamu, maka jawablah dengan penuh percaya diri. Diri kamu hanya kamu yang tahu, kamu hanya perlu untuk memperkenalkan diri kamu dengan lebih mendalam. Jadi jangan canggung dan jangan khawatir!

2.     Ingat Untuk Menjawab Pertanyaan Dengan Jujur!

menjawab pertanyaan dengan jujur
Jawab dengan jujur ya

Saat HRD bertanya tentang kelebihan dan kekurangan kamu jawablah dengan jujur. Jangan membuat jawaban yang dibuat-buat atau bahkan terlalu umum. Karena melalui pertanyaan tersebut HRD mampu untuk membedakan mana yang jawaban secara jujur dan tidak. HRD tentu tidak ingin mempekerjakan seorang pekerja yang tidak mampu untuk memberikan jawaban yang jujur bukan.

Terlebih lagi ini berkaitan dengan diri kamu sendiri. Selain itu, kamu juga dapat memperkuat karakter kamu dengan memberikan keyakinan kepada HRD bahwa kamu itu berbeda dan spesial. Dengan begitu HRD akan menilai kamu dengan baik. Jadi jangan lupa untuk selalu jujur dalam menjawab ya.

3.     Saat Menjawab Pertanyaan Kekurangan, Jangan Lupa Cara Mengatasinya

jawab pertanyaan kekurangan dengan cara mengatasinya
Kekurangan dan solusi adalah perpaduan yang tepat

Saat kamu mendapat pertanyaan berupa kekurangan jawablah pertanyaan tersebut dan berikan pula cara mengatasinya. Terkadang HRD ingin mengetahui kekurangan kamu dan melihat apakah kamu mampu untuk mengatasi kekurangan tersebut. Maka, selain mampu untuk mendeskripsikan kekurangan dengan jujur berikan juga ya bagaimana cara kamu mengatasi kekurangan itu.

4.     Santai, Jangan Tegang Sobat!

jangan tegang sobat
Rileks, tidak usah tegang ya

HRD menanyakan lebih mendalam tentang kamu, pasti kamu akan merasa canggung. Setelah merasa canggung diikuti pula dengan rasa tegang yang tidak terbatas. Wah bisa membuat konsentrasi kamu berantakan! Ingat, jangan tegang. Ini kan pertanyaan tentang kamu, yang paling mengetahui soal kamu ya kamu. Jadi, jangan tegang saat HRD menanyakannya ya!

5.     Kelebihan Kamu Adalah Branding Kamu!

kelebihan kamu akan jadi branding kamu
Berikan jawaban terbaikmu

Dalam menjawab pertanyaan mengenai kelebihan, kamu mampu untuk memberikan jawaban yang positif. Ceritakanlah mengenai kelebihan yang kamu punya terkait dengan kondisi perusahaan. Bahkan kamu dapat mengaitkan kelebihan kamu dengan suatu permasalahan. Dengan adanya kaitan tersebut, kelebihan kamu akan berdampak positif bagi perusahaan dan membuat personal branding kamu menjadi meningkat.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan saat mendapatkan pertanyaan tersebut dari HRD. Kamu tidak perlu khawatir saat menjawab pertanyaan tersebut karena yang mengetahui diri kamu hanyalah kamu. Jadi jangan tegang dan risau lagi ya sobat MySkill.id. Sobat MySkill.id juga dapat  mempelajari interview lebih mendalam di salah satu kelas MySkill.id lho!

Kamu bisa mengakses kelas “Sukses Menghadapi Wawancara Kerja”. Di kelas ini kamu akan memperoleh modul lengkap dan mempelajari berbagai macam hal mengenai wawancara kerja, seperti mengenali wawancara kerja, menjawab pertanyaan dengan STAR Framework, tips setelah wawancara kerja, dan sebagainya. Menarik bukan! Dengan mengikuti kelas ini performamu akan semakin meningkat dan tentunya wawancara yang kamu lakukan akan menjadi lebih optimal. Jadi jangan lupa ya!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Editor : Apreliani Dwiastuti

Baca juga : 6 Kesalahan Saat Interview Kerja, Kamu Wajib Tahu!

Baca juga : Ingin Lolos Tahap Interview? Simak Tips Menjawab Pertanyaan Interview Berikut Ini!