Personal Branding: Definisi, Tujuan, dan Cara Membangunnya

Tahukah Sobat, seberapa penting personal branding itu? Seperti halnya branding dalam bisnis, branding individu juga bisa menjadi aset berharga dalam segala aspek kehidupan, terutama pengembangan karier. Apa saja tujuan personal branding? Lalu, bagaimana cara membangun personal branding yang baik dan benar? Yuk, simak penjelasan MySkill di bawah ini!

1. Personal Branding Itu Apa, sih?

bangun personal branding
Ciptakan kesan positif melalui branding personal

Secara umum, personal branding adalah suatu upaya untuk menciptakan atau memengaruhi persepsi publik tentang pribadi seseorang. Hal ini mencakup personality, kemampuan, nilai, keunikan diri, reputasi, maupun kredibilitas tertentu.

Untuk dapat memperoleh kesan atau penilaian yang positif dari orang lain, tentunya Sobat perlu mempromosikan dan menunjukkan citra diri secara konsisten. Branding personal ini penting untuk semua bidang profesi, bahkan mahasiswa sekalipun.

Baca juga: ISFJ, Ini 6 Prospek Karier yang Cocok untuk Kamu, Apa Saja?

2. Mengapa Personal Brand Penting?

goals melalui personal branding
Personal branding dapat menjadi sarana untuk mencapai goals-mu

Selain meningkatkan kepercayaan orang lain, berikut ini MySkill telah merangkum pentingnya personal branding dalam kehidupan sehari-hari:

a. Mendefinisikan “Mengapa” dalam Dirimu

“Mengapa” dalam hal ini mencakup beberapa hal, seperti rangkaian keyakinan, nilai, passion, atau apa pun yang mendorongmu untuk melakukan sesuatu hal yang ingin kamu lakukan. Selain itu, branding diri juga menjadi aspek yang membedakanmu dengan jutaan orang lain di dunia ini.

b. Membantumu Menjadi Pribadi yang Spesial dengan Apa Adanya

Walaupun salah satu goals dari personal branding adalah memperoleh kesan yang positif dari publik, bukan berarti kamu harus selalu menjadi apa yang orang lain inginkan. Keaslian juga penting dalam personal branding. Oleh karena itu, jangan berusaha meniru orang lain maupun menutupi kekuranganmu untuk menjadi “sempurna”. Bersikap jujur tentang siapa dirimu akan membangun kepercayaan yang lebih baik dari orang lain kepadamu.

c. Membantu Mencapai Tujuanmu

Dalam dunia yang kompetitif ini, menciptakan branding yang kuat dan autentik akan meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan kesempatan wawancara, promosi jabatan, maupun memperoleh lebih banyak klien untuk kamu yang berkecimpung di dunia bisnis. 

d. Memperkuat Citra Visual

Di mana pun kamu bekerja, citra visual merupakan suatu hal yang sangat penting. Hal ini bukan tentang mengikuti tren terbaru atau membelanjakan uangmu untuk pakaian desainer, melainkan bagaimana cara kamu berpakaian, berbicara, dan membawa diri di hadapan publik.

Pasalnya, tidak bisa dipungkiri bahwa tampilan luar juga akan menentukan bagaimana orang lain akan menilai karaktermu. Oleh karena itu, memperkuat brand personal sangat penting untuk menciptakan kesan pertama yang baik.

Baca juga: 7 Profesi dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, Ada Incaranmu?

3. Cara Membangun Personal Branding yang Baik

personal branding melalui kelebihan pribadi
Untuk membangun branding yang baik, kenali apa saja kelebihanmu

Setelah memahami pentingnya menciptakan citra diri, Sobat juga perlu tahu, nih, bagaimana cara membangun personal branding yang baik dan benar. Berikut ini beberapa poin di antaranya:

a. Kenali Siapa Dirimu

Hal yang paling dasar, yaitu kamu perlu tahu siapa dirimu, apa kelebihan dan keunikan yang kamu miliki dibandingkan orang lain. Dalam hal ini, kamu bisa membuat daftar pertanyaan untuk kamu refleksikan, misalnya:

  • Apa motivasi yang kamu miliki?
  • Bidang pekerjaan apa yang kamu kuasai?
  • Apa yang orang lain puji tentangmu?
  • Pekerjaan mana yang mampu kamu lakukan selama berjam-jam tanpa merasa lelah?

Jika kamu merasa kesulitan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, kamu juga bisa mencoba bertanya pada keluarga, teman dekat, atau rekan kerja tentang bagaimana gambaran mereka terhadapmu. Dengan demikian, kamu bisa mengambil keputusan yang tepat untuk membangun branding.

b. Menjaga Konsistensi

Tips kedua yang perlu kamu lakukan adalah menjaga konsistensi. Membangun personal brand artinya Sobat ingin orang lain mengenal kamu sebagai pribadi yang unik. Untuk bisa mewujudkannya, kamu perlu membangun kepercayaan publik dengan cara bersikap konsisten dalam menunjukkan citra tersebut.

c. Belajar Berbicara di Depan Umum

Public speaking menjadi salah satu hal penting yang bisa menarik kesan positif dari orang lain. Oleh karena itu, berlatihlah untuk berbicara di depan publik. Tunjukkan bahwa kamu percaya diri dan benar-benar memahami apa yang kamu katakan. 

Meskipun beberapa orang mungkin akan memberikan kritik atau merasa tidak setuju dengan pendapatmu, jangan langsung merasa down. Sebaliknya, jadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk membuatmu semakin berkembang dan lakukan dengan lebih baik lagi pada kesempatan berikutnya.

Itulah informasi seputar personal branding, mulai dari definisi, tujuan, dan cara mengembangkannya. Nah, agar personal brand-mu bisa semakin optimal, yuk, tingkatkan skill kamu melalui E-Learning dan Bootcamp yang ada di MySkill.id!

Editor: Arin Khurota