5 Jenis Font Terbaik yang Bikin CV-mu Dilirik HRD, Pakai, yuk!

Ketika melamar kerja, wajib bagimu untuk memiliki Curriculum Vitae (CV). Hal ini karena lewat dokumen tersebut, Sobat bisa memberikan kesan pertama yang baik bagi pembaca, khususnya recruiter. Dalam hal ini, kamu harus mengirimkan CV terbaik, salah satunya dengan memerhatikan font yang kamu gunakan.

Font atau ‘jenis huruf’ yang bagus adalah yang rapi dan mudah untuk orang baca. Jangan sampai Sobat salah pilih font sehingga membuat recruiter jadi malas membaca CV-mu. That’s a big no!

Oleh karena itu, untuk mencegah hal tersebut, MySkill ingin memberikan rekomendasi 5 jenis font keren untuk CV-mu. Ada apa saja, ya? Yuk, simak informasinya berikut ini!

1. Membuat CV dengan Font Calibri

Membuat CV dengan Font Calibri
Calibri cocok untuk CV karena tampilannya yang mudah dibaca

Calibri merupakan font yang paling direkomendasikan untuk membuat CV. Selain telah menjadi font standar Microsoft Word, Calibri adalah pilihan yang tepat karena sangat mudah untuk membacanya. Di samping itu, jenis huruf ini tidak membuat matamu sakit ketika kamu baca lewat layar komputer.

Ketika memakai font Calibri, gunakan ukuran 11 pts untuk body CV, 15 pts untuk heading, serta 10 pts untuk deskripsi pekerjaan. Dengan begitu, CV akan terlihat sempurna, deh!

2. Cambria, Font yang Sederhana dan Fleksibel

Cambria, Font yang Sederhana dan Fleksibel
Dalam bentuk cetakan kecil, Cambria terlihat bagus

Selanjutnya, ada Cambria. Desainnya sederhana, fleksibel, dan so pasti, mudah untuk recruiter baca. Jenis huruf ini juga terlihat bagus dalam cetakan kecil. Itulah mengapa Cambria adalah font yang tepat untuk CV-mu, baik online maupun cetak.

Nah, jika ingin memakainya sebagai font di CV, jangan lupa gunakan huruf tebal untuk judul dan regular untuk bagian body sehingga menciptakan perpaduan yang menarik untuk Curriculum Vitae-mu.

Baca Juga: Tips Membuat CV Bagi Kamu yang Belum Berpengalaman Kerja

3. Helvetica, Terlihat Modern dan Rapi

helvetica
Bukan hanya untuk urusan melamar kerja, desainer dunia juga banyak yang menggunakan Helvetica, lo!

Ketika membuat CV, Helvetica adalah font bagus lainnya yang dapat Sobat gunakan. Jenis huruf ini sudah sangat terkenal, khususnya di kalangan desainer dunia. Selain itu juga, banyak orang yang menggunakannya untuk urusan melamar kerja.

Helvetica memiliki tampilan yang rapi dan modern sehingga enak dalam pandangan. Jadi, kalau bingung memilih jenis font untuk CV, Helvetica adalah yang paling aman untuk Sobat gunakan. Give it a try, Guys!

4. Georgia, Font Standar Perusahaan Besar

Georgia
Yahoo, Amazon, dan The New York Times menggunakan Georgia sebagai font standar mereka

Sewaktu melamar kerja, pastikan agar CV-mu memberikan pengalaman membaca yang baik bagi recruiter. Dalam hal ini, Sobat bisa memakai Georgia. Sebab, font ini memberikan kemudahan membaca, baik saat menggunakan layar komputer maupun ponsel.

Georgia bahkan telah menjadi font standar bagi perusahaan besar, seperti Yahoo, Amazon, dan The New York Times, lo! Di samping itu, tidak seperti font lainnya yang terlihat ketinggalan zaman, Georgia memiliki tampilan yang menarik dan kontemporer which is the best for your CV!

5. CV Terlihat Kreatif dengan Font Didot

membuat cv dengan font didot
CV akan terlihat kreatif dengan font Didot

Last but not least, Sobat dapat memilih Didot untuk membuat CV yang tampak kreatif. Selain mudah untuk kamu baca, font ini juga mampu menunjukkan kepribadian kreatifmu. Oleh sebab itu, kalau berencana melamar pekerjaan di industri kreatif, pakai Didot sebagai font di CV-mu.

Nah, itulah 5 jenis font yang bisa Sobat MySkill pilih untuk membuat CV menjadi lebih menarik. Selain tampilan yang cantik, kamu juga perlu mengisi CV-mu dengan sederet skill yang ciamik.

Untuk itu, Sobat dapat mengikuti e-learning dan bootcamp yang ada di MySkill. Topiknya beragam dan so pasti, harganya juga terjangkau! Tunggu apa lagi? Buruan, cek sekarang!

Baca Juga: Ingin Membuat CV Menarik Gratis? 5 Website Ini Jawabannya!

Editor: Fria Sumitro