Ketahui 6 Pertanyaan Interview Digital Marketing

Wawancara merupakan tahap penting dalam melamar suatu pekerjaan, apa pun bidang profesi yang hendak kamu geluti. Tak hanya teknis, kamu juga perlu mempersiapkan jawaban yang berhubungan dengan soft skill yang kamu miliki. Bagi Sobat yang berminat menekuni bidang digital marketing, berikut ini MySkill rangkum 6 contoh pertanyaan interview digital marketing beserta rekomendasi jawabannya.

1. Seberapa Jauh Kamu Mengenal Digital Marketing?

pertanyaan interview digital marketing
Jelaskan apa saja yang kamu ketahui tentang digital marketing

Hal paling mendasar yang akan pewawancara tanyakan padamu tentunya mengenai pengetahuan kamu akan bidang tersebut. Oleh karena itu, penting bagi Sobat untuk mencari tahu lebih dalam mengenai digital marketing sebelum pelaksanaan interview

Hal tersebut mencakup istilah-istilah penting dalam digital marketing beserta kegunaannya, strategi di dalamnya, apa saja yang dibutuhkan dari segi soft skill dan hard skill, tools, dan lingkup kerjanya. Kamu juga bisa mengaitkan pengalaman kerja di bidang ini agar dapat lebih unggul dari kandidat lainnya.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Platform atau Tools Digital Marketing Apa Saja yang Kamu Kuasai?

platform digital marketing
Instagram, platform digital marketing yang paling banyak digunakan

Tools dan platform juga merupakan salah satu pertanyaan interview digital marketing yang tak kalah penting. Pasalnya, hal ini menunjukkan kemampuan teknis yang sudah kamu miliki dan seberapa banyak training yang kamu butuhkan. Untuk menjawab pertanyaan ini, usahakan untuk memberikan jawaban yang spesifik.

Kamu bisa menjabarkan platform apa saja yang kamu gunakan pada kegiatan campaign yang pernah kamu lakukan. Contohnya, Instagram, Facebook, atau platform-platform lainnya. Akan lebih bagus lagi jika kamu memiliki sertifikat training untuk menggunakan platform tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa mengikutsertakan daftar tools yang digunakan untuk mendukung pekerjaanmu. Beberapa di antaranya adalah penggunaan WordPress sebagai content management system (CMS), Google Keyword Planner untuk riset keyword, dan sebagainya.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Apa Tantangan Paling Serius bagi Digital Marketers Saat Ini?

tantangan digital marketers
Perkirakan tantangan yang harus dihadapi digital marketers

Tim perekrut mengajukan pertanyaan ini untuk memahami bagaimana Sobat memandang dan bersiap menghadapi tantangan. Untuk menjawabnya, sebutkan masalah utama yang memengaruhi industri dan jelaskan strategi ideal apa yang bisa mengatasinya.

Contoh tantangannya adalah bagaimana menghasilkan hasil yang bagus di marketplace yang semakin ramai. Salah satu solusinya, misalnya digital marketers perlu mendedikasikan waktunya untuk selalu memantau tren dan bereksperimen dengan teknik baru. Dengan melacak perkembangan dan mencoba metode inovatif, digital marketers dapat mengatasi lingkup pemasaran digital yang berubah dengan cepat.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

4. Bagian Digital Marketing Apa yang Paling Kamu Kuasai?

Keahlian digital marketing
Menguasai spesialisasi tertentu akan menjadi nilai tambah

Digital marketing memiliki beberapa bagian di dalamnya. Mulai dari content marketing, SEM, social media, dan masih banyak lagi. Agar pewawancara melihat keunggulanmu dibandingkan kandidat lain, jawablah pertanyaan ini sesuai dengan pengetahuan dan keahlian spesifik yang kamu miliki. 

Sebagai contoh, kamu sangat ahli di bidang SEO (search engine optimization) dan memiliki sertifikasi. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah di mata pewawancara. Di akhir jawaban, Sobat juga bisa menambahkan bahwa kamu memiliki keinginan untuk mempelajari bagian lain agar dapat memahami digital marketing lebih dalam. 

5. Apakah Kamu Memiliki Pengalaman Berkolaborasi dalam Digital Marketing Campaign?

Pertanyaan interview digital marketing
Ceritakan kolaborasi campaign yang pernah kamu lakukan

Pertanyaan interview digital marketing lainnya yang perlu kamu persiapkan adalah pengalaman campaign apa saja yang pernah kamu jalani. Dalam hal ini, pewawancara ingin mempelajari cara kamu bekerja sama dalam tim hingga mengelola proyek yang kompleks. 

Saat menjawab pertanyaan yang satu ini, kamu bisa menjelaskan peranmu dan bagaimana cara kamu berkomunikasi dengan tim perusahaan atau departemen lain. Selain itu, kamu juga bisa menyebutkan bagian terpenting dalam kerja sama campaign, seperti menyepakati strategi dan mengalokasikan waktu untuk mencapai tujuan.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

6. Apa yang Membuatmu Menjadi Kandidat yang Baik untuk Posisi Ini?

Sebutkan kelebihan yang membuatmu pantas mendapatkan posisi itu

Hal ini merupakan aspek penting dalam pertanyaan interview digital marketing maupun wawancara kerja lainnya. Melalui pertanyaan tersebut, pewawancara dapat mengetahui lebih lanjut tentang kualifikasi, motivasi, dan skill kamu. 

Kamu bisa menyebutkan gelarmu maupun pengalaman apa saja yang kamu miliki. Misalnya, kamu memiliki pengalaman untuk memimpin suatu campaign, maka pewawancara akan melihat leadership skill dalam dirimu. Tak hanya itu, tambahkan juga bagaimana kamu dapat berkontribusi untuk perusahaan yang hendak kamu lamar dengan keterampilan, pengalaman, dan ambisi yang kamu miliki.

Itu dia 6 pertanyaan interview digital marketing yang perlu kamu pahami. Di akhir interview, kamu juga bisa mengajukan pertanyaan mengenai perusahaan atau digital marketing agar terlihat proaktif. Nah, untuk meningkatkan skill kamu di bidang digital marketing, yuk, ikuti E-Learning Pemasaran Digital bersama MySkill.id!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Arin Khurota