6 Rekomendasi Pekerjaan untuk ENFP di Dunia Kerja

2 min read

MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) merupakan tes kepribadian yang mengklasifikasikan manusia ke dalam 16 tipe. Hasil tes tersebut biasanya akan digunakan untuk proses seleksi kerja. Namun tak hanya itu, melalui MBTI teman-teman juga bisa mengetahui bidang pekerjaan apa yang tepat berdasarkan tipe kepribadian kalian. Pada kesempatan kali ini, MySkill ingin berbagi informasi tentang pekerjaan untuk tipe kepribadian ENFP. 

Di sini pasti banyak teman-teman ENFP yang masih bingung tentang kariernya. Guna menjawab keresahan kalian, yuk, simak bersama-sama pembahasan mengenai rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk ENFP di bawah ini!

ENFP di Dunia Kerja

Pada dasarnya, ENFP merupakan pribadi yang imajinatif dan kreatif. Oleh karena itu, tipe kepribadian satu ini terkenal akan ide-ide orisinilnya. Di samping itu, mereka cenderung menggunakan kreativitasnya dalam mengekspresikan diri.

Mereka sangat antusias bekerja dengan team, khususnya pada proses eksplorasi sebuah inovasi. Tipe ini cenderung menikmati ketika mendengar ide-ide baru dari anggota team. Dalam sebuah kelompok, ENFP juga cocok menjadi seorang pemimpin. Mereka senang membantu orang lain berkembang. Gaya kepemimpinannya akan cenderung demokratis dan fleksibel. 

Selain itu, tipe kepribadian ini lebih suka pekerjaan yang beragam dan penuh tantangan. Maka dari itu, mereka kurang menyukai pekerjaan rutin yang membosankan. Lingkungan kerja yang santai dan friendly sangat nyaman bagi ENFP. 

Rekomendasi Pekerjaan yang Cocok untuk ENFP

1. Entrepreneur

Orang dengan tipe ENFP sangat cocok menjadi seorang enterpreneur
Menjadi wirausaha merupakan salah satu pilihan tepat

Tingkat kreativitasnya membuat tipe kepribadian ini cocok menjadi entrepreneur. Ide-ide orisinil dan uniknya akan sangat diperlukan oleh seorang wirausaha. Tipe ini juga menyukai tantangan, karena merupakan seorang risk-taker. Hal tersebut sesuai dengan kualifikasi seorang entrepreneur yang perlu memiliki keberanian dalam mengambil langkah. 

Selain itu, pribadinya yang kurang suka dengan pekerjaan rutin, akan menikmati pekerjaan sebagai pengusaha. Jika menjadi seorang wirausaha, mereka bisa mendapatkan kebebasan kreativitas dan fleksibilitas dalam mengatur kariernya. 

2. Social Worker

Sosial worker adalah pekerjaan yang mengharuskan seseorang berinteraksi dengan orang lain
Minatnya pada relasi manusia mendorong hasrat dalam bekerja sebagai social worker

Pekerjaan selanjutnya yang tepat bagi ENFP adalah social worker. Kepribadiannya yang mudah berbaur dengan banyak orang bisa membantunya bekerja sebagai pekerja sosial. Belum lagi tingkat komunikasinya juga sangat baik, sehingga mampu menopang pekerjaan di bidang tersebut. 

Mayoritas tipe ini memiliki minat di bidang social, seperti interaksi antar manusia dan fenomena-fenomena sosial lainnya. Hal tersebut dapat meningkatkan hasratnya untuk bekerja di ranah masyarakat seperti bekerja di komunitas atau bahkan kerja sebagai social scientist

3. Performer

Menjadi seorang penyanyi, musisi, aktor bahkan komedian sangat cocok bagi mereka para ENFP
Carilah pekerjaan bidang industri kreatif khususnya sebagai performer

Pekerjaan di bidang industri kreatif sebagai performer juga merupakan pilihan tepat untuknya. Pada dasarnya, tipe ini pandai mengekspresikan diri melalui kreativitasnya. Oleh sebab itu, menjadi performer mampu membantu ENFP untuk tumbuh serta mengembangkan potensinya. 

Selain itu, mereka memiliki kemampuan dalam memperluas koneksi serta mempromosikan diri. Kedua skill tersebut sangat penting untuk seorang performer. Contoh beberapa pekerjaan sebagai performer antara lain adalah aktor, penyanyi, musisi, dan komedian.

Baca juga: ESTP, Ini Dia 5 Pekerjaan yang Cocok untuk Kamu! 

4. Guru

Seorang guru yang menggunaka metode pembelajaran unik pasti akan menarik perhatian siswa-siswanya
Pekerjaan sebagai guru bisa menjadi pilihan tepat bagi ENFP

ENFP pandai dalam menyampaikan informasi, karena kemampuan komunikasinya baik. Sisi kreatifnya pun dapat membuat proses pembelajaran menjadi menarik di mata siswa. Mereka juga senang memotivasi orang-orang. Oleh sebab itu, terjun ke pekerjaan yang bersangkutan dengan pendidikan, pengajaran, dan pengembangan merupakan pilihan sesuai untuk mereka. 

5. Sales dan Brand Manager

Orang yang berkepribadian ENFP sangat cocok menjadi sales atau pekerja di bidang marketing dan branding
Tipe kepribadian ini sempurna bekerja di bidang sales serta branding

Pribadi friendly-nya bisa memudahkan mereka dalam menarik pelanggan. Maka tak heran jika pekerjaan sales menjadi salah satu pilihan pada daftar rekomendasi ini. Akan tetapi, tak hanya posisi sales saja, tipe ini juga cocok terjun pada bidang branding dan marketing.

Kemampuannya dalam mengeluarkan ide-ide unik dapat menjadi strategi baru dalam menarik pelanggan. Hal tersebut akan sangat berguna jika mereka ingin menjadi brand manager. Selain itu, rasa empati pada orang lain membuatnya mampu membaca kebutuhan dan keinginan pelanggan dengan baik.

Baca juga: INFJ, 7 Pekerjaan Ini Cocok untuk Kepribadian Kamu yang Introvert! 

6. Desainer

Desainer adalah pekerjaan yang membutuhkan kreativitas
Inovasinya sangat membantu untuk bekerja sebagai desainer

Berdasarkan kreativitasnya, ENFP akan sangat cocok bekerja sebagai desainer. Baik sebagai desainer baju, desainer grafis, maupun desainer interior. Mereka mampu membuat style serta trend terbaru dengan inovasi uniknya. 

Nah, itu dia beberapa pekerjaan yang cocok untuk tipe kepribadian ENFP! Bagi teman-teman yang ingin mengembangkan potensi diri, kalian bisa mengikut kelas Membangun Jenjang Karier Kepemimpinan berbagai program lainnya dari MySkill.id!

Baca juga: INFP: Ketahui 4 Bidang Pekerjaan yang Cocok untuk Tipe ini!

Editor: Wida Kurniasih