5 Tanda Interview Berhasil, Siap-Siap Diterima Kerja!

Moment interview kerja merupakan salah satu hal yang paling mendebarkan. Hanya dalam kurun waktu kurang dari satu jam, momen ini dapat menentukan arah pekerjaanmu di kemudian hari. Belum lagi, kamu harus menunggu hasil wawancara untuk beberapa hari ke depan. Tentu hal ini akan membuatmu penasaran, bukan? Jangan khawatir, MySkill.id akan memberimu contekan terkait lima poin yang bisa menjadi tanda interview berhasil.

Setidaknya ini akan membuatmu sedikit lebih tenang sembari menanti pengumuman akhir dari pihak perusahaan. Segera scroll down, siapa tahu beberapa pembahasan dalam interview milikmu kemarin masuk ke dalam daftar rangkuman MySkill.id ini. Check it out!

1. Durasi Interview Berlangsung Lebih Lama Dibanding yang Lain?

5 Tanda Interview Berhasil, Siap-Siap Diterima Kerja!
Jangan cepat mengeluh bila sesi wawancara berlangsung lama

Lama sebuah wawancara bisa menjadi angin segar untuk hasil yang memuaskan loh. Hal ini menunjukkan bahwa interviewer tertarik dengan serangkaian jawaban yang kamu lontarkan saat sesi tanya jawab. Secara tidak langsung, berarti kamu telah berhasil membuat pihak perusahaan penasaran untuk lebih mengetahui tentang kualitas diri yang kamu punya. Sebuah first impression yang menarik!

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

2. Bocoran soal Budaya Kerja oleh Pihak Recruiter Bisa jadi Tanda Interview Berhasil, Nih!

5 Tanda Interview Berhasil, Siap-Siap Diterima Kerja!
Belum diterima, kok sudah di-briefing soal sistem kerja di sana?

Apakah di sela-sela wawancara kamu menerima bocoran terkait sistem kerja di perusahaan tersebut? Bila iya, ini bisa jadi salah satu tanda bahwa interview-mu terbilang lancar. Pengenalan ini sengaja recruiter lakukan supaya kamu tidak terlalu kaget bila nanti telah menjadi karyawan di sana. Selain itu, biasanya mereka akan turut membahas perihal kewajiban juga seputar hak yang akan kamu terima bila lolos pada wawancara kerja ini.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

3. Mendapat Panggilan Gelombang Kedua Pertanda Apa, Ya?

Mendapat tawaran interview gelombang kedua? Kamu patut berbangga hati.
Panggilan kedua meningkatkan kepercayaan diri soal keberhasilan interview sebelumnya

Panggilan interview untuk kali kedua harusnya menjadi kabar baik bagimu. Hal ini menandakan bahwa hasil wawancara yang pertama berhasil memuaskan para recruiter. Pemanggilan lanjutan ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh terkait kesiapanmu untuk mulai bekerja di perusahaan tersebut. Mereka yang biasanya menerima kesempatan ini, setidaknya sudah bisa bernafas sedikit lega. One step closer!

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

4. Tiba-Tiba Diajak Berkenalan dengan Staff Perusahaan, Kamu Harus Berbangga Hati

5 Tanda Interview Berhasil, Siap-Siap Diterima Kerja!
Dipertemukan dengan karyawan perusahaan? Wah kesempatan bagus!

Tidak semua jobseeker yang menerima panggilan interview berkesempatan untuk mengenal lebih dekat para pegawai di perusahaan tersebut. Jika kamu mendapatkannya, ini merupakan privilege bagimu! Itu tandanya, sang recruiter secara tidak langsung memberitahu para staff bahwa kamu adalah orang yang akan bergabung dengan team mereka! 

5. Pertanyaan Pamungkas dari Recruiter Tanda Interview Berhasil

5 Tanda Interview Berhasil, Siap-Siap Diterima Kerja!
Pikirkan dengan matang, jangan asal menjawab

Sebelum menutup sesi interview, bila recruiter melontarkan pertanyaan terkait “Kapan Anda bisa mulai bekerja?” kamu patutnya merasa senang! Selain pertanda baik, ini juga menjadi penilaian terkait kemantapan kamu menerima tanggung jawab baru tersebut. Jangan tergesa menjawab, cobalah untuk berpikir secara matang. Bila recruiter memang telah yakin denganmu, ia pasti sangat menghargai jawaban yang kamu lontarkan saat itu.

Kelima poin tersebut memang bisa menjadi sinyal yang baik bagi hasil interview kerja yang kamu lakoni. Namun, tetaplah ingat bahwa segala keputusan akhirnya bergantung kepada pihak recruiter itu sendiri. Percaya diri memanglah suatu hal yang baik, tetapi bila terlampau tinggi malah bisa menjadi mata pisau untuk dirimu. Yuk, bagikan pengalaman menarik saat mendapat panggilan interview kerja dengan meninggalkan jejak di kolom komentar MySkill.id.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill