5 Jurusan yang Jarang Diminati Tapi Bergaji Tinggi

Ketika memutuskan berlanjut ke perguruan tinggi, kita semua pasti berhadapan dengan banyak pilihan yang sulit, terutama saat menentukan jurusan. Umumnya, beberapa orang lebih tertarik mengambil jurusan yang populer sebab secara tidak langsung ada stereotype yang mengatakan “Udah pilih yang pasti-pasti aja, prospek kerjanya terjamin!”. Namun, tahukah kamu ada beberapa jurusan yang jarang diminati, tetapi menawarkan jenjang karir yang bagus?

Mari lihat lima jurusan yang acapkali terabaikan karena pandangan skeptis masyarakat soal masa depannya. Yuk, simak hingga tuntas! Barangkali jurusan impianmu masuk ke dalam rangkuman milik MySkill.id ini. Check it out!

1. Oseanografi: Si Pemerhati Laut yang Jarang Tersorot

5 Jurusan yang Jarang Diminati Tapi Bergaji Tinggi
Menyelam termasuk ke dalam daftar kuliah oseanografi, loh

Siapa di sini yang memiliki ketertarikan soal perairan dan fenomena di dalamnya? Nah, ini cocok banget untuk kamu yang betah berlama-lama memperhatikan laut dan punya rasa ingin tahu yang tinggi karenanya. Oseanografi termasuk ke dalam cabang ilmu kelautan nih. Untuk masuk ke jurusan ini, memiliki skill berenang dan menyelam adalah suatu keharusan, loh! 

Mempelajari keilmuan ini akan menambah pengetahuanmu soal prediksi fenomena yang sewaktu-waktu dapat terjadi di lautan dan dampaknya dengan lingkungan. Prospek kerja yang menunggumu di jurusan ini adalah ahli ekologi, oceanographer, ahli konservasi lautan, dan masih banyak lagi. Karena hampir 70% permukaan bumi terdiri atas air, peluang untuk mengambil peran setelah lulus dari jurusan ini terbilang besar.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

2. Arkeologi: Jurusan Sepi Peminat yang Ramai Peluang di Dunia Kerja!

5 Jurusan yang Jarang Diminati Tapi Bergaji Tinggi
Tertarik untuk terjun langsung menggali peninggalan kehidupan kuno?

Banyak orang beranggapan bahwa sejarah merupakan hal yang kuno dan membosankan. Mungkin inilah yang menjadi alasan sepinya minat mahasiswa untuk terjun ke jurusan arkeologi. Masuk ke dalam ranah ini mengharuskan kamu menelusuri jejak kesejarahan di masa lampau, termasuk juga penggalian sisa-sisa peninggalannya (artefak). Meskipun begitu, gaji seorang arkeolog senior bisa mencapai angka ratusan juta! Fantastis!

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Meneliti Alam Semesta dengan Astronomi, Jurusan yang Jarang Diminati

5 Jurusan yang Jarang Diminati Tapi Bergaji Tinggi
Jurusan astronomi membuat alam semesta berkumpul di ujung telunjukmu!

Satu lagi jurusan dengan prospek kerja apik yang acapkali terlupakan, yaitu astronomi. Ilmu yang berfokus kepada penelitian tentang alam semesta ini mengharuskan kamu untuk memiliki kemampuan yang kuat dalam bidang matematika dan fisika. Uniknya, jurusan ini baru tersedia di Institut Teknologi Bandung. Menjadi universitas pertama di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara yang meluncurkannya. Mengesankan!

Jangan takut untuk menempuh jurusan ini, ya. Sebab perkembangan benda-benda langit tidak pernah mati. Tertarik menjadi astronom ataupun ilmuwan bagi alam raya? Cobain aja!

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

4. Ilmu Perpustakaan Kerjanya Hanya Mengurusi Buku?

5 Jurusan yang Jarang Diminati Tapi Bergaji Tinggi
Sepi peminat karena tak mau menjadi penjaga perpustakaan?

Ternyata masih banyak yang salah persepsi mengartikan jurusan yang satu ini. Berkutat di jurusan ilmu perpustakaan bukan hanya mentok menjadi penjaga buku-buku semata. Namun, lebih jauh lagi kamu dapat meniti jenjang karir di dunia pengarsipan dokumen, kesekretariatan, bahkan menjadi document controller! Semua prospek kerja tersebut penting posisinya dan pasti menjadi incaran di berbagai departemen terkait, nih. 

5. Antropologi Sosial: Si Jurusan yang Jarang Diminati

5 Jurusan yang Jarang Diminati Tapi Bergaji Tinggi
Antropologi: si fleksibel yang beradaptasi di segala aspek

Jurusan yang mengkaji perihal manusia dan kebudayaannya ini pun tergolong jarang masuk ke dalam bucket list calon mahasiswa. Namanya yang asing membuat masyarakat seringkali bingung, serta berpikir bahwa ilmu ini termasuk dalam jurusan astronomi yang mempelajari alam semesta. Padahal, kedua ilmu tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan ya.

Peluang berkarir di jurusan ini sebenarnya terbuka lebar. Hal tersebut dikarenakan antropologi merupakan ilmu yang cukup fleksibel dan dapat relate di semua bidang. Mulai dari bidang pendidikan, sosial, budaya, hingga di ranah hukum! Jadi, jangan risau kehilangan lapangan pekerjaan setelah lulus dari jurusan ini.

Tidak ada salahnya menjalani pilihan yang berbeda dengan orang lain, sebab tak ada yang pernah tahu kesempatan baik seperti apa yang kelak datang menghampiri. Ingat, masa depan ada dalam genggamanmu. Jangan biarkan orang lain mengambil alihnya. Di antara lima jurusan tersebut, mana sih yang paling membuatmu penasaran? Tinggalkan opinimu di kolom komentar MySkill.id, ya!

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill