Layanan Iklan dari Google Display Ads: Bisnismu Terkenal!

Google Display Ads atau biasa dikenal Google Display Network (GDN) merupakan layanan periklanan milik Google yang menggunakan format teks, gambar, dan video. Layanan iklan ini menjadi salah satu jenis kampanye digital di Google Ads yang bisa membantu bisnis menjangkau target audiens dengan lebih tepat sasaran. Lantas, apa saja yang perlu kamu ketahui tentang layanan iklan satu ini? MySkill.id sudah merangkumnya untukmu!

Tampilan Iklan yang Menarik

Layanan Iklan dari Google Display Ads: Bisnismu Terkenal!
Google Display Ads memiliki tampilan dalam format visual yang menarik

Tampilan iklan yang menarik bisa jadi kunci keberhasilan promosi dari suatu bisnis. Bentuk iklan dari jenis layanan ini biasanya lebih banyak tampil dalam format gambar yang menarik, persuasif, dan memancing klik iklan dari target audiens. Iklan akan terlihat di berbagai situs web yang merupakan partner Google. Beragam iklan yang muncul umumnya dapat audiens klik dan mengarah ke halaman situs web dari bisnis yang memasang iklan tersebut.

Jenis layanan iklan dari Google ini memiliki ukuran iklan yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, iklan yang terpasang bersifat responsif sehingga secara otomatis tampilannya akan menyesuaikan device milik audiens.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Penargetan Iklan agar Target Audiens Lebih Terarah

Layanan Iklan dari Google Display Ads: Bisnismu Terkenal!
Google Display Ads memiliki beberapa penargetan untuk menjangkau audiens

Beriklan dengan platform ini memiliki beberapa kelebihan, salah satunya menyediakan beberapa layanan penargetan. Hal ini tentunya dapat membuat iklan lebih terarah pada target audiens saja. Selain itu, dari segi biaya juga lebih optimal. Berikut adalah beberapa layanan yang tersedia dari platform ini.

1. Keyword/Contextual Targeting atau Penargetan Kata Kunci 

Target pertama adalah dengan keyword/kata kunci. Bisnis atau perusahaan bisa menargetkan iklan pada berbagai kata kunci yang potensial saja. Sedikit tips, gunakan kata kunci dengan pencarian tinggi dan biaya iklan yang murah. 

Misalnya, MySkill.id adalah platform pembelajaran daring bersertifikat untuk menunjang karier, maka target kata kunci bisa menggunakan “platform pembelajaran terbaik” atau “platform bersertifikat”. Nantinya, iklan yang tampil akan sesuai dengan pengaturan kata kunci tersebut.

2. Placement Targeting atau Penargetan Penempatan/Lokasi

Sebagai pemilik bisnis, kamu bisa mengatur penempatan iklan dengan memilih situs web mana saja untuk menampilkan iklan yang relevan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Platform ini juga memiliki opsi untuk melakukan pengaturan lokasi otomatis pada iklan kamu, lho!

3. Topic Targeting atau Penargetan dengan Menentukan Topik

Sebelum iklanmu terdaftar, kamu perlu menentukan topik untuk iklan kamu. Jadi, iklan akan tayang sesuai dengan topik yang kamu pilih di awal. Dengan penargetan topik, selain lebih relevan, juga akan meningkatkan brand awareness untuk bisnis kamu. 

4. Interest Targeting atau Penargetan Minat

Iklan yang tampil bisa kamu sesuaikan dengan minat atau hobi dari target audiens. Oleh sebab itu, kamu perlu menggali lebih dalam tentang minat apa saja yang target audiens kamu miliki. Semakin tepat kamu menentukan minat target audiens, maka semakin besar pula konversi yang akan kamu dapatkan.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Manfaat Menggunakan Layanan Iklan Bergambar dari Google

Layanan Iklan dari Google Display Ads: Bisnismu Terkenal!
Google Display Ads memiliki beragam manfaat

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan. 

1. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness adalah kemampuan audiens dalam mengenali atau mengingat sebuah merek, seperti nama, gambar, logo atau slogan. Dengan brand awareness, kamu akan mendapatkan kepercayaan audiens dan mendorong mereka untuk loyal dengan produk atau jasa kamu. Selain itu, kamu juga akan lebih mudah mendapatkan audiens baru. 

2. Memiliki Berbagai Jenis Penargetan

Layanan iklan ini memungkinkan kamu untuk menentukan target audiens yang tepat. Mulai dari penargetan sesuai minat audiens hingga topik yang biasanya audiens kamu lihat. Bahkan, kamu juga bisa menentukan situs web mana yang relevan untuk menampilkan iklan kamu.

3. Tampilan Iklan Menjadi Lebih Menarik

Iklan dengan format visual akan jauh lebih menarik daripada iklan baris atau teks biasa. Sebab itu, membuat iklan dengan salah satu produk Google ini akan membantumu mendapat audiens yang lebih banyak daripada kamu beriklan tanpa memiliki format visual. Format visual biasanya berupa perpaduan antara gambar dan teks atau video dan teks. 

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai layanan iklan bergambar dari Google untuk pemula. Bagi kamu yang ingin mempelajari Google Display Ads dari dasarnya, kamu bisa mengakses salah satu kelas MySkill.id, yaitu Google Display Ads Dasar. Di kelas ini, kamu akan mempelajari konsep dasar, cara menggunakan, dan ragam aset kreatifnya. Seru banget, kan? Jadi, jangan sampai ketinggalan, ya! 

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan