Intip Metode NLP! Buatmu Lebih Percaya Diri Saat Public Speaking

Neuro-linguistic programming atau NLP adalah pendekatan psikologis yang menggunakan analisis strategi dengan mencontohkan seseorang yang telah berhasil dan menggunakannya sebagai target personal. Metode NLP menggunakan pemikiran, bahasa, dan pola dari pengalaman untuk hasil yang spesifik.

Dalam praktiknya, NLP dapat memberikan banyak manfaat dalam hal public speaking, karena banyak teknik komunikasi dalam NLP yang bisa kamu manfaatkan, misalnya untuk presentasi.

Berikut ini, mari lihat manfaat mempelajari NLP yang dapat kamu gunakan untuk public speaking!

1. Membangun Kedekatan dengan Audiens

Metode NLP
https://www.pexels.com/photo/group-of-people-raise-their-hands-on-stadium-976866/
Dekati audiens dengan NLP.

Semua pembicara di tengah umum harus berhasil membangun kedekatan dengan audiens agar dapat meningkatkan interaksi. Neuro-linguistic programming dapat membantumu untuk membangun kedekatan dengan audiens ketika public speaking dengan beberapa teknik guna menarik perhatian sehingga audiens dapat mengetahui dan menyukai dirimu.

Teknik tersebut antara lain, teknik matching dan teknik mirroring. Dengan teknik ini kamu dapat melihat komunikasi verbal dan non-verbal dari audiens saat berbicara di depan umum.

2. Mengomunikasikan Ide dengan Lebih Baik

Metode NLP
https://www.pexels.com/photo/group-of-people-on-conference-room-1181396/
Sampaikan ide dengan lebih terstruktur.

Pembicara yang memanfaatkan NLP saat berbicara di depan umum akan mengetahui bagaimana NLP membantu mereka dalam berkomunikasi secara persuasif. Jika pembicaraanmu membuat audiens tertantang, maka audiens akan semakin memperhatikan secara mendalam pada topik yang dibahas. NLP juga akan membantumu untuk mengerti pertanyaan-pertanyaan audiens karena kamu juga bisa memposisikan dirimu sebagai audiens yang bertanya. Selanjutnya, kamu juga dapat mengomunikasikan ide dengan lebih baik dengan melontarkan pertanyaan lanjutan kepada audiens.

3. Menguatkan Ketahanan Mental

Metode NLP
https://www.pexels.com/photo/crop-unrecognizable-female-psychologist-and-patient-discussing-mental-problems-during-session-7176319/
Bangun ketahanan mental dengan lebih baik.

Dengan NLP, kamu akan terbantu untuk menguatkan mentalmu dalam menghadapi audiens. Kamu akan memiliki ketahanan mental yang lebih kuat dan dapat menerima kritik atau masukan dengan lebih baik. Kritik dan masukan tersebut pun bahkan dapat kamu ubah menjadi cara yang konstruktif terlebih saat menghadapi audiens yang berkonflik dengan penyampaianmu.

Baca juga: Mahasiswa Tingkat Akhir Belum Punya Kemampuan Dasar? Pelajari 5 Skill Ini Sebelum Kamu Lulus!

4. Mendapatkan Hasil Interaksi Sesuai yang Kamu Inginkan

Metode NLP
https://www.pexels.com/photo/close-up-shot-of-a-gold-medal-on-a-black-surface-6120403/
Interaksi dengan audiens sepenuhnya berada di tanganmu.

NLP akan memberikanmu prediksi bagaimana respon dan hasil interaksi antara audiens denganmu. Ketika kamu berusaha untuk mengadaptasi NLP saat berbicara di depan publik, kamu akan berusaha untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Rasa tanggungjawab dan komitmen untuk mendapatkan hasil tersebut akan meningkat. Hal ini akan membantu kamu mendapatkan hasil interaksi yang sesuai dengan keinginanmu saat berbicara di depan audiens.

Baca juga: Jangan Remehkan 6 Prospek Pekerjaan Jurusan Sastra!

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Metode NLP
https://www.pexels.com/photo/woman-wearing-blue-shawl-lapel-suit-jacket-1036622/
Tingkatkan percaya diri dengan lebih baik lagi dengan NLP.

Teknik lain yang ada di NLP, yakni anchoring. Dengan teknik ini kamu bisa meningkatkan kepercayaan diri. Teknik anchoring juga akan membantumu untuk percaya terhadap suatu fakta dan meyakinkan dirimu untuk bertindak sesuai fakta tersebut. Hal ini akan membuatmu yakin dan fokus terhadap suatu hal yang ingin kamu bicarakan.

Sebagai tambahan, selain dalam hal public speaking NLP ini bisa kamu manfaatan untuk meningkatkan kepercayaan diri saat tengah wawancara kerja. Oleh karena itu, cobalah untuk berlatih bagaimana cara menghadapi wawancara kerja yang kemudian kamu coba gabungkan juga di dalamnya dengan teknik-teknik NLP. MySkill doakan semoga kamu sukses dalam wawancara kerjanya dan bisa dapetin pekerjaan impianmu, ya!

Baca juga: Mahasiswa Wajib Tahu! 5 Tips Sidang Skripsi Lancar dan Langsung Lulus

Editor: Resti Hanafiani