5 Cara Mudah Budidaya Tanaman Hias, Kenapa Tidak?

1 min read

Budidaya Tanaman Hias https://www.pexels.com/photo/2518828/

Kamu ingin menyalurkan hobi menyukai tanaman hias? Budidaya tanaman hias ternyata dapat menjadi sumber penghasilan buat kamu! Berikut ini MySkill.id rangkum beberapa cara mudah budidaya tanaman hias. Mari simak bersama-sama!

Selain memperindah lingkungan sekitar rumah, siapa sangka jika memiliki tanaman hias dapat menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan.

Bisnis budidaya tanaman hias ini cukup menjanjikan. Modal yang relatif tidak terlalu besar, lahan yang cukup di sekitar rumah, dan hanya membutuhkan sedikit keterampilan, kamu sudah dapat melakukan budidaya tanaman hias.

Nah, berikut ini 5 cara mudah untuk kamu yang ingin memulai budidaya tanaman hias!

1. Menentukan Jenis Tanaman Hias yang Sesuai

Budidaya Tanaman Hias https://www.pexels.com/photo/60628/
Pilih tanaman hias yang kamu sukai dan kuasai untuk dibudidaya

Pilihlah tanaman hias yang kamu sukai dan cocok di lingkungan rumah kamu. Saat kamu merasa suka dan benar-benar mengetahui jenis tanaman yang sesuai, maka kamu akan lebih mudah dalam merawat tanaman tersebut. Dari situ kamu dapat memulai untuk membudidayakan tanaman hiasnya.

Jenis-jenis bunga ataupun tanaman hias yang dapat kamu pilih pun beragam. Mulai dari bunga anggrek, bunga matahari, tanaman bonsai, tanaman begonia, hingga bunga bougenville. Jenis-jenis tanaman tersebut cenderung lebih mudah dalam perawatan dan tidak memerlukan modal yang terlalu banyak.

2. Sediakan Media Tanam dan Peralatannya

Budidaya Tanaman Hias https://www.pexels.com/photo/460775/
Sesuaikan media tanam dan layak

Beberapa media tanam dan peralatan untuk memelihara tanaman hias dapat berupa pot, sekop, selang air, dan pupuk.

Sesuaikan media tanam untuk budidaya tanaman hias dengan jenis tanamannya. Beberapa tanaman hias memerlukan bahan-bahan khusus seperti campuran tanah dengan pupuk kompos dan lain sebagainya.

Jangan lupa untuk menyediakan tempat atau lahan yang cukup di sekitar lingkungan rumah. Kamu tidak ingin budidaya tanaman hiasmu terganggu oleh aktivitas hewan peliharaan ataupun manusia, bukan?

Baca juga: 5 Pekerjaan Menjanjikan Ini Akan Naik Daun di Tahun 2022, Tertarik?

3. Pemberian Pupuk Sesuai Kebutuhan

Budidaya Tanaman Hias https://www.pexels.com/photo/7728082/
Cukupi kebutuhan tanaman dengan menggunakan pupuk

Berikan pupuk sesuai kebutuhan tanaman. Pastikan pupuk yang tersedia cocok untuk tanaman yang akan kamu budidaya. Beberapa tanaman hanya memerlukan pupuk kompos atau organik, tapi ada juga yang memerlukan pupuk tambahan sintetis.

Pemberian pupuk sangat penting bagi kesehatan tanaman serta kesuburannya.

4. Siram Tanaman Secara Rutin

Budidaya Tanaman Hias  https://www.pexels.com/photo/413735/
Jangan lupa untuk menyiramnya setiap hari!

Lakukan penyiraman tanaman secara rutin setiap hari. Hal ini dilakukan karena tanaman memerlukan air sebagai bagian utama dalam tumbuh dan berkembang. Bukan hanya itu, kelembapan tanah dan lingkungan sekitarnya juga akan terjaga.

Penyiraman pun tidak sembarangan. Menyiram tanaman harus sesuai dengan kemampuan tanaman tersebut dalam menyerap air sehingga tidak berlebihan.

Baca juga: 5 Cara Memulai Budidaya Ikan Hias, Menguntungkan!

5. Merawat Kebersihan Tanaman

Budidaya Tanaman Hias https://www.pexels.com/photo/2518828/
Kebersihan lingkungan dan tanaman itu penting!

Pembersihan tanaman dapat kamu lakukan secara berkala. Hal ini bertujuan agar tanaman tetap bagus dan terawat. Bukan hanya itu, tanaman juga akan terhindar dari kerusakan oleh hama dan serangga.

Pembersihan ini bermanfaat untuk membuat lingkungan sekitar menjadi bersih juga.

Itulah tadi 5 cara mudah dalam budidaya tanaman hias. Bagi kamu yang memiliki hobi memelihara tanaman hias, kamu bisa mencoba untuk menjadikan tanaman hiasmu sebagai ladang bisnis yang menguntungkan. Selain memperindah lingkungan sekitarmu, apa salahnya untuk menyalurkannya menjadi hal yang menguntungkan, bukan?

Bagi kamu yang masih bingung dalam mempersiapkan karier ke depan nantinya, MySkill.id memiliki kelas persiapan karier, loh! Kamu akan mendapat informasi sekaligus pelatihan mengenai aspek-aspek dalam memulai kariermu di masa depan nantinya. Yuk, segera cek!

Editor: Putrika Annaya Salsabila

Baca juga: 5 Pekerjaan Sampingan di Bidang Jasa Untuk Menambah Penghasilanmu