MySQL: Software Database yang Perlu Kamu Ketahui!

Dalam mengelola database programmer atau orang-orang yang bergelut dengan big data memerlukan bahasa pemrograman seperti SQL (Structured Query Language). SQL memiliki fungsi dalam memberikan perintah untuk mengakses dan mengolah database. Salah satu software database yang dapat membantu proses ini adalah MySQL. 

Apa itu MySQL? 

MySQL: Software Database yang Perlu Kamu Ketahui!
MySQL adalah relational database management system

MySQL adalah salah satu software database yang paling terkenal. Banyak dari developer, data analyst, dan data scientist menggunakannya, karena karena pemakaiannya terbilang efektif. Software ini juga sebenarnya sudah ada sejak tahun 1995. Setelah itu, sering terjadi pergantian kepemilikan hingga akhirnya pada 2010 mereka berada di bawah Oracle Corporation.  

MySQL merupakan relational database management system (RDBMS), yang dalam pengoperasiannya menggunakan struktur perintah bahasa SQL. Para praktisi biasa menggunakan perangkat lunak ini untuk membuat suatu aplikasi berbasis web.

Database sendiri merupakan kumpulan data secara terstruktur dan tersusun agar mudah digunakan. Contohnya seperti list belanjaan dalam platform belanja online, teks pada blog posts, dan informasi data pengunjung yang terdaftar di dalam sebuah situs. 

Sementara itu, relational database merupakan pengolahan basis data berdasarkan relational model. Pada relational model, terdapat tabel berisi baris dan kolom untuk menyusun data. Setelahnya, data akan dikumpulkan berdasarkan hubungan antar elemen data. Hal tersebut menjadikan MySQL sangat efektif untuk mengelola database dengan menghubungkannya pada software.

MySQL berfungsi untuk mengelola basis data dari sisi server, yang berisi informasi dengan bahasa SQL. Selain itu, software ini juga dapat membantu user untuk mengakses data informasi di dalam situs. Penyedia server biasanya menyediakan MySQL sebagai penunjang, guna mengembangkan aplikasi berbasis website

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Keunggulan MySQL

MySQL: Software Database yang Perlu Kamu Ketahui!
Berbagai fitur ditawarkan oleh MySQL (Gambar: Dokumentasi Pribadi)

Banyaknya orang menggunakan dan mengenal MySQL bukan karena tanpa alasan. Orang-orang yang menggunakan software ini karena adanya berbagai keunggulan yang mereka tawarkan pada pengguna. Apa saja keunggulan MySQL? Berikut adalah beberapa keunggulannya yang perlu kalian ketahui:

1. Keamanan Data

MySQL terkenal sebagai RDBMS yang paling aman untuk kita gunakan. Beberapa website besar banyak yang menggunakannya seperti WordPress, Facebook, dan Twitter. Keamanan data dan proses transaksional pun sudah terdapat dalam versi terbarunya. Oleh karena itu, software ini sangat bermanfaat bagi perusahaan bisnis digital, khususnya seperti bisnis E-Commerce yang sering berkaitan dengan transaksi uang. 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Performa yang Baik

Software ini memiliki fitur storage-engine yang berbeda. Hal tersebut akan menunjang mereka dalam tampil dengan performa yang sempurna. Walau memiliki berbagai macam fitur, perangkat ini dibuat dengan memprioritaskan kecepatan. Sehingga sebuah website E-commerce dapat menerima jutaan queries setiap harinya, dan memproses transaksi dengan cepat. 

Ketika jumlah data dan pengguna meningkat, wadah database juga memerlukan adanya sebuah peningkatan skalabilitas. Namun, kita tidak perlu khawatir, karena MySQL juga dapat meningkatkan skalabilitas. Tentunya dengan cara yang berbeda yaitu melalui replikasi, clustering, atau kombinasi dari keduanya. Sehingga hal tersebut dapat mendukung dan memproses basis data dalam jumlah besar, tanpa harus menurunkan performanya.

3. Open Source SQL RDBMS

Software ini merupakan RDBMS bersifat open source. Maksud dari open source adalah semua orang dapat meng-install dan menggunakan basic softwarenya secara gratis. akan tetapi, kita perlu membayar jika memang ingin memiliki versi lebih lengkap dengan tambahan kapasitas dan tools.

Di samping itu, MySQL juga bersifat multi user, yang mana dapat kita gunakan dalam satu waktu secara bersamaan. Oleh karena itu, sebuah kelompok web developer dapat melakukan pekerjaanya secara bersama-sama. 

4. Availability 

Bisnis online dan platform berbasis website harus menyediakan layanan setiap saat pada pengunjung dari berbagai negara.  Dengan demikian, memiliki availability yang tinggi merupakan prioritas dari perangkat ini. Mereka menggunakan berbagai cluster server dan data replication, untuk memastikan sepanjang waktu bahwa tidak ada kerusakan pada sistem. Selain itu, perangkat ini mampu memelihara, melakukan debugging, dan upgrade setiap saat. 

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

5. Mudah Digunakan

Perangkat ini menyajikan data yang variatif. Adanya berbagai tipe data akan membantu dan memudahkan kita dalam mengelola basis data dalam server, yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat yang kompleks. Fitur di dalamnya juga memungkinkan kita untuk mengkodifikasi dan mengelompokan data sesuai keinginan.

Di samping itu, mempelajari dan menggunakan perangkat ini terbilang mudah, jika kita bandingkan dengan perangkat lunak lainnya. Proses pengoperasian tabelnya pun lebih mudah kita proses dan gunakan.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Itu dia penjelasan mengenai MySQL dan Keunggulannya. Bagi kalian yang ingin menjadi web developer, data analyst, atau data scientist kalian harus mengetahui cara penggunaan software SQL database. Kalian tak perlu bingung mau belajar mengenai SQL di mana, karena kalian dapat mengikuti kelas Preparation dan Basic SQL dari Myskill.id! Tidak perlu khawatir, karena harganya sangat terjangkau.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill