SEO On Page: Pengertian, Kegunaan, dan Cara Optimasinya!

SEO On Page mungkin bukan istilah yang asing bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia digital, terutama yang berfokus pada SEO. SEO On Page merupakan salah satu metode optimasi Search Engine Optimization. Pada artikel ini, MySkill.id akan membahas secara khusus terkait SEO On Page, mulai dari pengertian, kegunaan, dan cara optimasinya untuk bisa mendongkrak posisi situs web di mesin pencari. Penasaran? Yuk, simak informasinya!

Pengertian SEO On Page

Pengertian SEO On Page
SEO On-Page adalah cara mengoptimalkan halaman situs web supaya mendapat peringkat teratas pada hasil pencarian

SEO On Page mengacu pada cara pengoptimalan halaman situs web untuk mendapatkan lalu lintas organik dan peringkat lebih tinggi di mesin pencari. Selain menerbitkan konten yang relevan dan berkualitas, teknik SEO ini mencakup pengoptimalan judul, tag HTML (judul, deskripsi meta, dan tajuk), serta gambar. Ini juga termasuk memastikan situs web memiliki tingkat keahlian, otoritas, dan kepercayaan yang tinggi.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Mengapa SEO On Page Itu Penting? 

Kenapa SEO On-Page itu penting
SEO On-Page berguna untuk membantu mesin pencari memahami situs web dan kontennya

Menerapkan SEO On Page pada situs web sangat penting karena dapat membantu mesin pencari memahami situs web dan kontennya, serta mengidentifikasi apakah konten relevan dengan kueri pencari. 

Perlu diingat, bahwa algoritma mesin pencari selalu berubah dan berkembang, untuk itu penerapan SEO On Page juga harus beradaptasi dengan perkembangan tersebut. Sebagai contoh, algoritma Google saat ini telah berkembang dan jauh lebih baik dalam memahami apa yang sebenarnya pengguna cari saat mereka mengetik kueri. Selain itu, Google juga telah memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dengan maksud pengguna. 

Oleh sebab itu, sebagai pemilik situs web harus memastikan bahwa halaman web dan kontennya dioptimalkan dengan baik sesuai dengan perkembangan mesin pencari. Hal ini termasuk yang terlihat oleh pengguna di halaman web (teks, gambar, video, dan audio) dan elemen yang hanya dapat terlihat oleh mesin pencari (tag HTML, data terstruktur). 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Cara Optimasi agar Konten Lebih Ramah SEO

Cara mengoptimalisasikan SEO
Ada beragam cara yang dapat digunakan untuk mengoptimasi SEO

Berikut beberapa cara optimasi yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh hasil pencarian organik di mesin pencari. 

1. Membuat Konten yang Berkualitas

Konten yang berkualitas mengacu pada informasi yang terpercaya, orisinil, dan bukan duplikat. Selain itu, konten juga harus memiliki gaya penulisan dan perspektif yang unik dan menarik.

Google selalu mengutamakan konten berkualitas tinggi dengan menerapkan kerangka kerja bernama E-A-T atau singkatan dari Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness. Google menggunakan kerangka kerja ini untuk menilai pembuat konten, halaman web, dan situs web secara keseluruhan.

Dalam praktiknya, Google memastikan bahwa situs web yang menghasilkan konten berkualitas tinggi mendapatkan peringkat yang lebih baik begitupun sebaliknya. Sebab itu, E-A-T memiliki peran yang sangat penting dan harus menjadi pertimbangan dalam strategi penggunaan SEO.

2. Membuat Judul yang Menarik dan Tag Judul yang Ramah SEO

Tentunya, konten yang menarik tidak terlepas dari judul yang menarik pula. Oleh sebab itu, pemilik situs web perlu membuat judul yang menarik agar pengguna tertarik untuk berkunjung ke situs web dan membaca konten. Judul dapat berpengaruh pada jumlah klik dan tayangan. Itulah alasan mengapa penting untuk membuatnya menarik dan relevan.

Penggunaan judul juga dapat membantu Google untuk memahami konten dan halaman web. Selain itu, ada pula tag judul atau sebuah tag HTML yang ada di bagian kepala setiap halaman web untuk memberikan konteks awal terkait topik-topik dari situs web yang bersangkutan.

3. Penulisan SEO

Untuk mengoptimasi SEO On Page memerlukan penulisan konten dengan prinsip SEO yang mempertimbangkan pengguna dan mesin pencari. Dalam praktiknya, penulisan SEO memiliki strategi tertentu lebih dari sekadar penggunaan kata kunci.

Jadi, hanya memproduksi konten untuk kepentingan situs web saja tidak akan berhasil. Sebab, konten yang diproduksi akan dibaca untuk orang-orang, sehingga konten harus berkualitas, penting, bermanfaat, dan relevan.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

Cara Optimasi Gambar dan Deskripsi Meta

Optimasi Gambar SEO On Page
Penting untuk melakukan optimasi gambar dan deskripsi meta pada penerapan SEO On Page

Mengoptimasi SEO On Page juga memerlukan optimasi gambar dan deskripsi meta sebagai berikut.

1. Optimasi Gambar

Menambahkan gambar menjadi cara yang baik untuk membuat halaman web lebih menarik. Akan tetapi, perlu melakukan optimasi gambar dengan benar agar dapat memaksimalkan aset SEO dan tidak memperlambat situs web.

Mengoptimasi gambar memiliki beragam manfaat, seperti peluang peringkat tambahan dengan muncul di Penelusuran Gambar Google dan pengalaman pengguna yang lebih baik. Untuk itu, pastikan untuk memasukkan gambar yang mendukung konten dan menggunakan judul deskriptif serta teks alternatif.

2. Deskripsi Meta

Deskripsi meta adalah sebuah atribut dalam tag meta yang memberikan deskripsi tentang halaman web. Cuplikan teks ini tampil di hasil pencarian di bagian bawah judul laman halaman web. Mengoptimalkan deskripsi meta dengan benar dapat membantu meningkatkan rasio klik-tayang, persepsi kualitas, dan persepsi tentang apa yang situs web tawarkan.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Lakukan Audit Konten supaya Optimasi SEO On Page Maksimal

Audit Konten

Mengaudit konten untuk membantu optimasi SEO On Page semakin maksimal

Sebagian besar situs web membuat konten yang berfokus pada pembuatan konten baru dan lupa untuk mengaudit konten yang sudah ada. Padahal, mengaudit konten yang sudah terbit sebelumnya sangat penting karena dapat membantu dalam beberapa hal.

Pertama, mengaudit konten dapat memberikan evaluasi apakah konten yang ada mencapai targetnya, dan yang kedua, dan dapat mengidentifikasi apakah informasi dalam konten masih akurat atau sudah basi. Selain itu, mengaudit konten juga dapat menentukan jenis konten yang cocok untuk situs web sehingga bisa membantu strategi penerapan SEO selanjutnya.

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih jauh tentang SEO, termasuk SEO On-Page, kamu bisa bergabung di kelas Mengenal Search Engine Optimization dari MySkill.id. dalam kelas ini, kamu akan belajar mengenai konsep dasar dan lingkup strategi SEO. Selain itu, kamu juga akan belajar memahami konten untuk SEO dan distribusinya. Jadi, jangan sampai ketinggalan, ya!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Editor: Diah Ayu Chairani