Merasa Malas Setelah Liburan? Pahami Post-Holiday Blues dan Cara Mengatasinya!

1 min read

Liburan telah usai! Di antara kita mungkin sudah ada yang kembali bekerja, sekolah, ngampus, atau menjalankan rutinitas lainnya. Sebagian dari kita juga mungkin ada yang merasa sedih dan tidak bersemangat untuk kembali beraktivitas. Nah! Fenomena ini dikenal sebagai post-holiday blues.

Apa sih, tepatnya post-holiday blues itu? Post-holiday blues atau sindrom pascaliburan merupakan sekumpulan perasaan negatif yang biasanya muncul setelah menyelesaikan liburan. Hal ini terjadi karena kamu terus membayangkan waktu liburan yang sudah terlewati.

Apabila sindrom ini kamu biarkan, tentu akan menganggu produktivitas dan kualitas hidupmu. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak cara sederhana mengatasinya berikut ini!

1. Cobalah Bercerita dengan Seseorang

Post-Holiday Blues
https://www.pexels.com/photo/photography-of-women-talking-to-each-other-1181717/
Berceritalah dengan seseorang baik secara langsung atau tidak untuk mengalihkan pikiran.

Tips pertama cobalah untuk berbicara atau bercerita dengan orang yang dapat membuatmu nyaman, bisa melalui tatap muka maupun telepon. Kamu dapat mengobrol dengannya tentang banyak hal, seperti bagaimana liburanmu, bagaimana kabar temanmu, dan masih banyak lagi.

Cara ini akan membantu kamu untuk bisa fokus dan kembali merasa memiliki teman. Alhasil, kamu tidak akan merasa kesepian atau melulu memikirkan liburanmu yang sudah lewat.

2. Keluar Rumah dan Lakukan Aktivitas

Post-Holiday Blues
https://www.pexels.com/photo/women-sitting-on-green-grass-field-4833957/
Carilah udara segar di luar rumah untuk menyegarkan pikiran.

Cara selanjutnya kamu dapat melakukan aktivitas di luar rumah untuk menghirup udara segar dan menyegarkan pikiran. Sebab terkadang tempat tinggalmu pasti akan membuatmu merasa kesepian dan mengekang, terlebih jika dampak post-holiday blues sedang sangat kamu rasakan.

Kamu dapat bertemu dengan seseorang atau hanya berjalan-jalan sendirian di taman. Hal ini sangat membantumu untuk mendapatkan suplai oksigen baru yang dapat membantu mencerahkan pikiran. Interaksi dengan orang lain akan sangat membantu mengatasi perasaan buruk yang saat ini kamu rasakan.

3. Berolahraga

Post-Holiday Blues
https://www.pexels.com/photo/person-holding-barbell-841130/
Berolahraga akan membantumu fokus.

Olahraga memiliki banyak dampak positif dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan mental. Apabila kamu mengalami post-holiday blues, salah satu cara mengatasinya adalah dengan berolahraga. Tujuannya agar kamu bisa kembali membugarkan badan dan pikiran.

So, Lakukanlah olahraga sebaik mungkin untuk menaikkan mood, ya!

Baca juga: Kuliah Sambil Kerja di Luar Negeri, Boleh atau Tidak?

4. Memasak Makanan Favorit

Post-Holiday Blues
https://www.pexels.com/photo/woman-in-the-kitchen-cooking-2890387/
Memasak adalah salah satu cara untuk menaikkan mood.

Kamu suka memasak? Kalau begitu coba atasi sindrom pascaliburanmu ini dengan memasak makanan favorimu. Namun, sebisa mungkin hindari makanan yang mengingatkanmu pada masa-masa liburan.

Selain mengatasi sindrom, ini akan merangsang kemampuan memasakmu dan mengalihkan perasaan negatif ke aktivitas yang lebih positif. Tidak hanya memasak makanan favorit, kamu juga bisa mencoba resep baru untuk mengasah keahlian dan kreativitas dalam memasak.

Baca juga: Nyeleneh Tapi Nyata! 6 Pekerjaan Unik Ini Ternyata Bukan Sekedar Gurauan

5. Membaca Buku

Post-Holiday Blues
https://www.pexels.com/photo/fashion-woman-girl-women-34075/
Baca buku merupakan salah satu hiburan yang bermanfaat.

Membaca buku bisa merangsang pikiranmu untuk berpikir secara logis dan melatih daya imajinasi. Namun, ini tentu tergantung dengan buku apa yang sedang kamu baca.

Selain menghabiskan waktu, membaca buku juga bisa membantumu untuk melupakan liburan yang sudah lewat. Jenis buku apapun dapat kamu baca, sesuai dengan preferensi masing-masing.

Demikian, itu tadi beberapa cara sederhana yang juga bermanfaat untuk mengatasi post-holiday blues. Ada tambahan lagi! Selain cara-cara di atas kamu juga dapat mengalihkan pikiranmu dengan mengikuti berbagai rangkaian kelas yang ada di MySkill!

Kamu dapat mempelajari cara mempersiapkan karir profesional atau belajar bahasa baru, seperti belajar bahasa Jerman untuk menghabiskan waktu dengan cara yang lebih bermanfaat. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, belajar bersama MySkill!

Baca juga: Pentingkah Side Hustle di Tahun 2022? Cek Artikel Ini Biar Tahu!

Editor: Resti Hanafiani