Digital Payment: Jenis dan Platform yang Sering Digunakan

1 min read

digital payment adalah

Perkembangan teknologi yang semakin maju di Indonesia memberikan dampak yang positif dan kemudahaan bagi segala aktivitas dan kebutuhan masyarakat, salah satunya muncul dan berkembangannya digital payment beberapa tahun belakangan. Kamu tentunya sudah tidak asing dengan hal ini?

Yes, Digital payment adalah metode pembayaran yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital. Dengan demikian, segala bentuk transaksinya terjadi secara online atau melalui komputasi seluler yang mendukung internet sehingga tidak memerlukan pertukaran uang fisik. 

Masyarakat sudah tidak perlu membawa banyak uang dalam dompet sehingga lebih mudah dan aman. Namun, sudahkah kamu tahu jenis dan platform pembayaran digital apa saja yang paling sering masyarakat gunakan? Nah, MySkill.id telah merangkumnya untukmu. Jadi, simak ya!

1. Jenis Digital Payment Populer di Indonesia

jenis pembayaran digital
Jenis pembayaran digital 

Nah, untuk lebih memahami digital payment, perlu mengetahui tipe-tipenya terlebih dahulu. Di Indonesia, terdapat beberapa jenis pembayaran elektronik yang sering digunakan oleh masyarakat, antara lain: 

  • Mobile banking adalah layanan atau fitur dari bank melalui aplikasi mobile pada smartphone untuk melakukan transaksi secara digital dimana saja dan kapan pun. Pada dasarnya, istilah ini untuk menggambarkan berbagai layanan yang tersedia untuk ponsel.
  • Internet banking adalah layanan yang tersedia melalui jaringan internet aktif. Umumnya, nasabah daftar terlebih dahulu dan akan mendapatkan token untuk dapat melakukan semua transaksi utama pada website.
  • SMS banking adalah jenis pembayaran atau transaksi perbankan melalui SMS. Nasabah dapat mengakses informasi mulai dari saldo, mutasi rekening, tagihan kartu kredit, hingga suku bunga.
  • E-Money adalah tipe digital payment berupa uang yang tersimpan dalam media elektronik tertentu berbasis chip pada kartu. Umumnya hal ini diterbitkan oleh pihak bank dengan menyetorkan sejumlah uang tunai.
  • E-Wallet adalah aplikasi pada smartphone berupa dompet virtual menyimpan uang yang dapat masyarakat pakai untuk transaksi secara daring atau offline. Kebanyakan penggunaannya melalui scan QR code, nomor ponsel, atau credit card.

Baca juga: Produk Digital: Definisi dan Contoh Produk untuk Referensi Ide Bisnismu untuk Bisnismu

2. Platform Digital Payment

platform digital payment
Aplikasi pembayaran digital populer

Berdasarkan jenis-jenis digital payment tadi, ada empat platform yang penggunanya paling banyak, yakni:  

  • GoPay merupakan layanan fintech milik Go-Jek. Jadi, pengguna menyimpan uang berupa saldo yang dapat digunakan untuk belanja online, membayar tagihan, isi ulang pulsa, dan sebagainya. Selain itu, pengisian saldo dapat melalui ATM, minimarket, atau pengemudi.
  • OVO juga salah satu e-money yang paling banyak digunakan karena memudahkan berbagai pembayaran, seperti listrik, dan lain-lain. Nah, pengisian saldonya melalui m-banking, internet banking, atau debit card.
  • DANA merupakan salah satu aplikasi e-wallet untuk melakukan berbagai transaksi tunai dan non tunai melalui kode QR. Pengisian uang dapat melalui berbagai cara, seperti menyambungkan pada akun bank, game, atau minimarket
  • LinkAja adalah platform keuangan digital milik Telkomsel dan anggota BUMN berupa e-wallet yang memudahkan berbagai proses pembayaran melalui daftar kontak dan scan QR Code.

Nah, itulah jenis dan beberapa platform digital payment yang paling banyak masyarakat Indonesia gunakan. Metode pembayaran digital ini memang lebih praktis, tetapi pengguna juga harus tetap memperhatikan keamanannya dan waspada terhadap cybercrime, ya!

Untuk kamu yang ingin meningkatkan skill dapat bergabung dengan MySkill.id, loh! Ada beragam e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan metode pembelajaran yang seru dan menyenangkan, seperti kelas Pemasaran Digital untuk mengenal Digital Marketing Framework! Yuk, segera gabung MySkill.id!