5 Kemampuan yang Kamu Butuhkan untuk Bersaing Pascapandemi

Pandemi mulai mereda. Dunia pun mulai beradaptasi dengan kondisi yang baru. Semua sektor akan terpengaruh termasuk dalam bidang profesional. Memang belum ada gambaran tentang bagaimana dunia nanti pascapandemi. Namun, dapat dipastikan dunia tidak akan kembali lagi seperti sedia kala.

Sebagai seorang kandidat kamu harus mempersiapkan diri untuk siap berkembang dan bersaing. Berikut ini, mari simak lima kemampuan yang kamu butuhkan untuk bersaing di dunia pascapandemi!

1. Kepemimpinan

5 Kemampuan yang Kamu Butuhkan untuk Bersaing Pascapandemi
Tidak hanya pemimpin yang membutuhkan kemampuan kepemimpinan.

Tidak hanya “atasan” yang harus memiliki kemampuan untuk memimpin. Semua orang yang ingin bersaing dan bertahan di dunia pascapandemi juga harus memilikinya. Dengan sikap kepemimpinan, kamu tidak hanya belajar untuk mengatur orang lain, tetapi juga mengartikulasikan strategi dan visimu untuk membantu orang lain. Kamu harus belajar menerima masukan dari rekan sejawat maupun atasanmu. Jika kamu ingin bersaing di dunia yang baru ini belajarlah menjadi pemimpin yang baik.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Berpikir Kritis

5 Kemampuan yang Kamu Butuhkan untuk Bersaing Pascapandemi
Kamu harus dapat berpikir kritis untuk menyelesaikan masalah.

Ketidakpastian adalah suatu hal yang pasti. Banyak berita hoaks dan data yang tidak kredibel. Oleh karena itu, kamu perlu untuk memiliki kemampuan berpikir kritis.

Dengan kemampuan berpikir kritis, kamu dapat berpikir secara jernih dan rasional. Kamu perlu mengevaluasi informasi yang didapat untuk menghasilkan keputusan yang baik.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Kreativitas

5 Kemampuan yang Kamu Butuhkan untuk Bersaing Pascapandemi
Keunikan manusia berasal dari pemikirannya yang kreatif.

Dengan lahirnya beragam teknologi baru menuntut para pekerja bisa berpikir lebih kreatif dan inovatif. Kemampuan kreatif yang dimaksud tidak hanya bermakna industri kreatif, sebab semua sekor juga membutuhkan kreativitas untuk melawan tantangan dan mengambil kesempatan dengan sebaik mungkin. Semua hal menuntut akurasi dan kecepatan di dunia, terlebih pascapandemi.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

4. Adaptif

5 Kemampuan yang Kamu Butuhkan untuk Bersaing Pascapandemi
Kamu harus dapat beradaptasi di berbagai lingkungan.

Sejak pandemi dan pascapandemi, banyak perubahan terjadi diberbagai sektor. Kemampuan beradaptasi yang baik sangat kamu butuhkan untuk bisa menyesuaikan diri dengan segala perubahan yang terjadi. Dengan memiliki sikap adaptif, kamu akan dengan mudah melihat peluang dan mengambil segala kesempatan yang memungkinkan.

Dengan kondisi yang serba dinamis ini kamu harus bisa beradaptasi termasuk dalam hal pekerjaan. Karena terkadang pekerjaan akan menuntutmu untuk bisa bekerja di bawah tekanan. Oleh karena itu, kemampuan beradaptasi sangat kamu perlukan untuk bisa menyesuaikan diri dengan segala kondisi.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

5. Kecerdasan Emosional

5 Kemampuan yang Kamu Butuhkan untuk Bersaing Pascapandemi
Dengan empati kamu akan menjadi orang yang lebih baik.

Selanjutnya, kemampuan yang terakhir adalah kecerdasan emosional. Dengan kecerdasan emosional kamu akan lebih mudah mengerti apa yang orang lain rasakan. Selain itu, kamu juga akan memiliki interaksi yang lebih baik dengan orang lain. Menerapkan kecerdasan emosional dalam bekerja akan menghasil komunikasi yang lebih efektif dan hasil pekerjaan yang lebih baik.

Selain menanamkan dan menerapkan lima kemampuan di atas, kamu juga perlu meningkatkan keterampilan diri. Salah satunya dapat kau tingkatkan dengan mengikuti rangkaian kelas persiapan karier dari MySkiil.id. Yuk, kembangkan potensi yang kamu miliki bersama MySkill!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill