4 Tips Belajar Ampuh untuk Menjadi UI/UX Designer Handal!

Saat ini, banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi UI/UX designer. Hal tersebut membuat orang berbondong-bondong mempelajari UI/UX design. Buat kalian yang ingin meniti karir sebagai UI/UX designer, MySkill.id punya 4 tips belajar yang bisa ngebantu kalian untuk menjadi seorang UI/UX designer handal! Yuk, langsung aja masuk ke topik pembahasan!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Harus Paham Mengenai UI/UX Design

4 Tips Belajar Ampuh untuk Menjadi UI/UX Designer Handal!
Hal pertama yang wajib banget kalian ketahui

Memahami prinsip dan konsep dasar merupakan langkah awal yang harus kalian lakukan saat hendak mempelajari segala sesuatu. Begitu pula ketika kalian mempelajari UI/UX design. Memahami prinsip-prinsip dari UI/UX design akan sangat membantu proses belajar kalian ke depannya.

Sesuai dengan namanya, pekerjaan utama dari seorang UI/UX designer adalah mendesain, terutama dalam ranah User Interface (UI) dan User Experience (UX). Kreativitas merupakan aset terpenting dari seorang UI/UX designer. Maka dari itu, yang perlu kalian lakukan adalah memperbanyak aktivitas yang dapat mengasah kreativitas.

Kalian juga harus mempelajari berbagai warna dasar dan psikologi dari setiap warna tersebut. Selain itu, memiliki kemampuan dalam menyeimbangkan setiap warna dapat menjadi nilai tambah bagi seorang UI/UX designer.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

2. Kenali Berbagai Macam Software

4 Tips Belajar Ampuh untuk Menjadi UI/UX Designer Handal!
Software bagaikan hembusan nafas bagi UI/UX designer

Software yang dimaksud adalah alat untuk mendesain. Mengenal dan memahami berbagai macam tools hukumnya wajib bagi seorang UI/UX designer. Tanpanya, ide yang ada di benak kalian tidak akan pernah menjadi sebuah mahakarya.

Ada banyak pilihan aplikasi yang dapat kalian gunakan seperti Adobe, Figma, Sketch, dan lain-lain. Berbagai tools atau software tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kalian dapat menyesuaikan dan memilihnya sendiri berdasarkan kebutuhan. Gak perlu khawatir masalah biaya karena ada banyak software yang tersedia secara gratis, loh!

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

3. Mengenal Proses Kreatif UI/UX Design

4 Tips Belajar Ampuh untuk Menjadi UI/UX Designer Handal!
Proses kreatif ngebantu kamu dalam mendesain

Kalian udah pernah mendengar mengenai proses kreatif dari UI/UX design atau belum? Proses kreatif UI/UX design merupakan tahapan yang harus kalian lakukan di setiap proyek sehingga mampu menghasilkan desain yang berkualitas.

Ada 4 tahapan yang bisa kalian ikuti untuk membantu kalian dalam proses mendesain, yaitu discover, define, develop, dan delivery. Keempat tahapan tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda pula. Pada tahapan pertama, kalian harus melakukan riset dan mencari ide. Kalian bisa melanjutkannya ke tahapan kedua dengan cara memperjelas ide yang telah kalian temukan sebelumnya. 

Tahapan ketiga merupakan tahapan yang paling penting, loh! Kalian harus mengembangkan ide tersebut sehingga menghasilkan desain yang berkualitas. Tahapan selanjutnya adalah tahapan akhir, pada tahapan ini yang perlu kalian lakukan hanyalah memberikan sentuhan akhir dan menyelesaikan proyeknya.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

4. Perbanyak Referensi

4 Tips Belajar Ampuh untuk Menjadi UI/UX Designer Handal!
Referensi itu kunci

Kemampuan UI/UX designer dalam menentukan kualitas hasil desain sangatlah penting. Selain itu, seorang UI/UX designer harus bisa melihat kekurangan dan kelebihan dari suatu desain. Kalian hanya bisa mendapatkan kemampuan tersebut dengan cara memperbanyak referensi. 

Referensi tersebut bisa hadir dalam bentuk apa saja mulai dari artikel, video, dan hasil karya orang lain. Kalian juga bisa mencari komunitas UI/UX design terdekat dan bergabung ke dalamnya. Di sana kalian bisa meminta saran dan masukan kepada orang lain yang lebih ahli.

Setelah mengetahui berbagai tips yang bisa ngebantu kalian menjadi UI/UX designer handal di atas, langkah terakhir yang wajib kalian lakukan adalah menanamkan sifat pantang menyerah dan konsisten selama belajar ke dalam diri agar kalian bisa terus berkembang.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Seperti yang telah kita ketahui, memahami prinsip serta fondasi dasar saat belajar sangatlah penting. Nah, buat kalian yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai Fondasi User Interface dan Experience Design, kalian bisa bergabung di kelas Desain UI/UX bersama MySkill.id! Selain itu, ada banyak kelas dan bootcamp menarik lainnya untuk meningkatkan kemampuanmu!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill