Pekerjaan yang Akan Hilang di Masa Depan dan Tergantikan oleh Teknologi

2 min read

pekerjaan yang akan hilang

Perkembangan teknologi dunia menjadi semakin pesat dari tahun ke tahun. Saat ini, teknologi mengambil peran besar dalam kehidupan manusia dan selera pasar. Teknologi yang semakin canggih menawarkan efisiensi dalam pekerjaan, layanan, dan kebutuhan manusia. 

Hal inilah yang membuat beberapa pekerjaan dan layanan mulai banyak memanfaatkan teknologi robot. Hal tersebut juga menyebabkan beberapa pekerjaan akan terancam hilang karena telah tergantikan oleh robot dan teknologi. Berikut ini, MySkill.id telah merangkum pekerjaan yang akan hilang di masa depan. Yuk, simak!

1. Pustakawan

pustakawan pekerjaan yang akan hilang di masa depan
Pustakawan harus aktif beradaptasi dengan perkembangan teknologi

Pekerjaan pustakawan mungkin akan mengalami penurunan bahkan hilang di masa depan. Sudah banyak tersedia perpustakaan digital dan toko buku digital dengan buku berbentuk e-book. Sistem peminjaman dan pembelian e-book juga relatif lebih mudah dan lebih murah daripada secara offline.

E-book yang tersedia juga lengkap, mulai dari buku-buku klasik hingga buku-buku yang baru rilis. Selain itu dengan layanan digital ini, penikmat buku tidak perlu menempuh jarak dan waktu untuk pergi ke perpustakaan dan toko buku. Namun, pekerjaan ini mungkin tidak akan hilang jika pustakawan lebih aktif, memperbarui ilmu dan kreativitas mereka sesuai tuntutan zaman.

Baca juga: 5 Pekerjaan Digital Marketing yang Sebaiknya Kamu Ketahui  

2. Pengantar Surat

pengirim surat pekerjaan yang akan hilang di masa depan
Kini mengirim surat dapat melalui e-mail

Jumlah pekerja pengantar surat semakin berkurang dari tahun ke tahun. Saat ini, suatu perusahaan atau instansi yang perlu mengirim surat dapat mengirim melalui e-mail. Sementara itu, untuk mengirim barang orang-orang sudah memanfaatkan layanan pengiriman barang, seperti JNE atau TIKI. Kotak surat pun sudah sangat jarang kita lihat, teknologi membuat semuanya lebih praktis, tetapi pekerjaan pengantar surat menjadi semakin sedikit. 

3. Agen Travel

agen travel pekerjaan yang akan hilang di masa depan
Pemesanan tiket pesawat dan wisata kini menggunakan aplikasi

Sama seperti membeli buku yang dapat dilakukan secara digital, membeli tiket wisata pun dapat melalui aplikasi atau website melalui ponsel. Calon wisatawan dapat melihat harga tempat wisata, harga hotel, fasilitas hotel, hingga mengetahui layanan dan tempat yang ada.

Hal ini mengancam agen travel jika mereka tidak beralih ke layanan digital karena sudah banyak sekali aplikasi layanan pemesanan tiket wisata dan hotel.

Baca juga: 7 Jenis Pekerjaan yang Bakal Terus Dicari oleh Startup     

4. Kasir

kasir pekerjaan yang akan hilang di masa depan
Pekerjaan kasir kemungkinan akan hilang

Apa kamu pernah dengar robot menjadi kasir? Ya, itulah yang mungkin akan terjadi pada lima atau sepuluh tahun ke depan. Saat ini, beberapa rumah makan di Jepang sudah menggunakan robot.

Sementara itu, orang-orang juga sudah banyak membayar belanjaan menggunakan kartu debit atau dompet digital, bahkan pada outlet makanan cepat saji kita bisa memilih menu, memilih tempat duduk, dan melakukan pembayaran sendiri melalui mesin yang tersedia. Hal inilah yang menyebabkan kemungkinan pekerjaan kasir tidak akan ada lagi di masa depan.

5. Bagian Produksi

pekerjaan bagian produksi dan perakitan yang akan hilang di masa depan

Kegiatan produksi adalah sebuah proses menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Saat ini banyak proses produksi yang perannya sudah digantikan oleh mesin canggih, alasannya adalah untuk efisiensi biaya dan mempercepat proses produksi. Kesempatan kerja di bagian produksi akan membuat semakin kecil dengan perkembangan teknologi. Misalnya produksi pakaian, kayu, perakitan otomotif dan hasil pertanian.

Nah, itu tadi pembahasan pekerjaan yang akan hilang di masa depan. Perkembangan teknologi selalu memberikan dampak baik dan buruk bagi kehidupan manusia sehingga manusia perlu beradaptasi akan hal itu. Pekerjaan itu adalah translator, pengantar surat, agen travel, kasir, dan bagian produksi.

Menurutmu apakah pekerjaan tersebut dapat bertahan untuk waktu yang lama atau justru hilang lebih cepat? Buat kamu yang ingin meningkatkan skill beasiswa atau persiapan karier, kamu bisa bergabung dengan MySkill.id! Ada banyak pelatihan via bootcamp dan e-learning yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan metode yang menyenangkan.

Editor: Alwan Kurnia