Memahami Pengertian Community Marketing dan Peran Brand Community

Kamu pernah denger tentang community marketing? Sebenarnya apa sih pengertian community marketing? Jangan khawatir, Myskill.id akan menjelaskan secara garis besar pengertian mengenai community marketing, sekaligus 5 peran penting dalam brand community.

Community marketing adalah strategi yang melibatkan pembentukan dari adanya suatu merek yang menarik dan bertujuan sebagai sarana interaksi dengan komunitas pelanggan yang sudah ada. Jenis pemasaran ini terjadi di tempat-tempat seperti grup enthusiast, grup Facebook, papan pesan daring, dan akun Twitter.

Dengan adanya community marketing, para komunitas ini memberi anggotanya wadah untuk mencari kebutuhan mereka dan memberi perusahaan kesempatan untuk merespons serta menyediakan mereka produk atau jasa yang pengguna inginkan.

Lalu, apa itu brand community? Brand community adalah sebuah wadah untuk para pengusaha atau pebisnis untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Dalam platform ini, terdapat kumpulan orang yang tertarik dengan produk, layanan, dan brand kamu.

Pebisnis atau pengusaha bisa saling berinteraksi melalui komunitas tersebut dan berbagi pengalaman terkait produk, layanan, atau berdiskusi mengenai hal lainnya.

Yuk, langsung simak rangkuman Myskill.id tentang peran penting brand community untuk perusahaan kamu!

1. Memahami Apa yang Konsumen Butuhkan

pengertian community marketing https://www.pexels.com/id-id/foto/919436/
Apa yang dibutuhkan konsumen

Pada proses community marketing, komunitas perlu memberikan wadah bagi pelanggan dan penjual dalam mencari produk atau jasa yang tepat. Dengan menggunakan brand community, kamu sebagai penjual maupun pelanggan akan lebih mudah mencari kebutuhan yang tepat.

Dalam wadah ini, kamu akan menemukan manfaat dari adanya interaksi antara penyedia dan penerima jasa. Selain mencari kebutuhanmu sendiri, brand community juga menjadi ladang bisnis yang tepat.

2. Memperluas Jaringan dan Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

pengertian community marketing https://www.pexels.com/id-id/foto/972995/
Buat pelangganmu menjadi loyal!

Ketika kamu menawarkan suatu produk, brand community secara tidak langsung akan memberikan kesan bagi para penggunanya. Semakin banyak yang membeli atau memberi ulasan terhadap produk atau jasa yang perusahaanmu sediakan, maka pelanggan akan semakin percaya terhadap kredibilitas merekmu.

Bukan hanya itu, dari banyaknya ulasan dan luasnya jangkauan pelangganmu, brand community juga akan memperbanyak kuantitas jaringan pangsa pasar untuk perusahaanmu.

3. Meningkatkan Nilai Brand

pengertian community marketing https://www.pexels.com/id-id/foto/2292953/
Produkmu akan semakin dikenal

Siapa yang tidak ingin merek dari perusahaannya memiliki nilai ekonomis dan mendapat kepercayaan banyak orang?

Oleh karena itu, brand community hadir demi menyediakan wadah untuk produk atau jasamu dalam masalah peningkatan kepuasan bagi pelanggan yang menggunakan platform tersebut. Semakin banyak pelanggan yang membeli produk atau menggunakan jasamu, maka nilai dari merekmu pun akan meningkat.

Baca juga: 3 Tujuan Utama Social Media Marketing untuk Bisnis yang Wajib Diketahui

4. Interaksi dengan Konsumen yang Mudah

pengertian community marketing https://www.pexels.com/id-id/foto/5413724/
Membangun hubungan yang baik dengan pelanggan

Melalui brand community, pengguna akan lebih mudah menemukan produk atau jasa yang mereka inginkan. Maka dengan menggunakan wadah ini, perusahaanmu dan calon pelangganmu akan dengan mudah menentukan ‘barang yang sesuai’.

5. Sebagai Pebisnis akan Lebih Percaya Diri

pengertian community marketing https://www.pexels.com/id-id/foto/3771087/
Membuat dirimu lebih percaya diri lagi dalam berbisnis!

Dalam berbisnis, kepercayaan diri adalah hal yang utama. Jika kamu memulai sebuah usaha baru, maka kepercayaan dirimu dalam mempromosikan barang atau jasa kepada konsumen adalah hal yang krusial untuk kamu lakukan.

Brand community pun menyediakan tempat untuk perusahaan dan konsumenmu untuk saling berinteraksi dan mengembangkan kepercayaan satu sama lain. Hal ini akan membuat pengusaha lebih percaya diri dalam menentukan pilihan ataupun membuat pilihan.

Itulah tadi 5 manfaat brand community bagi kamu para pegiat pasar komunitas. Kelima manfaat tadi mungkin bagi sebagian orang akan terdengar subjektif, tapi harapannya tulisan ini bisa menjadi acuan umum bagi kamu yang membaca, ya!

Tunggu dulu, bagi kamu yang ingin mengetahui, mengikuti pelatihan, ataupun menambah pengetahuan mengenai marketing, kamu bisa cek kelas, bootcamp, dan program Myskill.id ya! Di sana kamu akan menemukan berbagai macam kelas marketing yang cocok buat kamu!

Editor: Putrika Annaya Salsabila

Baca juga: Ikut Komunitas Marketing Yuk! Komunitas Wajib Bagi Marketer!