Pahami 5 Strategi Kreatif Pemasaran Melalui Media Sosial Ini

Strategi pemasaran melalui media sosial memanglah penting, bentuk pemasaran digital yang satu ini menggunakan platform sosial media dan web jaringan untuk keperluan memperkenalkan atau mempromosikan produk dan jasa melalui metode berbayar dan tidak berbayar.

Saat ini, banyak marketer yang memanfaatkan popularitas media sosial lho, sahabat MySkill. Ketenaran media sosial di kalangan pengguna internet menjadikan mereka mulai mempromosikan merek dagang masing-masing pada platform tersebut. Ada banyak sekali platform media sosial yang bisa kamu pilih sebagai perantara antara dirimu dengan calon pembeli, seperti YouTube, Facebook, Whatsapp, Instagram, Twitter, TikTok, Line, LinkedIn, dan lain sebagainya.

Kemudian, pemasaran media sosial itu melibatkan kegiatan seperti hadir pada jejaring sosial, mulai melakukan langkah guna mendongkrak brand awareness, melihat prospek usaha, menggaet pelanggan melalui konten, dan mempromosikan produk serta layanan.

Baiklah, tidak perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita lihat penjelasan mengenai 5 strategi pemasaran melalui media sosial supaya usaha kamu nanti bisa berjalan dengan lancar dan mendatangkan untung yang sebesar-besarnya.

1. Lakukan Audit Media Sosial

Pahami 5 Strategi Kreatif Pemasaran Melalui Media Sosial Ini
Mulailah analisis dengan perlahan

Strategi pemasaran melalui media sosial yang pertama adalah melakukan analisis terhadap hal yang berjalan dengan baik pada bisnismu sebelumnya. Perhatikan karakteristik audiens, jenis konten seperti apa yang bagus dan berfungsi, serta komponen pendukung lainnya. 

Selanjutnya, kunjungi pula google analytics supaya mengerti platform mana yang paling berguna untuk memberikan arahan lalu lintas ke web kamu. Lalu, hal lain yang bisa bermanfaat adalah mengamati pesaing dan memahami kelebihan dan kekurangan perusahaan tersebut. Tujuannya adalah membantu kamu merancang strategi media sosial yang paling efektif. 

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

2. Menyusun Target dan Menentukan Jenis Sosial Media 

Pahami 5 Strategi Kreatif Pemasaran Melalui Media Sosial Ini
Langkah ini sangat penting untuk keberlangsungan usaha kamu kedepannya

Seberapa pentingnya menyadari target pasar untuk bisnismu? Penting banget, dong. Target pasar adalah sekelompok orang yang menjadi sasaran penjualan produk suatu perusahaan. 

Misalkan saja targetmu itu kalangan anak muda yang sedang aktif menjalani berbagai kegiatan. Nah, dari pihak perusahaan mesti memahami produk seperti apa yang bisa mereka terima, katakan saja usahamu itu berupa minuman kekinian. Kemungkinan besar akan berhasil karena itu juga sedang trend

Selain itu, mulailah untuk memilih media sosial mana yang akan kamu gunakan sebagai perantara memasarkan produk. Ada baiknya menggunakan media sosial yang banyak orang gunakan, seperti seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

3. Menciptakan Konten yang Tidak Membosankan Sekaligus Kreatif

Pahami 5 Strategi Kreatif Pemasaran Melalui Media Sosial Ini
Konten yang seru akan menjadi pilihan banyak orang

Siapa sih yang tidak mau melihat konten yang menarik dan kreatif? Kami rasa tidak ada karena orang lain juga ingin mendapatkan informasi lebih dengan tampilan yang tidak membosankan. 

Lebih lanjut, apabila orang tersebut menyukai konten yang kamu buat, besar kemungkinan ia akan menyebarluaskannya minimal ke media sosial pribadi. Pada akhirnya kamu juga yang akan mendapatkan keuntungan, sebab pengguna internet lainnya menjadi lebih tahu produk bisnismu.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

4. Membangun Komunikasi Secara Efektif 

Pahami 5 Strategi Kreatif Pemasaran Melalui Media Sosial Ini
Manfaatkan bantuan orang di sekitar kamu

Sekarang, saatnya kamu menjalin hubungan  yang baik dengan banyak orang agar jangkauan perusahaanmu untuk memperkenalkan produknya jauh lebih luas lagi. Coba saja berikan postingan yang menarik ke media sosial pribadimu. Biasanya langkah ini dilakukan saat seseorang baru saja merintis usaha.

5. Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial: Memantau Aktivitas Media Sosial Secara Konstan

Pahami 5 Strategi Kreatif Pemasaran Melalui Media Sosial Ini
Amati setiap progress yang ada

Kamu perlu memantau aktivitas dari media sosial bisnismu itu setelah semua tahapan sudah terlewati. Apa tujuannya? Supaya mengetahui mana aktivitas yang berhasil perusahaan terapkan dan yang tidak.

Lalu, hentikan aktivitas yang tidak berhasil tersebut dan atasi masalah yang ada melalui kerja tim serta temukan cara lain yang berdasarkan perhitungan bisa membawa kebaikan bagi perusahaan.

Itu tadi adalah kelima strategi pemasaran melalui media sosial yang bisa kami bagikan untuk sahabat MySkill sekalian yang sedang mencari informasi terkait hal tersebut. Semoga bisa membuat kamu lebih paham, ya!

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti kelas yang diadakan oleh MySkill.id, lho. Terdapat pembahasan mengenai cara membuat strategi sosial media. Nantinya kamu akan memperoleh pengetahuan tentang cara memahami audiens, merancang konten pilar, metode distribusi konten, eksperimentasi pada sosial media, dan laporan untuk sosial media. Worth it banget nih, harganya juga terjangkau. Cobain ya nanti! Kasih pendapatmu juga di kolom komentar.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill