TOEFL VS IELTS: Ini Dia 5 Perbedaannya!

Dalam pekerjaan maupun pendidikan syarat berupa sertifikasi kemampuan bahasa Inggris sudah menjadi syarat umum yang harus dilengkapi. Tentunya kamu juga sudah tidak asing apabila mendengar kata TOEFL maupun IELTS. Keduanya merupakan sertifikasi yang paling umum untuk menjadi syarat melanjutkan studi, terlebih lagi untuk kamu yang memiliki target meneruskan studi di luar negeri. Namun, apakah sering terlintas di pikiran mengenai dua sertifikasi ini. Apakah memiliki perbedaan atau memang secara umum memiliki kesamaan yang signifikan. Bahkan dapat kita katakan kedua sertifikasi ini memiliki kualitas yang baik. Namun manakah yang paling reccomended? Nah, daripada kamu bingung, aku bingung, dan kita semua bingung melalui artikel ini sobat MySkill.id akan mengajak kamu untuk mengenal perbedaan TOEFL dan IELTS. Yuk kita simak bersama!

1. Kegunaan Dari Sertifikasi TOEFL dan IELTS

TOEFL VS IELTS: Ini Dia 5 Perbedaannya!
Sesuaikan dengan kebutuhanmu

Meski memiliki persamaan berupa sertifikasi bahasa Inggris, tetapi keduanya memiliki kegunaan yang berbeda guys. Untuk kamu yang tertarik melanjutkan pendidikan di negara Amerika maupun Kanada maka sertifikasi yang digunakan adalah TOEFL dan tentunya memiliki target nilainya tersendiri. Namun, apabila kamu lebih tertarik untuk melanjutkan pendidikan di negara Inggris, Australia, dan Selandia Baru maka kamu tidak menggunakan sertifikasi TOEFL melainkan IELTS.

2. Bahasa Inggris Yang Digunakan Dalam TOEFL Dan IELTS

TOEFL VS IELTS: Ini Dia 5 Perbedaannya!
Sama bukan berarti tidak ada perbedaan

Nah, kamu pasti penasaran bukan kenapa sertifikasi yang digunakan untuk melanjutkan studi pendidikan berbeda apabila negara yang dituju berbeda. Tentu saja karena bahasa inggrisnya! TOEFL menggunakan bahasa Inggris Amerika sedangkan IELTS menggunakan bahasa Inggris british. Makanya jika kamu ingin melanjutkan studi pendidikan ke luar negeri terdapat perbedaan pada syarat sertifikasinya. Jadi sesuaikan dengan kebutuhanmu ya!

3. Soal Pada Tes

TOEFL VS IELTS: Ini Dia 5 Perbedaannya!
Soalnya juga berbeda loh

Selain kegunaan dan bahasa yang berbeda, soal ujian pada masing-masing sertifikasi ini juga berbeda loh! Jangan lalai dan jangan terkecoh dengan kedua sertifikasi ini. Pada TOEFL soal yang ada berupa kemampuan Listening, Structure and Written Expression, dan Reading Comprehension yang memiliki pilihan jawaban berupa pilihan ganda.

Hal ini begitu berbeda dengan IELTS yang memiliki kesamaan pada soal berupa Speaking Writing, Reading, dan Listening namun jawaban yang ada berupa jawaban essay. Durasinya pun berbeda antara TOEFL dan IELTS. Bagaimana? Menantang sekali bukan.

Baca juga : Ingin Lolos Tahap Interview? Simak Tips Menjawab Pertanyaan Interview Berikut Ini!

4. Sistem Penilaian Pada Tes

TOEFL VS IELTS: Ini Dia 5 Perbedaannya!
Penilaian berbeda

Berbeda soal tesnya, tentu saja sistem penilaiannya juga berbeda. Untuk TOEFL sendiri nilai akumulasi maksimal adalah 120 atau 677 dari rentang nilai 0-120. Sedangkan untuk IELTS nilai tertingginya adalah 9 dengan rentang nilai dari 0-9. Hasil yang akan kamu dapatkan ini merupakan penjumlahan dari semua skor ujian yang telah kamu lakukan per sesi.

5. Biaya Yang Dikeluarkan Untuk Tes

TOEFL VS IELTS: Ini Dia 5 Perbedaannya!
Bahkan biaya pun juga berbeda

Setelah melihat semua perbedaan tersebut, perbedaan lain yang signifikan adalah biaya dari tes sertifikasi tersebut. Mengapa berbeda? Tentu saja karena fasilitas ujian dan kegunaannya juga berbeda. Umumnya biaya untuk tes IELTS lebih mahal daripada dengan TOEFL. Namun semua itu akan worth it apabila kita sesuaikan dengan kebutuhan kita bukan? Jadi perbedaan biaya tersebut tidaklah menyulitkan.

Itulah beberapa perbedaan antara IELTS dengan TOEFL. Dengan adanya penjelasan tersebut kamu pasti sudah bisa membedakan kedua sertifikasi ini. Bisa aja kamu mulai menyusun rencana ke depan bukan untuk mengambil sertifikasi yang mana, karena semua tergantung kebutuhan masing-masing. Jangan ragu dan cobalah! Tetaplah semangat para sobat MySkill.id!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.