6 Cara Interview Kerja yang Baik Supaya Kamu Bisa Diterima

Kebanyakan kandidat interview belum mengetahui cara interview kerja yang baik dan sudah overthinking dari jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan interview. Memang benar momen tersebut mampu membuat kita merasa gelisah. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu, nih sahabat MySkill. Kira-kira bagaimanakah cara interview kerja yang baik? Berikut kami sajikan beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya wawancara kerjamu nanti sukses. Yuk, langsung saja kita simak!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Cara Interview Kerja yang Baik: Kenali Potensi Diri

6 Cara Interview Kerja yang Baik Supaya Kamu Bisa Diterima
Temukan motivasi untuk mengenal diri

Cara interview kerja yang baik adalah dengan mengenali potensi diri. Banyak orang yang belum bisa mengenal dirinya sendiri, entah itu dari segi karakter dan sikap. Mungkin masalah ini juga terjadi pada sahabat MySkill. Akibat yang timbul karena hal itu ialah kamu belum bisa memilah dan menganalisis kelebihan dan kekurangan yang ada. Padahal kalau dalam konteks wawancara kerja sangatlah penting mengetahui poin-poin tersebut.

Ketika interviewer mulai bertanya kepada kamu mengenai poin kelebihan dan kekurangan, harapannya kamu dapat menjawab apa adanya dan perihal kekurangan juga usahakan sertakan cara untuk menanganinya.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Pahami Deskripsi Pekerjaan yang Kamu Lamar

6 Cara Interview Kerja yang Baik Supaya Kamu Bisa Diterima
Pelajari terlebih dahulu job descriptionnya

Umumnya, setelah interviewer memberimu pertanyaan terkait alasan melamar pada posisi tertentu, bagi kamu yang memang sebelumnya pernah bekerja di posisi yang sama mungkin tidaklah terlalu sulit untuk menjawabnya. 

Misalkan kamu dulunya seorang Chief Marketing Officer (CMO) yang kemudian menjelaskan kepada interviewer bagaimana tugasmu dulu, yakni seperti meningkatkan prospek pelanggan atau pengguna perusahaan untuk meningkatkan keuntungan dan pendapatan perusahaan. Selain itu CMO mempunyai peran dalam meningkatkan brand awareness dan retensi target market, serta peran lainnya. 

Lebih lanjut, jelaskan juga project yang apa saja yang berhasil kamu tangani. Kalau kamu belum mempunyai pengalaman kerja apapun, cobalah kaitkan dengan pengalamanmu dulu waktu masih berkegiatan pada masa kuliah.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Lakukan Riset pada Perusahaan Incaranmu

6 Cara Interview Kerja yang Baik Supaya Kamu Bisa Diterima
Kamu dapat menyelaraskan diri dengan nilai-nilai perusahaan

Melakukan riset sebelum interview kerja merupakan tindakan yang tepat, ya, sahabat MySkill. Mengapa demikian? Sebab supaya kamu bisa tahu nilai-nilai dari perusahaan tersebut dan fokusnya pada bidang apa. 

Kemudian, hal ini juga membantumu ketika interviewer menanyai kamu soal perusahaan, sehingga dapat memberikan kesan baik dan dianggap memiliki pengetahuan yang luas tentang perusahaan. Gali lebih dalam informasi melalui website resmi atau media sosialnya. 

4. Cara Interview Kerja yang Baik: Siapkan Dokumen yang Diperlukan

6 Cara Interview Kerja yang Baik Supaya Kamu Bisa Diterima
Perhatikan betul apa saja rincian persyaratannya

Salah satu hal yang tidak kalah penting untuk kamu persiapkan adalah dokumen yang dibutuhkan sebelum proses interview kerja, yaitu CV (Curriculum Vitae), portofolio, kartu identitas, fotokopi ijazah, transkrip nilai, dan lain sebagainya. Semua itu bisa berbeda antar perusahaan, jadi kamu harus teliti memeriksanya. Lalu, jangan lupa bawa alat tulis dan catatan kecil, baik itu untuk interview kerja secara online maupun offline.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

5. Cara Interview Kerja yang Baik: Perhatikan Etika dan Tata Krama

6 Cara Interview Kerja yang Baik Supaya Kamu Bisa Diterima
Jagalah sikapmu selama proses wawancara sedang berlangsung

Ketika mulai berbicara perhatikan dengan betul-betul cara kamu merangkai kalimat dan juga mengungkapkannya karena skill komunikasi juga menjadi fokus seleksi. Selain itu, perhatikan pula tutur kata serta gerak-gerik tubuh. Jangan sampai pihak pewawancara menjadi kurang respect padamu karena gerak tubuhmu yang terlalu banyak atau pilihan kata-kata yang kurang sopan dan cenderung informal, sehingga kesannya tidak sopan.

6. Banyak Latihan Interview Kerja

6 Cara Interview Kerja yang Baik Supaya Kamu Bisa Diterima
Tetap semangat, ya!

Agar lebih siap, sebaiknya kamu rutin melakukan latihan untuk interview kerja dengan meminta tolong teman atau orang terdekat. Pertama, kamu bisa membuat daftar pertanyaan dan jawaban kemungkinan pertanyaan yang nanti akan perekrut lontarkan. Lalu, ajak keluarga atau temanmu untuk menciptakan suasana seperti saat sedang melakukan wawancara sungguhan.

Selain itu, cari tahu kelemahan diri kamu, misalkan saja kamu tipe orang yang mudah grogi saat bertemu orang baru, maka cobalah untuk lebih sering berkomunikasi dan bersikap terbuka pada lingkungan sekitar. Hal tersebut akan sangat membantu guna melatih kepercayaan diri. Dan juga tidak lupa agar melatih bahasa tubuh, gerak bibir, dan tahap wawancara.

Itu dia 6 cara interview kerja yang baik yang bisa kamu latih saat sebelum melakukan wawancara kerja yang sesungguhnya. Tetap semangat dan selalu optimis, ya, dalam menyambut kesempatan interview kerja. 

Buat kamu yang ingin mengikuti kelas onlinenya MySkill.id yang membahas mengenai cara sukses menghadapi wawancara kerja, langsung saja daftar, ya. Kamu akan mendapatkan wawasan baru tentang seluk-beluk wawancara kerja, cara menjawab pertanyaan menggunakan STAR Framework, dan tips setelah wawancara kerja. 

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill