Mengenal 4 Perusahaan Start Up Asal Indonesia

Di abad ke 21 ini perusahaan-perusahaan start up semakin menjadi incaran pekerjaan di kalangan karyawan, fresh graduate ataupun mahasiswa. Sebenarnya apa sih perusahaan start up? Start up adalah perusahaan baru atau muda yang didirikan untuk mengembangkan produk atau layanan yang unik, dengan tujuan mengenalkannya kepada masyarakat dan menjadikan layanan atau produk yang diberikan tersebut tak tergantikan bagi pelanggan. Teman-teman mungkin sudah mengenal berbagai perusahaan start up dari luar negeri seperti Shopee, Airbnb, Instagram dan sebagainya. Tahukah kamu terdapat banyak juga lho perusahaan-perusahaan start up yang tidak kalah sukses dan berasal dari Indonesia. Tidak hanya itu, perusahaan-perusahaan ini juga berhasil menyediakan berbagai layanan yang beragam mulai dari transportasi sampai bimbingan belajar online. Penasaran kan apa saja?  Kalau begitu simak dulu ya ulasan berikut! Aku akan mengenalkan perusahaan-perusahaan start up yang berasal dari Indonesia. 

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Tokopedia sebagai Start Up di Bidang E-Commerce

Mengenal 4 Perusahaan Start Up Asal Indonesia
Tokopedia, perusahaan start up di bidang e-commerce

Kamu pasti sudah familiar dengan logo hijau di atas kan? Ya, gambar di atas adalah logo dari perusahaan start up asal Indonesia yaitu Tokopedia. Bergerak di bidang e-commerce, Tokopedia menyediakan segala macam produk dari berbagai toko hanya dalam satu aplikasi. Untuk promosi, Tokopedia bahkan berhasil berkolaborasi dengan artis-artis papan atas seperti boyband dan girlband ternama asal Korea yaitu, BTS dan Blackpink. Tokopedia yang didirikan oleh William tanuwijaya kini menjadi salah satu marketplace pilihan rakyat Indonesia. Kesuksesan Tokopedia tentu saja tidak lepas dari perjuangan keras sang CEO Tokopedia, William Tanuwijaya. Ketika mencari investor untuk membangun Tokopedia tidak jarang terdapat pihak yang menolak dirinya dan bahkan meragukan kemampuannya untuk membangun bisnis. Meskipun demikian, William tetap berjuang dan pada akhirnya Tokopedia berhasil resmi berdiri pada 17 Agustus 2009. Wah inspiratif banget ya teman-teman. 

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Ada Ruangguru untuk pelajar Indonesia

Mengenal 4 Perusahaan Start Up Asal Indonesia
Cocok untuk tutor online!

Jika perusahaan start up tadi bergerak di bidang e-commerce, start up yang satu ini bergerak di bidang pendidikan. Ruangguru adalah startup yang menyediakan bimbingan belajar online. Platform ini menyediakan mata pelajaran yang sangat beragam mulai dari mata pelajaran sekolah, persiapan SBMPTN, dan try-out sampai bahasa asing, musik, olah raga, dan lainnya. Didirikan pada April 2014 oleh Adamas Belva Syah Devara dan Muhammad Iman Usman, Ruangguru berhasil menarik seribu guru untuk mendaftar sebagai tutor pada tahun yang sama di bulan Agustus. Kalau kamu pernah tidak menggunakan jasa tutor di Ruangguru?

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Tak lupa dengan Gojek, Start Up dengan Kearifan Lokal

Mengenal 4 Perusahaan Start Up Asal Indonesia
Menyediakan transportasi online dengan kearifan lokal.

Gojek adalah salah satu start up asal Indonesia yang bergerak di bidang transportasi. Hal yang membuat Gojek sangat berbeda dan unik dari perusahaan start up transportasi lainnya seperti Grab dan Uber adalah Gojek menyertakan kearifan lokal pada jasanya. Apa itu? Gojek merupakan satu-satunya penyedia jasa transportasi ojol alias ojek online. Hal ini muncul sebab Nadiem Makariem sebagai founder dari Gojek merupakan pengguna ojek yang setia. Ia menemukan bahwa para pengemudi ojek lebih banyak menghabiskan waktunya menunggu pelanggan, sementara pelanggan membuang waktu untuk berkeliling mencari ojek. Gojek kemudian muncul untuk memecahkan masalah ini. Banyaknya masyarakat Indonesia selain Nadiem yang juga terbiasa menggunakan ojek, membuat Gojek menjadi aplikasi pilihan untuk transportasi online. Ide yang sangat menarik ini membuat perusahaan start up yang bergerak di bidang transportasi lainnya pada akhirnya juga menyediakan jasa ojek. 

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

4. Alodokter, Start Up di Bidang Kesehatan

Mengenal 4 Perusahaan Start Up Asal Indonesia
Layanan kesehatan untuk masyarakat Indonesia.

Berbeda dengan yang lainnya, perusahaan start up Alodokter bergerak di bidang kesehatan. Alodokter menyediakan beragam fitur layanan seputar kesehatan, mulai dari chat dengan dokter untuk memperoleh jawaban akurat terkait masalah kesehatan yang dialami, booking dokter serta rumah sakit apabila dibutuhkan penangan atas masalah kesehatannya dan bahkan menyediakan fitur untuk membeli obat. Suci Arumsari selaku founder dari Alodokter menyatakan bahwa dirinya sempat mengalami penyakit langka dan kesulitan untuk mencari informasi terkait penyakit yang dideritanya. Hal ini memicu dirinya serta Nathanael Faibis untuk mendiri Alodokter agar bisa membantu masyarakat Indonesia lainnya yang membutuhkan layanan Kesehatan. 

Itu dia beberapa perusahaan dari sekian banyak start up asal Indonesia. Kamu semakin tertarik tidak untuk bergabung menjadi karyawan di salah satu perusahaan start up ini? Komen di bawah ya!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan. Semangat!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill