5 Prediksi Pekerjaan Baru yang Menjanjikan di Masa Depan

Perkembangan zaman yang sangat cepat mengharuskan manusia untuk bergerak cepat juga. Mudahnya akses teknologi membuat beberapa pekerjaan manusia harus tergantikan oleh mesin. Lalu, bagaimana dengan prediksi pekerjaan baru di masa depan yang memiliki prospek menjanjikan?

Saat ini, revolusi industri 5.0 adalah konsep revolusi yang lebih mendorong terhadap peranan manusia dalam mengatasi paradigma dari kemajuan revolusi industri 4.0. Artinya, pada masa society 5.0 ini, manusia dituntut untuk memiliki kemampuan memecahkan masalah kompleks, berpikir kritis, dan kreativitas.

Teknologi tinggi tren otomasi dan pertukaran data masa revolusi industri 4.0 seperti sistem siber, internet of things (IoT), komputasi awan, dan komputasi kognitif sekarang juga banyak berkembang.

Maka, kehadiran society 5.0 dapat menjadi solusi akan hal di atas, bukan malah menyaingi apa yang sudah ada sebelumnya di masa revolusi industri 4.0. Hal ini mendorong manusia untuk terus berinovasi dan menghadapi perubahan dunia yang cepat. Begitu pula dengan masalah pekerjaan.

Yuk, langsung simak 5 prediksi pekerjaan baru di masa depan yang menjanjikan!

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

1. Data Analyst dan Data Scientist

Prediksi Pekerjaan Menjanjikan https://www.pexels.com/photo/3825540/
Bidang pemrosesan data memiliki peran penting

Secara garis besar, seorang data analyst dalam kesehariannya bertugas untuk mengambil atau mengumpulkan, mengatur, dan menggunakan data. Hal ini tidak lain guna mendapatkan suatu kesimpulan sesuai dengan proyek yang sedang berjalan, seperti penjualan, inventaris, atau media sosial.

Sesuai dengan namanya, data analyst juga bertanggung jawab atas analisis statistik dan interpretasi data. Untuk dapat memenuhi kriteria sebagai data analyst yang berkompeten, kamu perlu menguasai beberapa hal seperti matematika dan statistik, SQL, dan visualisasi data.

Seorang data scientist berkewajiban untuk mengolah data-data tersebut serta menggali sebuah insight baru yang akan berguna di masa mendatang. Salah satunya dalam membantu perusahaan untuk pengambilan keputusan.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning Specialist

Prediksi Pekerjaan Menjanjikan https://www.pexels.com/photo/2599244/
Kecerdasan buatan akan mendominasi di masa depan

AI dan machine learning specialist adalah orang yang ahli dalam pemrograman komputer dengan tugas utama melakukan pengecekan hipotesis. Pengecekan hipotesis ini menggunakan simulasi kognitif yang berfungsi menguji cara kerja pikiran manusia. 

Dalam pekerjaan ini, teknologi berperan untuk membuat dan mengembangkan suatu program yang dapat berjalan layaknya pikiran manusia.

Di masa yang akan datang akan banyak penggunaan teknologi jenis ini. Oleh karena itu, pekerjaan seperti specialist AI dan machine learning ini akan sangat menjanjikan di masa depan.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

3. Big Data Specialist

Prediksi Pekerjaan Menjanjikan  https://www.pexels.com/photo/177598/
Profesi big data analyst sangat penting

Pentingnya penggunaan big data bagi perusahaan-perusahaan besar di era teknologi yang semakin canggih membuat pekerjaan ini menjadi sangat penting. Hal ini karena data adalah bagian penting yang bisa membantu perusahaan dalam mengambil suatu keputusan.

Perusahaan harus melakukan proses big data analytics dengan mengumpulkan data, merapikan, hingga menganalisisnya. Proses tersebut bukanlah perkara yang mudah karena dari analisis data yang terkumpul sangatlah banyak dan terus berkembang.

Itulah mengapa kini ada banyak jenis pekerjaan di bidang big data yang sangat penting bagi perusahaan.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

4. Digital Marketing dan Strategy Specialist

Prediksi Pekerjaan Menjanjikan https://www.pexels.com/photo/6483582/
Pekerjaan ini perlu kreativitas yang tinggi

Perusahaan atau bisnis pasti membutuhkan pekerja yang paham pemasaran dan strategi untuk keberlangsungan bisnis perusahaan tersebut. Terlebih lagi jika perusahaan tersebut bergerak di bidang penjualan produk maupun jasa yang memerlukan strategi pemasaran.

Profesi digital marketing specialist adalah pekerjaan yang telah menguasai atau ahli dalam dunia digital marketing serta mampu mengerjakan lingkup kerja di dalamnya.

Pekerjaan seperti ini banyak dibutuhkan perusahaan demi memenuhi ekspektasi pasar di zaman yang terus berubah dengan cepat seperti sekarang.

5. Information Security Analyst

Prediksi Pekerjaan Menjanjikan https://www.pexels.com/photo/60504/
Menjaga keamanan data perusahaan dan pelanggan itu wajib!

Tujuan utama dari pekerjaan seorang security analyst adalah untuk mencegah adanya peretasan dari pihak tak bertanggung jawab yang dapat mengancam keamanan informasi perusahaan maupun pelanggan.

Seorang security analyst bertanggung jawab untuk mengamankan data dan keamanan informasi sensitif milik perusahaan. Bukan hanya itu, profesi ini juga merencanakan dan menerapkan sistem keamanan terhadap perusahaan mereka.

Seperti namanya, security analyst bertugas untuk menganalisis keamanan serta potensi ancaman terhadap perusahaan. Selain itu, pekerjaan ini juga merekomendasikan solusi tindakan pengamanan untuk data dan informasi sensitif perusahaan, khususnya dalam hal teknologi.

Itulah tadi beberapa prediksi pekerjaan yang akan menjadi incaran banyak perusahaan. Kebanyakan pekerjaan di atas tadi lebih fokus pada perubahan revolusi industri 5.0. Jadi, bersiaplah kalian untuk menghadapi perubahan akan terjadi di masa yang akan datang, ya!

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan karier demi mendapatkan pekerjaan impian di masa depan, MySkill.id punya solusinya! Di kelas persiapan karier profesional ini kamu akan mendapat pengetahuan sekaligus pelatihan mengenai bagaimana cara mempersiapkan karir profesional untuk prospek pekerjaanmu di masa depan. Yuk, segera cek!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill