Tak Melulu Guru, Lulusan Sarjana Pendidikan Bisa Coba Ini!

Memperoleh gelar S.Pd. yang tersemat di belakang nama, memang memberikan kebahagiaan dan kebanggan tersendiri bagi mahasiswa jurusan pendidikan. Setelah lulus dan memperoleh gelar sarjana pendidikan, mendapatkan pekerjaan impian juga menjadi hal yang dinantikan. Pekerjaan yang relevan dengan jurusan pendidikan salah satunya adalah menjadi guru. Apakah lulusan S.Pd. harus selalu jadi guru? Jawabannya tidak. Karena beberapa profesi berikut ini, bisa kalian apply sebagai penyandang gelar sarjana pendidikan. Sssttt ada profesi yang bisa kamu coba sebelum lulus kuliah juga lho. Yuk, kita bahas!

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Bekerja di Instansi Pemerintah

Ada peluang bagi sarjana bidang apapun di Instansi Pemerintah
Ada peluang bagi sarjana bidang apapun di Instansi Pemerintah

Instansi Pemerintah seringkali membuka peluang kerja bagi lulusan sarjana pendidikan. Salah satunya sebagai divisi pengembangan kurikulum di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Selain itu, BUMN juga membuka lowongan pekerjaan untuk S1 semua jurusan, sehingga lulusan sarjana pendidikan juga berkesempatan untuk bisa bekerja di Badan Usaha Milik Negara tersebut.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

2. Koordinator Online Learning

Pembelajaran Online
Pembelajaran Online

Seiring berkembangnya teknologi, kegiatan belajar tidak lagi terbatas di ruang kelas. Belajar bisa terjadi di ruang digital berbasis online.  Tugas seorang koordinator online learning yaitu merancang dan mengembangkan kurikulum dalam bentuk digital. Biasanya koordinator online learning dibutuhkan dan direkrut oleh suatu startup yang bergerak dalam bidang pendidikan atau karir. Bagi lulusan sarjana pendidikan dan memiliki skill bidang IT yang cukup baik bisa apply profesi ini.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Penulis

Tak Melulu Guru, Lulusan Sarjana Pendidikan Bisa Coba Ini!
Pena dan buku adalah dua benda yang dekat dengan penulis

Tidak dipungkiri bahwa profesi sebagai penulis cukup banyak digandrungi oleh anak-anak muda karena tidak terpaku dengan kualifikasi khusus dan syarat administrasi yang terlalu rumit. Entah menjadi penulis buku, penulis artikel, penulis berita, atau copywriter, asalkan kamu punya skill menulis yang baik, kamu bisa menjadi seorang penulis. 

Bagi lulusan sarjana pendidikan atau bahkan yang masih berstatus mahasiswa serta memiliki keahlian dan ketertarikan dengan dunia literasi, tentu profesi ini sangat boleh untuk dicoba dan ditekuni. 

4. Wartawan

Wartawan sang pencari informasi
Wartawan sang pencari informasi

Secara umum, perusahaan media mencari seorang wartawan yang berasal dari lulusan jurnalistik. Tetapi ada juga perusahaan media yang merekrut pegawai dari lulusan sarjana bidang apapun. Karena cara komunikasi yang baik merupakan kemampuan utama seorang wartawan. Kemampuan komunikasi para lulusan sarjana pendidikan juga tidak diragukan. Sebab sudah terbiasa menyampaikan materi pembelajaran saat praktik mengajar dan magang di suatu instansi pendidikan. Jadi, berprofesi sebagai wartawan cukup relevan dan menjanjikan bagi sarjana pendidikan.  

Dari 4 profesi yang disajikan, profesi manakah yang kalian minati? Atau kalian punya opsi pekerjaan yang lain? Yuk, boleh tulis di kolom komentar. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu ya, semoga bermanfaat.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Hai, teruntuk kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill untuk menunjang karir, yuk join MySkill.id! Karena kami menyediakan berbagai program pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu pilih dan ikuti secara menyenangkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill